Paralayang di Gunung Ungaran, Mantap!

Paralayang di Gunung Ungaran, Mantap! Ketika berlibur ke Semarang, jangan lupa untuk mampir di kaki Gunung Ungaran atau lebih tepatnya di Kluwihan, Desa Sidomukti, Kec. Bandungan, Semarang, Jawa Tengah. Lokasi ini sangat dekat dengan Umbul Sidomukti. Bagi kalian yang hobi memacu adrenalin, kalian di sana dapat merasakan serunya sensasi terbang dari kaki Gunung Ungaran menggunakan paralayang.

Menikmati pemandangan Gunung Ungaran dari atas ketinggian tentu dapat menjadi pengalaman yang mengesankan. Dalam kegiatan tersebut, kalian bisa terbang menggunakan paralayang antara 8 menit sampai 15 menit. Saat terbang menggunakan paralayang, kalian tidak akan langsung dilepas sendiri kok Bro tetapi akan ditemani dengan seorang instruktur paralayang yang sudah profesional dan berpengalaman sehingga memastikan kalian tetap terbang dengan aman.

Ketika terbang, kalian bisa melihat panorama Kota Ungaran, Ambarawa, Salatiga, dan Rawa Pening. Selain itu kalian juga bisa melihat sawah dan perumahan. Sayangnya kegiatan terbang dengan paralayang ini tidak dapat dinikmati setiap hari. Kegiatan tersebut hanya dapat dilakukan saat hari Sabtu dan Minggu. Untuk penyedia jasa terbang paralayang, kalian dapat menemukannya di pelataran warung yang berada tepat di kawasan bumi perkemahan kaki Gunung Ungaran.

Gunung Ungaran sendiri destinasi wisatanya sudah cukup dikenal luas oleh masyarakat karena keberadaan Umbul Sidomukti. Karena cuaca, tempat dan view yang bagus, maka pihak pengelola pun akhirnya mengembangkan wisata paralayang. Dengan kehadiran paralayang, Umbul Sidomukti atraksi wisatanya akan semakin bertambah.

Kalau kalian mau mencoba wisata paralayang di sana, kalian wajib membayar biaya sebesar Rp 350 ribu. Kalian bisa langsung datang ke Resto Pondok Kopi atau Gedung Pertemuan Umbul Sidomukti untuk mendaftarkan diri ikut wisata paralayang.

Jika masih merasa bingung, kalian bisa bertanya di pos registrasi saat masuk ke Umbul Sidomukti. Petugas di sana nanti akan memberikan arahan untuk kalian. Titik take off paralayang di Gunung Sidomukti dimulai dari sebuah bukit. Kalian harus menyusuri jalur pendakian Gunung Ungaran lebih dulu sebelum sampai di titik take off sejauh 1 km.

Gunung Ungaran itu sendiri merupakan salah satu gunung yang dapat didaki di Jawa Tengah. Kalian dapat melewati pos pendakian yakni Pos Pronojiwo, Pos Bedengan, dan Pos Bukaan serta kebun kopi dan kebun teh sebelum sampai di Puncak Gunung Ungaran. Gunung tersebut memiliki ketinggian sekitar 2050 mdpl. Selain melakukan pendakian, para wisatawan juga bisa kemping di kaki Gunung Ungaran. Gimana Bro, tertarik mencobanya?

Wilderness

1 COMMENTS

SHARE
Amir Mahfudzi
Boleh dicoba nih