JUN 27, 2018

Danau Kaco, Destinasi Petualangan Yang Misterius Yang Berasal Dari Jambi

Penasaran bagaimana misteriusnya Danau Kaco dari Jambi? Simak ulasan kali ini, ya!


Kabupaten Kerinci yang masih dalam wilayah Jambi dan mempunyai kawasan bernama Taman Nasional Kerinci Seblat ini terdapat destinasi mulai dari danau hingga pegunungan.

Salah satunya yang sangat menarik untuk dikunjungi adalah Danau Kaco yang menjadi harta karun tersembunyi di Jambi. Tentunya tempat ini cocok banget buat Lo semua yang suka keindahan alam yang masih tersembunyi Bro.

Fakta Menarik Danau Kaco

Danau Kaco Yang Masih Menyimpan Misteri. credit photo: anakkos.net

Bro, perlu lo ketahui nih bahwa Danau Kaco sempat ditutup dari statusnya sebagai tempat wisata dan destinasi petualangan. Alasan ditutupnya Danau Kaco adalah reboisasi, dan pemulihan ekosistem. Penutupan tersebut terjadi selama satu bulan. Penutupan tersebut juga disetujui oleh berbagai dewan adat di sana.

Fakta menarik selanjutnya tentang Danau Kaco adalah keberadaannya yang sudah terkenal dan populer. Hal ini terbukti dengan kedatangan para petualang dari mancanegara, baik dari negara Eropa dan Jepang juga.

Selain keberadaanya sudah populer, Danau Kaco juga mengalami pembabatan hutan yang tidak baik, lho. Banyak pemotongan pohon secara illegal di sekitar danau, dan berdampak buruk dengan ekosistem yang ada di sana.

Kemudian, fakta menarik terakhir yang bisa lo ketahui adalah Danau Kaco masih menyimpan berbagai misteri. Hal ini terkait dengan hilangnya dua pengunjung di danau tersebut. Masih tidak jelas alasan dan ke mana hilangnya pengunjung tersebut. Jelas, Danau Kaco masih menyimpan berbagai misteri.

Lokasi Danau Kaco

Danau Kaco Yang Masih Menyimpan Misteri. credit photo: celebritypix.us

Kalo kalian ingin menuju harta karun tersembunyi di Jambi ini kalian dapat menuju Desa Lempur, Kecamatan Gunung Raya. Jika kalian berada di kota Sungai Penuh maka waktu perjalanan yang dibutuhkan sekitar 2 jam.

Akses ke Danau Kaco

Danau Kaco Yang Masih Menyimpan Misteri. credit photo: gosumatera.com

Jika dari Darat Lo bisa memulainya dari Kota Jambi menuju sungai Penuh dengan jarak kira-kira 500 km dan perjalanan membutuhkan waktu kira-kira 10 jam perjalanan.

Lalu menuju desa terdekat yaitu Desa Lempur, Kecamatan Gunung Raya dengan waktu perjalanan sekitar 45 menit menggunakan sepeda motor atau mobil. Lalu Lo harus menyusuri hutan dulu kurang lebih 4 jam untuk bisa menemukan Danau Kaco ini.

Keindahan Danau Kaco

Danau Kaco Yang Masih Menyimpan Misteri. credit photo: blog.reservasi.com

Danau Kaco mempunyai arti Danau Kaca karena mempunyai air yang sangat jernih berwarna biru. Danau yang merupakan harta karun tersembunyi di Jambi ini terletak pada ketinggian 1289 di atas permukaan laut dan merupakan danau yang kecil dibandingkan danau yang biasanya.

Danau Kaco hanya berukuran kira-kira 30x30 meter. Selain itu tidak ada yang mengetahui berapa kedalaman dari danau ini meskipun Lo semua masih bisa lihat ikan semah yang berenang mencari makan.

Keindahan lainnya adalah Danau Kaco ini akan memancarkan cahaya yang sangat terang ketika sedang gelap terlebih lagi ketika bulan purnama.

Lo semua bisa datang ketika sedang terjadi bulan purnama untuk ngebuktiinnya karena emang udah banyak pengunjung yang rela bermalam di danau ini cuma buat melihat keindahannya. Bermalam di sini juga ga perlu menggunakan lampu Bro, karena danaunya emang udah terang.

Selain terdapat sisi keindahan, terdapat juga sebuah sisi misterius yaitu ketika para peneliti ingin mencari jawaban dari fenomena ini oksigen yang digunakan oleh para penyelam selalu habis sebelum sampai ke dasar danau.

Danau ini juga mempunyai sebuah cerita mitos dan dipercaya oleh warga setempat. Pada zaman dahulu ada seorang putri cantik dan banyak pemuda yang ingin menikahinya. Para pemuda tersebut menitipkan bebatuan mulia pada ayah sang putri yaitu Raja Gagak.

Tetapi Raja Gagak tega menodai putrinya sendiri akibat keserakahan yang terdapat pada dirinya. Kemudian sang putri dibenamkan pada danau tersebut yang disertai dengan harta pinangannya.

Akomodasi dan Fasilitas di Danau Kaco

Danau Kaco Yang Masih Menyimpan Misteri. credit photo: bumimerangin.blogspot.com

Menuju harta karun tersembunyi di Jambi ini memang tidaklah mudah. Lo semua harus melewati pepohonan besar yang rimbun serta pohon bambu. Kalian juga harus melewati sungai yang jernih. Fasilitas juga harus disediakan diri sendiri karena disana tidak terdapat fasilitas apapun.

Jika ingin menginap maka harus dipersiapkan secara matang dan membawa bekal yang sangat cukup selama diperjalanan. Kalau bisa pakai guide ya Bro biar engga nyasar dan tahu arah jalan ke Danau Kaco.

 


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!