MAR 22, 2016

Gimana Cara Baca Koordinat Peta?

Buat lo yang suka dengan travelling atau mendaki gunung, peta merupakan sesuatu yang haru selalu lo bawa bro. Namun peta tersebut bukan hanya untuk dilihat saja loh bro. Lo harus memilki kemampuan tertentu untuk bisa memaksimalkan kegunaan dari peta itu sendiri. Untuk lebih tahu kemampuan apa saja yang perlu lo kuasain, lihat saja informasi di bawah ini bro!


Peta adalah petunjuk arah dan berfungsi membantu lo agar tidak tersesat ketika berada di suatu tempat. Peta berkaitan dengan ilmu geografi. Namun, bukan berarti hanya ahli geografi yang pintar membaca koordinat pada peta.

Lo sendiri juga bisa kok untuk membaca peta itu secara maksimal. Apalagi buat lo yang memilki  hobi travelling atau mendaki gunung pasti akan selalu mengandalkan peta sebagai senjata utama. Selain itu peta juga bisa menjadi penyelemat nyawa lo pada saat waktu yang mepet loh. Oleh sebab itu pemahaman dalam membaca peta itu sendiri merupakan hal yang vital.

Bagi lo yang masih bingung untuk membaca bagian koordinat, maka sangat perlu untuk mengetahui caranya. Memang  perlu disadari bahwa memahami koordinat dan teman-temannya itu tidaklah mudah bro. Oleh sebab itu diperlukan juga kemauan beserta niat untuk menguasai kemampuan ini bro.

 Koordinat peta sendiri adalah bagian yang dipergunakan sebagai penentu suatu posisi tempat.  Dari koordinat peta itu sendiri, lo bisa mengetahui posisi pasti tujuan yang akan lo datangi bro. Selain itu dengan koordinat peta juga dapat memudahkan lo dalam segala hal pada saat lo melakukan travelling atau pendakian gunung. Berikut cara membaca koordinat peta yang dapat lo pelajari bro.

 

Pahami Koordinat Geografis

Ilustrasi Peta. Credit: genericsildenafil.us/

Bro, untuk bisa membaca koordinat peta, pahami dulu koordinat geografis. Koordinat geografis ini umum untuk membaca koordinat peta yang sering dipakai di Indonesia. Untuk itu pemahaman akan hal ini benar-benar harus lo perhatikan yaa bro. Selain dapat membantu lo dalam mencapai tujuan lo dengan mudah, lo juga bisa secara tidak langsung dapat membantu orang lain.

Dengan koordinat geografis inilah lo dapat menentukan suatu titik dengan mengandalkan dua buah garis, yaitu garis bujur dan garis lintang. Dan ini merupakan langkah pertama yang penting untuk lo kuasai terlebih dahulu. Karena merupakan sebuah pondasi lo untuk dapat menguasai pembacaan peta secara maksimal.

 

Pahami Garis Bujur dan Garis Lintang

Ilustrasi Peta. Credit: edukasicenter.blogspot.co.id/

Bro harus bisa membedakan garis bujur dan garis lintang. Caranya dengan memahami pengertian kedua garis tersebut. Garis bujur adalah garis yang terbentang mulai arah utara hingga selatan bumi. Garis bujur ini sendiri pedoman pada garis Greenwich.

Garis bujur terdiri dari dua bagian, yaitu bujur timur dan bujur barat. Sedangkan garis lintang adalah garis yang terbentang mulai arah barat menuju timur bumi. Seperti garis bujur, garis lintang terdiri dari dua bagian, yaitu lintang utara dan lintang selatan.

Garis lintang ini berada pada bagian tengah sisi bumi dan dikenal dengan garis khatulistiwa atau equator. Ketika lo sudah memahami garis bujur dan garis lintang, maka lo akan sedikit demi sedikit dipermudah dalam membaca koordinat peta.

Dengan sudah menguasai langkah kedua ini, pasti secara tidak langsung akan mempermudah lo dalam memahami langkah-langkah berikutnya untuk lo dapat memahami cara mengguankan peta secara maksimal bro.

 

 

Ingat, Satuan Koordinat Geografis dalam Membaca Koordinat Peta

Ilustrasi Navigasi Peta Menggunakan Koordinator. Credit: jasasurveypemetaan.com

Pembacaan koordinat peta dengan standar koordinat geografis adalah derajat menit detik. Sebagai contoh ketika bro membaca bagian koordinat di garis bujur 110°10'10,5"BT. Dari pembacaan tersebut berarti bro memahaminya sebagai 110 Derajat 10 Menit 10,5 Detik Bujur Timur.

Sedangkan ketika bro membaca bagian koordinat di garis lintang 8°30'20,5"LS. Dari pembacaan tersebut berarti bro memahaminya sebagai 8 Derajat 30 Menit 20,5 Detik Lintang Selatan.

Dengan pemahaman hal ini, tentunya akan mempermudah diri lo sendiri agar mendapatkan tempat tujuan lo. Dan bisa juga menjadi bantuan lo pada saat lo sedang dalam musibah bro. Maksudnya ialah kemampuan ini dapat digunakan untuk lo bisa mengirimkan posisi lo secara koordinat ke tim SAR pada saat lo sedang tersesat di alam bebas.

Karena perlu di ketahui kalau misalkan melakukan aktifitas travelling atau pendakian gunung sendiri, lo sendiri lah yang menjadi orang yang harus menjaga diri lo serta bertanggung jawab atas semuanya. Untuk itu kemampuan ini sangatlah penting untuk dikuasain yaa bro.

 

Jangan Lupa dengan Skala Peta

Ilustrasi Skala Pada Peta. Credit: ordercitrasatelit.wordpress.com/

Membaca koordinat peta juga tidak sekadar dari paham dengan koordinat garis bujur dan garis lintang. Bro juga harus paham dengan pembacaan skala peta. Satu banding berapakah peta yang bro hendak baca.

Untuk bagian skala peta pada peta RBI adalah 1:10.000. Kemudian bentangkan peta yang ada di hadapan bro. Ingatlah, nilai pada kotak garis warna merah dan hitam menunjukkan nilai dari koordinat geografis. Nilai pada kotak garis warna kuning menunjukkan nilai dari koordinat UTM. Dengan memahami skala peta dan setiap bagian yang tertuang dalam peta, maka bro tidak akan kesulitan dalam membaca koordinat peta.

Nah, dari informasi yang terdapat di atas tentunya lo akan mendapatkan sesuatu yang dapat berguna di dalam setiap aktifitas travelling atau pendakian gunung lo nantinya. Oleh sebab itu perlu diingatkan lagi kalau sebuah keharusan untuk lo penuhi kemampuan-kemampuan ini. Selain dapat membantu diri lo sendiri, kemampuan ini juga dapat membantu orang-orang yang sedang membutuhkan.

Maksudnya ialah pada saat lo tidak sedang melakukan aktifitas traveling atau pendakian gunung, tiba-tiba adaa sanak saudara yang tersesat di alam bebas tentunya ilmu ini akan berguna. Jadi teruslah untuk mengisi otak lo dengan pengetahuan-pengetahuan yang penting dan berguna. Karena seorang petualang sejati tidaklah memikirkan soal ototnya saja bro.

Lebih baik memilki otak yang berisi dan berguna ketimbang hanya otot lo saja yang diandalkan bro. Jadi teruslah untuk mengobarkan sisi petualang lo serta janganlah berhenti bereksplorasi bro. 


Please login to comment
14 COMMENTS
Dimas Ombai
January 8, 2018 at 8:26 AM

wow bgt gan !!!


Bakti Satria
January 13, 2018 at 8:39 AM

ajib dah


Agung Kristiono
January 13, 2018 at 2:53 PM

Sip


yogo purwanto
January 13, 2018 at 2:58 PM

Tq


Bambang S
January 13, 2018 at 3:07 PM

Sip


Endang P
January 13, 2018 at 3:13 PM

Br tau


paulus indra
January 13, 2018 at 3:28 PM

Terysta


Endang P
January 14, 2018 at 11:46 AM

Paham


yogo purwanto
January 14, 2018 at 11:51 AM

Nice


Juang Pratama
January 14, 2018 at 11:51 AM

Siap diamalkan


Bambang S
January 20, 2018 at 9:59 PM

Wow


paulus indra
January 21, 2018 at 7:38 AM

Makin tau


Endang P
January 21, 2018 at 7:55 AM

Sip


yogo purwanto
January 21, 2018 at 11:19 AM

Seperti itu