Nih Tips Aman Buat Tunggangi Kuda Besi di Alam Bebas

Nih Tips Aman Buat Tunggangi Kuda Besi di Alam Bebas Lo yang hobi memacu kecepatan dengan sepeda motor pasti bakalan suka dengan video yang ada di atas ini. Berjudul 'Enduro is Awesome 2015 | Derek Hallman EDIT', video yang diunggah oleh Motocross Is Life ke situs YouTube ini berisi kumpulan aksi-aksi keren para rider menunggangi 'kuda besi' melintasi berbagai rintangan di alam bebas.

Sama dengan kegiatan atau olahraga ekstrim lainnya, menunggangi motor di alam bebas juga berisiko tinggi. Supaya kegiatan lo menunggangi motor berjalan tetap aman dan nyaman ada beberapa persiapan yang sebaiknya lo lakukan, seperti:

Persiapan Sepeda Motor

- Cek tekanan angin pada ban depan dan ban belakang. Kalau hujan, kurangi tekanan angin dan sesuaikan juga ukuran tekanan angin dengan ban dan sepeda motor yang mau lo pakai.

- Cek oli mesin sepeda motor. Kalau sudah pada level yang dibawah standar maka lo perlu tambah. Ingat, jangan pakai oli asal murah karena risiko motor lo mogok di tengah perjalanan akan lebih besar.

- Cek air radiator dan pastikan sudah terisi sesuai dengan takaran. Jangan sampai kurang karena mesin motor akan mengalami panas berlebih.

- Cek semua baut, mur dan rantai. Pastikan baut dan mur sudah terpasang dengan baik dan untuk rantai kalau sudah kering lumasi lagi dengan minyak pelumas khusus rantai.

- Kalau lo merasa kurang ahli dalam mesin motor ada baiknya kalau lo langsung ke bengkel dan service dulu.

Pakai Semua Safety Gear!

- Yang pertama dan paling penting adalah helm. Pelindung kepala yang lo pakai juga jangan salah tipe, pilih yang tipe cross. Kenapa? Karena helm yang punya semacam moncong ini bisa melindungi bagian mulut dan gigi. Selain itu, kalau pakai helm ini lo masih bisa bernapas dengan nyaman.

- Google (kacamata) juga wajib lo pakai supaya mata terlindung dari debu, lumpur, kerikil atau batu.

- Supaya tangan lebih terlindung, pakai juga sarung tangan. Pakai yang full atau menutupi sampai ujung jari. Untuk bahan, jangan pakai yang terbuat dari kulit karena bisa membuat pori-pori tangan tidak bisa bernapas dengan leluasa.

- Selain kepala dan tangan, bagian badan juga perlu dilindungi dan karena itul lo perlu pakai body protector.

- Sepatu khusus buat trail juga sangat disarankan tapi kalau budget tidak cukup pakai sepatu biasa juga tidak dilarang. Tapi pastikan sepatu yang lo pakai tidak terlalu pendek dan jangan yang berbahan karet.

Tips
SHARE
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!