MAR 26, 2018

Berkenalan dengan Suku Maori, Suku Asli New Zealand

Bro, belum berkenalan lebih jauh dengan Suku Maori? Simak ulasan kali ini, bro!


New Zealand atau Selandia Baru merupakan pulau yang terisolasi sebelum akhirnya ditemukan bangsa Polenesia pada 800 M. Sejak saat itu bangsa Polenesia pun melakukan migrasi secara berkala.

Namun, migrasi besar-besaran yang dilakukan bangsa Polenesia nyatanya memicu gesekan dengan suku Moriori yang diyakini sebagai suku primitif di Pulau Utara. Akhirnya suku Moriori hancur dan punah.

Bangsa Polenesia yang bermigrasi mulai tinggal menetap mengembangkan kebudayaan di pulau tersebut dan dikenal sebagai suku Maori. Suku Maori menetap di pantai timur New Zealand dan amat dikenal sebagai pelaut ulung.

Asal Nama Suku Maori

Suku Maori. credit photo: dosenpendidikan.com

Bangsa Polenesia yang menetap di New Zealand awalnya tidak bernama. Orang-orang Polenesia yang menetap di New Zealand tersebut hanya menyebut kelompok mereka dengan sebutan Iwi. Iwi memiliki makna harfiah tulang. Maksudnya kelompok Iwi memiliki keterikatan garis keturunan dari nenek moyang yang sama yang tidak lain adalah bangsa Polenesia.

Adapun nama Maori muncul pasca kedatangan orang-orang Eropa ke New Zealand sekitar tahun 1830. Kata Maori digunakan orang-orang Eropa untuk menyebut bangsa Polenesia yang tinggal di New Zealand. Kata Maori itu sendiri berarti orang biasa. Sebenarnya sebutan Maori tersebut awalnya digunakan sebagai pembeda antara pendatang orang Eropa dengan penduduk asli.

Ciri Khas Suku Maori

Ciri Khas Suku Maori. credit photo: bromotravelindo.com

Suku Maori sangat mudah dikenali dari ciri fisiknya. Ciri fisik suku Maori secara umum ketara jelas seperti orang Polenesia kebanyakan. Hanya saja suku Maori yang tinggal di Pulau Utara mempunyai ciri fisik hasil perpaduan antara Polenesia dan Melanesia.

Hal ini cukup wajar mengingat sempat terjadi perkawinan campuran antara suku primitif Moriori yang tidak lain termasuk ras Melanesia. Suku Maori campuran mempunyai rambut hitam bergelombang mirip bangsa Polenesia. Karenanya suku Maori kerap pula didapati mengaplikasikan kapur seperlu memutihkan rambut agar terlihat merona kemerahan.

Tradisi Haka - Ciri Khas Suku Maori. credit photo: duhoceu.edu.vn

Hanya saja bentuk bibir dan hidung lebih mirip suku Melanesia dimana bibirnya terlihat tebal dengan hidung pesek. Kulit suku Maori kebanyakan juga berwarna cokelat.

Di sisi lain suku Maori di Pulau Selatan mempunyai ciri fisik yang lebih mirip dengan bangsa Polenesia. Suku Maori di Pulau Selatan memiliki ciri rambut hitam melambai, bibir tebal, hidung datang dengan lubang hidung besar, mata cokelat gelap, dan gigi teratur yang bersih.

Seni Tato

Seni Tato Suku Maori. credit photo: upstation.id

Salah satu hasil kebudayaan suku Maori yaitu seni tatonya. Ta Miki merupakan bahasa Maori untuk menyebut tato. Istilah tersebut berarti tekan atau menyerang. Adapun motif tato suku Maori memiliki bentuk spiral. Tato kerap dipahat pada wajah, kaki, dan pantat. Akan tetapi, untuk wanita tato biasanya ditorehkan di dagu, bibir, atau leher belakang. Tato biasa dibubuhkan saat beranjak dewasa dan menjadi simbol dari perjalanan hidup suku Maori.

Tato Khas Suku Maori. credit photo: pinterest.com

Tato dianggap mempunyai makna suci dan sekaligus menjadi perlambang dari suku mereka. Suku Maori pun mempunyai cara tersendiri yang unik untuk menato tubuhnya. Biasanya tato dibuat dengan pahatan atau torehan di kulit menggunakan pisau atau kulit kerang laut.

Sementara untuk tinta tato dipilih bahan alami seperti ulat dan sayuran. Namun, tidak jarang pula mereka menggunakan tinta dari arang kayu. Tinta arang kayu umumnya digunakan untuk menato area wajah.

Salam Khas Suku Maori

Hongi, Salam Khas Suku Maori. credit photo: liputan6.com

Belum lama ini, Presiden Indonesia, Bapak Joko Widodo, melakukan kunjungan juga ke Selandia Baru, dan bertemu dengan Suku Maori ini. Salah satu ciri khas salam dari Suku Maori adalah bersentuhan hidung. Mereka menganggap, rasa persaudaraan akan semakin terasa di sini.

Kemudian, salah satu ciri khas dari Suku Maori yang tidak dipunyai oleh suku lain adalah Haka. Haka adalah sebuah tarian sambutan yang mempertontonkan wajah seram dan menegangkan. Hal ini bukan bermaksud untuk menakut-nakuti para pengunjung.

HAKA

Haka - Ciri Khas Suku Maori. credit photo: newzealand.com

Haka adalah simbol kekuatan dan persatuan suku tersebut. Oleh karena itu, tidak jarang penonton yang ikut menyaksikan Haka sampai dibuat bulu kuduknya berdiri, karena mereka dengan semangat tinggi mempertontonkan simbol dari persatuan suku mereka tersebut.

Lalu, salah satu ciri khas Suku Maori adalah ketrampilan mengukir dan menenun kain. Hal ini mereka akan lakukan terus ke generasi-generasi mereka selanjutnya. Salah satu alasan kuat mengapa mereka masih melanjutkan ciri khas tersebut adalah agar sejarah mereka bisa terus ada dan tidak hilang oleh perkembangan zaman.

Dari penjelasan di atas, apakah Selandia Baru dan Suku Maori sudah menjadi salah satu daftar traveling lo? Kalau belum, masukan saja, bro. Berkunjung ke Selandia Baru dan Suku Maori akan membuat lo mendapatkan pengalaman yang berkesan nantinya.

 

 

 


Please login to comment
3 COMMENTS
Sunaryo Widodo
March 27, 2018 at 6:42 AM

Kultur budaya yang kuat


Blend Boto Mumu
March 27, 2018 at 11:34 AM

Budaya mantafffff


Iiq Thoriq El-tuerto
March 28, 2018 at 12:09 PM

KEREN GAES