APR 29, 2018

Menjajal Kite Surfing, Berselancar Sembari Bermain Layang-Layang

Buat lo ingin mencoba hal yang baru, mungkin kite surfing bisa menjadi pilihan lo. Olahraga yang tergolong ekstrim ini menawarkan pengalaman menarik yang akan sangat sayang sekali kalau lo enggak mencobanya. Penasaran? Lihat saja informasinya di bawah ini. Selamat membaca bro!


Bro, merupakan sebuah anugerah buat kita sebagai bangsa Indonesia karena memiliki banyak kekayaan alam yang luas serta indah. Karena keindahan alamnya tersebut banyak wisatawan yang mengenal negara kita sebagai negara yang asri.

Berbicara mengenai pantai, tentunya ada banyak sekali deretan pantai yang indah di dalam negara ini. Tentunya dengan kealamian pantai yang indah serta tak lupa hamparan pasir putihnya yang tiada tara.

Tak berhenti sampai di situ, pantai atau laut Indonesia ini sering sekali digunakan untuk melakukan beberapa aktivitas. Salah satunya ialah olahraga ekstrim. Yaa betul, sampai hari ini memang banyak pantai khususnya di Bali sering digunakan sebagai tempat untuk melakukan hal tersebut.

Olahraga apa sih yang biasanya para pelancong-pelancong dari luar atau dalam negeri ini lakukan di pantai-pantai Indonesia? Mungkin kalau olahraga surfing sudah biasa yaa. Ada nih bro, satu olahraga yang menarik perhatian banyak orang. Yaitu Kite Surfing.

Mungkin bagi sebagian orang masih asing dengan olahraga satu ini. Olahraga yang memang bukan berasal dari Indonesia, memerlukan kekuatan fisik yang kuat serta tingkat konsentrasi yang tinggi. Tak hanya itu, kite surfing juga memerlukan beberapa peralatan.

Kite surfing adalah salah satu olahraga air yang tergolong ekstrim dan menggunakan kekuatan angin yang berfungsi mendorong para kite surfer untuk menaklukkan ombak di pantai. Olahraga yang satu ini memang bisa dibilang lebih sulit dari surfing karena selain harus mengendalikan papan selancar, para kite surfer juga harus mengendalikan pergerakan layang-layang.

Selain papan selancar dan layang-layang, satu lagi peralatan yang disarankan untuk dipakai saat menikmati kite surfing, yaitu harnest yang berfungsi sebagai pengaman yang dipasang di tubuh para kite surfer. Di negara kita memang kite surfing belum banyak dijumpai.

Kite surfing ini merupakan salah satu olahraga air ekstrim yang mengambil beberapa aspek dari olahraga ekstrim lainnya loh bro. Seperti wakeboarding, snowboarding, windsurfing, surfing, paralayang, skateboard dan berlayar ke dalam satu jeni olahraga.

Dari situ bias kebayang dong keseruan dan tantangan yang akan lo hadapi pada saat bermain olahraf satu ini. Kite surfing ini sendiri juga memiliki tingkat kesulitan yang tinggi juga. Namun asalkan lo gigih untuk terus mencoba, pasti lo akan menguasai segala teknik dalam bermain kite surfing.

1999

Robby Naish Sebagai Atlet Kite Surfing. Credit: redbull.com

Tahun 1999 merupakan tahun yang sangat berarti untuk olahraga kite surfing ini bro. Karena pada tahun itu pula olahraga ini mulai dikenal secara global. Bahkan, dari tahun itu lah sudah banyak atlet-atlet profesional bermunculan.

Ambil contoh saja Robby Naish. Seorang atlet olahraga air ekstrim ini berhasil memenangkan berberapa kejuaraan kite surfing. Bahkan pada tahun 1999 ia memenangi juara dunia slalom dan jumpn dalam kejuaran dunia kite surfing.

Tak hanya atlet yang bermunculan, namun sebuah perusahaan yang bernama Neil Pryde juga muncul ke permukaan. Yang merupakan sebuah perusahaan yang menyediakan berbagai peralatan yang akan digunakan di dalam kite surfing.

Gaya Bermain

Salah Satu Gaya Bermain Kite Surfing (Big Air). Credit: youtube.com

Nah, untuk benar-benar bisa menguasai teknik-teknik yang akan mendukung lo dalam bermain kite surfing, tentunya lo harus lebih dulu mengetahui gaya bermain dari olahraga ekstrim ini. Karena seperti apa yang sudah dibahas di atas kalau olahraga ini tidak semudah dengan apa yang ada di dalam pikiran lo bro.

Ada beberapa pilihan gaya bermain di dalam olahraga yang memerlukan tingkat konsentrasi tinggi ini bro. Seperti freestyle, freeride, speed, course racing, wakestyle, big air, park dan surfing. Nah dari beberapa pilihan gaya bermain tersebut, lo tinggal memilih saja mana yang ingin lo kuasai.

Berbicara mengenai rekor, Nick Jacobsen seorang atlet kite surfing asal Denmark ini telah mencatatkan rekor lompatan tertinggi. Rekor tersebut terpecahkan pada saat ia sedang mengikuti sebuah perlombaan di Afrika Selatan dengan ketinggian lompatan sekitar 28,6 meter.

Peralatan

Tentunya pada saat lo ingin bermain kite surfing hal yang harus lo perhatikan ialah peralatannya bro. Memang memiliki peraltan yang tidak sedikit apabila ingin bermain olahraga ekstrim satu ini. Tak hanya itu bro, lo harus menabung terlebih dahulu yaa.

Layang-Layang Atau Parasut. Credit: mpora.com

Layang-layang atau parasutnya tentunya menjadi pilihan utama yang harus lo perhatikan, karena terdapat beberapa pilhan yang memiliki kegunaan yang berbeda juga bro. Tinggal mengikuti bagaimana gaya bermain lo saja.

Tali Berbahan Dyneema. Credit: linysyntetyczne.pl

Lalu ada beberapa pilihan tali yang akan menjadi tumpuan lo pada saat bermain kite surfing. Untuk tali yang bagus serta kuat biasanya berbahan dyneema atau kevlar. Jadi, jika ingin memilih tali untuk bermain kite surfing disarankan untuk menggunakan tali dengan bahan tersebut yaa.

Perangkat Pengatur Pada Kite Surfing. Credit: mpora.com

Perangkat pengatur atau control device juga merupakan hal vital dalam olahraga kite surfing ini. Alat ini berguna untuk mengatur angina serta arah layang-layang lo serta juga agar keseimbangan badan lo akan terus stabil.

Bi-Directional Board. Credit: mpora.com

Dan yang terakhir ialah papan seluncur. Salah satu alat yang akan menjadi penopang kaki lo pada saat bermain kite surfing ini menjadi hal yang juga harus diperhatikan bro. Karena semakin bagus kualitas papan lo, maka permainan lo akan semakin nyaman bro.

Directional Board. Credit: mpora.com

Untuk papannya itu sendiri terdiri dari dua jenis bro. Yaitu terdapat jenis papan Bi-Directional Board dan Directional Board. Kedua papan tersebut tentunya memiliki kegunaan yang berbeda tergantung dengan sang pemain nyamannya menggunakan yang mana.

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar kite sufing di atas? Semoga dapat berguna buat lo yang ingin mulai bermain olahraga ini. Selalu diingat yaa bro, untuk selalu mengutamakan keselamatan lo.

Mungking sebelum bermain lo bisa untuk selalu memeriksa keadaan alam yang ada di tempat lo bermain. Seperti cuaca serta kondisi ombak yang ada, apakah itu akan berdampak aman untuk lo. Stay safe yaa bro!

 


Please login to comment
3 COMMENTS
Muhammad muhlis
April 29, 2018 at 10:20 PM

Kereennnnnn


Muhammad muhlis
May 3, 2018 at 1:20 AM

Kereeennnnn


Hengky kik
May 9, 2018 at 12:20 AM

mantaaaaaap