FEB 22, 2016

Ekpedisi Ekstrim Menjelajahi Aconcagua, Gunung Tertinggi di Asia


Bagi sebagian orang mendaki gunung adalah kegiatan yang paling membuang-buang waktu. Lo harus berjalan puluhan meter dengan trek yang nggak mudah, bahkan harus menggeblok tas ransel yang bebannya cukup berat dan semua itu hanya demi melihat pemandangan semata, toh akhirnya lo akan turun juga.

Eits tapi jangan salah, dimata para pecinta hiking mendaki gunung adalah sebuah perjuangan, terlebih jika lo berhasil menggapai puncak gunung-gunung paling tinggi. Ada kepuasan tersendiri yang nggak bisa digambarkan dan cuma bisa dirasakan kalau lo pernah melakukannya.

Seperti video diatas ini yang diambil dari situs Youtube dari channel Mountan Monkey dengan judul Aconcagua Expedition 2014. Video tersebut memberikan cuplikan ekpedisi penjelajahan gunung tertinggi di Asia. Aconcagua memiliki tinggi hingga 6.962 meter atau 22.838 kaki sekaligus menjadikannya sebagai gunung terpanjang di belahan bumi barat dan selatan. Gunung ini terletak di Pegunungan Andes, Provinsi Mendoza, Argentina.

Aconcagua memiliki sejumlah gletser. Gletser adalah sebuah bongkahan es besar dan terbentuk di atas permukaan tanah yang merupakan akumulasi dari endapan salju. Glester terbesar di Gunung Aconcagua ada di Ventisquero Horcones Inferior yang memiliki panjang sekitar 10 km.

Bisa mendaki gunung ini merupakan pengalaman yang tidak akan terlupakan selama hidup lo. Nggak sekedar melangkah ribuan kaki, tapi lo pun harus bertahan di tengah udara yang suhunya diatas minus derajat. Gokil kan bro!

Sebelum berkhayal, saksikan dengan seksama presentasi dari video yang telah memiliki total viewers 36k diatas ini. Dengan menyaksikan video tersebut lo bisa mendapatkan gambaran bagaimana keadaan di Aconcagua, trek-trek yang akan dilalui dan view di atas pucak.

Jika dilihat dari video berdurasi 14 menit 33 detik diatas, trek Gunung Aconcagua berbeda jauh dengan gunung-gunung di Indonesia. Di tanah air trek gunung biasanya di kelilingi hutan-hutan dengan pohon rindang. Tapi di Aconcagua tidak ada pohon sama sekali, bro. Lo bisa lihat dimenit ke 5 hanya ada hamparan pasir dan batu-batu, belum lagi saat di tengah perjalanan tiba-tiba salju turun. Wuih… kebayangkan kan betapa ekstirmnya ekpedisi gunung tersebut.

Buat orang Indonesia sendiri, jika ingin mendaki gunung ini butuh persiapan fisik yang matang. Pasalnya kita harus biasakan diri dengan suhu dingin yang bisa menusuk hingga ke tulang tubuh. Namun, kalau lo berhasil menaklukannya, ini akan menjadi pengalaman yang paling berharga di hidup lo.

Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!