MAR 21, 2018

Menyibak Misteri Gua Sanghyang Sirah Ujung Kulon Dan 4 Fakta Unik Lainnya

Keindahan Taman Nasional Ujung Kulon tidak hanya sebatas alamnya saja ternyata bro, dari segi cerita mistisnya juga bisa menjadi bahan perbincangan loh. Pokoknya bakalan seru banget deh kalo lo datang ke tempat ini.


 Goa Sanghyang di semenjanjung Ujung Kulon atau Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) termasuk salah satu objek wisata yang menarik. Namun sayangnya karena letak objek wisata ini jauh terpencil dan harus melalui jalan kaki lewat hutan lindung, jarang wisatawan yang berkunjung ke goa misterius tersebut bro.

Ilustrasi Goa Di Ujung Kulon. Credit: triphemat.com

Namun bagi lo yang mempunyai jiwa petualang, justru letaknya yang sulit dijangkau malah menjadi sebuah tantangan yang semakin seru untuk bisa lo taklukan.

Biasanya berkunjung ke lokasi seperti ini diantar kuncen, atau istilah kerennya pramuwisata. Dan penduduk setempat yang biasa menjadi penunjuk jalan berasal dari Tamanjaya, kawasan pemukiman penduduk yang letaknya di perbatasa TNUK. 

Mereka menyebut goa itu dengan sebutan "Hotel Samudera Beach" yang menjadi tempat bermalam. Menurut kepercayaan penduduk setempat nih bro, di goa tersebut sampai sekarang masih digunakan sebagai tempat bersemedi atau bertapa. Goa yang cukup besar dan terletak di bibir pantai Samudera Hindia, juga dikenal sebagai salah satu penghasil sarang burung walet di daerah tersebut.

Bagi pengunjung yang ingin mendapatkan berkah dari goa misterius itu harus mengikuti tata cara yang diperintah sang kuncen. Misalnya, sebelum masuk ke dalam goa, setiap pengunjung diwajibkan untuk membasuh wajah mereka di sebuah pancuran. 

Sebuah pancuran kecil yang airnya berasal dari mata ait pegunungan berada tak jauh dari mulut goa.Setelah itu pengunjung diajak masuk ke dalam goa, tetapi anehnya tidak boleh melalui pintu goa yang besar. Mereka diajak melalui pintu yang sempit di bagian kiri goa. Karena sempitnya pintu itu, pengunjung harus masuk dengan cara memiringkan anggota badan.

Di dalam goa terdapat telaga yang airnya jernih dan dingin. Menurut kepercayaan penduduk setempat, bagi yang mandi di telaga tersebut bisa mengalami suatu mukjizat. Misalnya, bagi pegawai negeri bisa mengalami mutasi ke tempat yang jauh dan bagi swasta bisa melanglang buana ke luar negeri.

Hmm sebuah misteri yang menarik untuk digali yaa bro informasinya.

Sangiang Sirah

Ilustrasi Tempat Mistis. Credit:ruddabby.wordpress.com

Untuk lo yang ingin tahu apa itu Sangiang Sirah, nah konon katanya Sangiang Sirah merupakan patilasan Prabu Siliwingai, Raja dari Kerajaan Pajajaran. Itulah Sebab mengapa banyak orang yang berziarah ke tempat ini bro.

Selain berziarah karena itu juga banyak orang yang tertarik untuk mengetahui sejarahnya bro.

Akses 

Ilustrasi Jalan Setapak. Credit: imamherlambang.com/

Untuk aksesnya, hanya bisa ditempuh dengan jalan kaki selama tiga hari dari Pos Cegog Taman Nasional Ujung Kulon. Bagi pengunjung yang berkanton tebal, bisa ditempuh menggunakan perahu wisata dari Sumur menuju ke Bagadur.

Setelah itu lo harus melanjutkan berjalan kaki sekita 1 kilometer dari Bagadur menuju Sangiang Sirah, melewati jalan setapak. 

Keindahan Alamnya

Ilustrasi Alam Ujung Kulon. Credit : travel.grivy.com

Selain dari misteri-misteri yang terus diungkap bro, ternyata di lokasi tidak hanya menyimpan hal mistis loh. Lo juga bisa menikmati suasana alamnya yang sangat indah dan menarik.

Mulai dari airnya yang jernih, tak ada kotoran sedikit pun, pasir yang bersih serta kondisi lingkungannya juga yang bersih menambah daya tarik para wisatawan untuk datang ke tempat ini bro.

Dan sepanjang mata memandang, lo juga bakalan bisa melihat hamparan karang sebesar gedung yang menjulan tinggi bro. Bayangkan saja, sudah dengan kondisi pantai yang bersih dan lautnya yang jernih di tambah pula deng tebing yang tinggi.

Sungguh penampilan alam yang akan membuat lo tidak akan menyesal untuk datang ke sini lagi bro.

 

 

Source

Cerita mistis ini disimpan dalam cerita misteri Gua Sanghyang Sirah.

 

Source

Lokasinya di ujung Pulau Jawa dan masuk dalam kawasan Taman Nasional Ujung Kulon, Banten, yang juga disebut Seven Wonders of Banten.

Karena lokasinya yang jauh di ujung pulau ini nggak banyak yang tahu kalo di sini ada makam atau petilasan karuhan Sunda. Emang ada yang bilang itu makam Prabu Siliwangi dan ada juga sebagai lokasi bertapa Prabu Kian Santang.

Cerita Mistis Yang Menarik

Ilustrasi Benda Mistis. Credit: pusatbendabertuah.com

Nah juru kunci gua, Abah Syargani, bilang kalo di sini jadi lokasi berkumpulnya karuhan Sunda, Wali Songo sampai Sang Ratu Pantai Selatan.

Yang pasti di sekitar lokasi gua ada 7 sumur yang dikeramatkan (persis dengan yang ada di Cibulan-Kuningan ya). Salah satu sumur berlokasi di dalam gua. Selain itu ada telaga yang airnya jerning dan dingin di dalam gua dan penduduk meyakini kalo mandi di telaga itu bisa mendapatkan mukjizat.

Tapi dibalik misteri yang bermunculan seputar gua itu, petualangan ke Gua Sanghyang Sirah juga jadi seru kala lo liat betapa cantiknya pantai Sanghyang Sirah itu.

 

Pemandangan di luar gua Sanghyang Sirah. Source

 

Ada tebing yang menjulang tinggi, lautan biru dan karang. Tebing tinggi itu berbatasan langsung ama laut, dan pastinya cukup berisiko buat dilewati.

Wah ternyata Ujung Kulon nggak cuma terkenal sebagai habitat fauna yang langka, yakni Badak bercula satu, tapi juga cerita mistisnya yaa bro.

Dan juga dengan kondisi alamnya yang msaih asri. Sungguh cukup lengkap juga yaa jika lo mau datang ke tempat yang sedikit menakutkan cuman tambah dengan suasana alam yang menarik.

Tapi selebihnya sih, pemandangan sunset di lokasi ini begitu eksotis. Namun lo harus menunggu atau tinggal di tempat lebih lama untuk mendapatkan sunset yang eksotis itu bro.

Gimana, bro?  Kalau dipikir-pikir, di Indonesia ini benar-benar kaya akan apapun yaa. Contohnya di situs ini saja deh bro. Mulai dari alamnya yang indah lalu memiliki cerita mistis yang unik. 

Dimana lagi coba lo bisa mendapat hal ini kecuali di Ujung Kulon bro?  Jadi sudah berminat untuk berpetualang ke sini?

Sumber

Featured Image


Please login to comment
4 COMMENTS
Kurniawati
March 21, 2018 at 5:23 PM

LUAR BIASA BAGUS


yogo purwanto
March 22, 2018 at 8:34 AM

alam y keren


Sunaryo Widodo
March 22, 2018 at 11:35 PM

Menakjubkan sekali


Friska Valentine
April 2, 2018 at 4:32 PM

Minatnya besar,... ada kah yang buka open trip, biar bisa sharing cost :D



LOCATION