Tahukah Kamu Selfie di Puncak Mahameru Adalah Aksi Ilegal?

Tahukah Kamu Selfie di Puncak Mahameru Adalah Aksi Ilegal? Selfie itu sudah menjadi bagian dar budaya masyarakat Indonesia. Setuju, bro? Kemanapun kaki ini melangkah, pasti ada aja cewek atau cowok yang mengeluarkan ponsel lalu berselfie ria dengan berbagai pose. Kadang, malah ada yang pakai kamera DSLR.

Katanya sih, kebiasaan selfie ini sudah berulang kali mendatangkan berbagai kejadian tak enak. Mulai dari kerusakan properti, kecelakaan yang melukai seseorang, bahkan menjadi salah satu penyebab seseorang kehilangan nyawanya! Hih, seram!

Padahal kalau dipikir-pikir, manfaat selfie adalah sekedar memanfaatkan sebuah momen supaya bisa jadi memento atau kenang-kenangan kita kelak. Tapi karena pada prakteknya seringkali ada aturan atau larangan yang diabaikan, jadilah banyak hal tak diinginkan yang silih berganti menimpa si pelaku selfie, bro!

Mungkin banyak dari kamu para pendaki yang belum tahu bahwa selfie di puncak Mahameru dilarang dan bisa dikategorikan ke dalam aksi ilegal. Peraturan ini sebenarnya sudah cukup lama diberlakukan, tapi sayangnya ada saja pendaki yang membandel dan tetap mendaki sampai puncak Mahameru.

Ada saja alasan yang dipakai oleh para pendaki yang ngotot untuk sampai ke puncak dan salah satu alasan yang sering dipakai oleh merek adalah sudah nanggung. Mereka beranggapan semua perjuangan yang sudah mereka lakukan untuk mendaki Semeru harus dituntaskan dengan mendaki sampai ke puncak Mahameru.

Sesampainya di puncak, tidak sedikit dari mereka yang mengabadikannya dengan kamera dan selfie di puncak Mahameru. Membanggakan memang, tapi ingatlah bahwa aksi ini sangat tidak disaranakan dan tergolong sangat berisiko.

Padahal peraturan yang dibelakukan untuk semua pendaki adalah mereka hanya bisa mendaki sampai Kalimati. Apa alasan dibuatnya peraturan tersebut? Karena kawasan puncak Mahameru saat ini sangat rawan longsor dan badai bisa sewaktu-waktu terjadi. Selain itu, gas beracun yang ada di puncak juga tidak aman untuk para pendaki.

Puncak Mahameru

SHARE
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!