Hipotermia, Mimpi Buruk Petualang di Seluruh Dunia

Hipotermia, Mimpi Buruk Petualang di Seluruh Dunia Kebanyakan dari kamu yang hobi berpetualang di alam bebas, baik itu mendaki gunung, menyusuri kawasan hutan dan lainnya, pasti sudah pernah dengar penyakit hipotermia. Penyakit yang satu ini memang sangat ditakuti dan menjadi mimpi buruk para penggemar kegiatan outdoor atau alam bebas.

Kenapa hipotermia ini sangat ditakuti oleh para penghobi kegiatan outdoor? Karena tidak sedikit dari mereka yang terkena hipotermia akhirnya harus menghembuskan napasnya untuk terakhir kali alias meninggal dunia.

Hipotermia merupakan suatu kondisi dimana tubuh mengalami kesulitan untuk menghadapi suhu yang sangat dingin. Saat terkena hipotermia, suhu tubuh penderitanya biasanya dibawah 35 derajat celcius.

Sama dengan sebagian besar gangguan kesehatan tubuh lain, hipotermia bisa dicegah. Bagaimana cara mencegahnya bisa kamu saksikan dalam video yang berjudul 'DIY Survival: Preventing Hypothermia | Dual Survival' di atas artikel ini. Diunggah oleh Discovery ke situs YouTube pada 10 Juli 2014, dalam video tersebut kamu bisa mendapat penjelasan sedikit tentang hipotermia dan cara mencegahnya.

Kalau penjelasan cara mencegah hipotermia dalam video tersebut menurutmu belum jelas, berikut adalah cara mencegah hipotermia selengkapnya.

- Pakai semua peralatan mendaki atau kegiatan outdoor yang sesuai dengan prosedur yang berlaku. Jika destinasi yang kamu tuju adalah kawasan gunung yang bersuhu dingin, perlengkapan yang sebaiknya dibawa adalah jaket gunung, celana quickdry, sleeping bag, sarung tangan, kaos kaki, bekal makanan yang cukup, dan jas hujan.

- Saat menjelajahi daerah atau kawasan yang sangat dingin suhu udaranya sangat disarankan untuk tidak memakai baju atau celana berbahan denim (jeans). Kenapa? Karena denim atau jeans sangat sulit untuk kering saat basah. Pakailah pakaian yang bisa cepat kering saat basah baik karena keringat atau terkena air hujan. Atau akan lebih bagus jika kamu memakai pakaian yang tidak akan basah saat terkena air hujan.

- Langsung ganti pakaian saat pakaian yang kamu pakai sudah terlalu basah, baik itu karena berkeringat atau terkena air hujan. Jangan terus pakai pakaian yang basah karena bisa membuatmu lebih mudah terkena hipotermia.

- Saat sedang istirahat sejenak, usahakan tubuh tetap aktif, seperti berbincang dengan rekan sesama petualang, memasak air untuk kopi atau menikmati bekal makanan.

- Sebelum tidur, pakai semua perlengkapan yang bisa membuat suhu tubuhmu terjaga, seperti kaos kaki, jaket, sarung tangan dan jika sangat dingin tidurlah berdekatan dengan rekan sesama petualang.

SHARE
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!