Gua Krubera, Tempat Caving Spektakuler di Dunia

Gua Krubera, Tempat Caving Spektakuler di Dunia

Bro hobi caving atau telusur gua? Bila ya, maka bro perlu menjajal keseruan caving di tempat spektakuler sedunia, yakni gua Krubera. Saking spektakulernya gua Krubera bahkan menjadi tujuan populer dalam perjalanan ekspedisi para pecinta caving dari seluruh penjuru dunia. Mengapa gua Krubera dikatakan sebagai tempat caving spektakuler di dunia? Penasaran? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Menjelajah Kedalaman Gua Krubera

Gua Krubera adalah salah satu gua sekaligus gunung yang tertinggi di Massif Arabika, Kaukasus Barat, Georgia. Massif Arabika itu sendiri merupakan salah satu gunung karst massih paling besar di kawasan Kaukasus Barat. Di tempat ini terdapat ratusan gua yang diketahui mulai tumbuh sejak 5 juta tahun lalu. Adapun dari hasil kajian diketahui 5 gua diantaranya mempunyai kedalaman lebih dari 1.000 meter.

Dari 5 gua dengan kedalaman yang tidak wajar tersebut, satu gua yang dinobatkan terdalam di dunia adalah gua Krubera. Gua Krubera memiliki kedalaman 2.197 meter. Kedalaman tersebut diukur tepat dari bibir pintu masuk. Karena itulah, gua Krubera dianggap sebagai tempat yang misterius di Massif Arabika dan satu-satunya gua di bumi yang memiliki kedalaman lebih dari 2 km.

Hati-Hati Celah Sempit

Selain dalam, gua Krubera diketahui juga membentang sepanjang 16.050 meter yang mana didominasi gua vertikal yang saling berhubungan. Adapun gua spekatakuler ini berada di ketinggian 2.250 mdpl dengan pintu masuk yang terbilang amat sempit.

Sebagian besar ruang dalam gua pun sangat sempit yang memaksa para penjelajah membuat pahatan dinding guna mengamankan perjalanan. Terdapat ruangan besar di sejumlah lorong gua yang sekilas mirip seperti lorong kereta bawah tanah.

Di kedalaman 200 meter, gua dibagi menjadi 2 cabang yakni Non-Kuybyshevskaya dan Main. Dari hasil eksplorasi diketahui Non-Kuybyshevskaya mencapai kedalaman 1.293 meter sementara Main memiliki kedalaman 2.197 meter. Cabang-cabang gua juga kembali didapati di kedalaman 1.300 meter.

Gua Krubera populer pula disebut Voronja Cave  yang mana dalam bahasa Rusia memiliki arti Gua Gagak. Disebut demikian karena sekitar tahun 1980 di dalam gua tersebut banyak ditemukan burung gagak yang bersarang di pintu masuk.

Kesulitan Jelajah Gua Krubera

Kesulitan yang paling sering dialami para penjelajah gua Krubera yaitu saat harus melalui terowongan yang terdapat genangan air yang mungkin lebih cocok disebut kolam dalam gua. Tidak main-main, kolam dalam gua tersebut bahkan ada yang mencapai kedalaman 50 meter. Karenanya dibutuhkan keterampilan menyelam yang juga mumpuni.

Bagi para pecinta caving, gua Krubera kini menjadi salah satu tujuan ekpedisi populer. Tidak sedikit penjelajah gua berdatangan dari berbagai penjuru dunia. Apakah bro juga berani mencoba caving di tempat spektakuler gua Krubera ini?

Wilderness
SHARE
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!