MAR 27, 2018

Gunung Kilimanjaro, Gunung Tertinggi yang Menjadi Impian Setiap Pendaki

Memang merupakan sebuah impian bagi setiap pendaki untuk dapat menaklukan gunung tertinggi, dan pastinya Gunung Kilimanjaro menjadi salah satunya. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai gunung ini, silahkan baca artikel di bawah ini yaa bro. Selamat membaca!


Sudah berapa banyak gunung yang telah lo daki bro? Jika lo adalah petualang sejati pasti selalu menginginkan tempat lainnya yang jauh lebih menantang dari lokasi pendakian sebelumnya. Salah satu gunung tertinggi di dunia juga akan menjadi incaran petualanganmu selanjutnya. Tentu Gunung Kilimanjaro juga sudah lo masukan dalam daftar pendakian lo kan?

Gunung Kilimanjaro merupakan gunung tertinggi di dunia yang berdiri bebas dan merupakan gunung tertinggi di Afrika. Ketinggiannya mencapai 5.895 meter yang berarti memiliki selisih hingga 1.000 meter lebih dari Puncak Jaya yang merupakan gunung tertinggi yang dimiliki Indonesia.

Untuk dari kondisi salju yang ada di Gunung Kilimanjaro ini sudah mulai berkurang bro. Dikarenakan oleh pemanasan global yang sangat parah di dunia saat ini. Gletser yang menyelimuti puncak ini sudah mulai menipis dari 11.700 tahun yang lalu

Dibandingkan dengan abad lalu, tentunya gunung ini sudah kehilangan 80% volume es dan menurut penelitian dari Ohio State University yang dipimpin oleh Lonnie Thompson mengatakan bahwa volume es yang ada di atas puncak gunung ini akan habis dari kurun waktu 2015 sampai 2020.

Oleh sebab itu sangat penting bagi kita sebagai penghuni bumi ini untuk selalu menjaga kebersihan. Serta mengurangi penggunaan segala jenis energi yang kiranya akan berdampak buruk pada lingkungan bro.

Gunung ini menjadi salah satu contoh konkrit untuk kita bro. Tentunya akan menjadi hal yang merugikan bagi kita sebagai warga bumi yang lama kelamaan akan kehilangan banyak sekali keindahan alam yang dimiliki. Karena memang sudah menjadi kewajiban kita bersama untuk selalu menjaga keutuhuan dari alam semesta ini.

Keindahan Gunung Kilimanjaro. Credit: pecintaalam.org

Mengenai dari keunikan gunung ini sendiri yaitu dengan adanya sinyal telefon hingga pada puncaknya bro. Karena gunung Kilimanjaro merupakan titik tertinggi di dunia yang dilayani oleh jaringan telepon genggam berbasis GSM.

Jadi lo enggak perlu khawatir mengenai sinyal apabila berada di titik puncak dari gunung ini bro. Dan pastinya akan menjadi keuntungan besar apabila masih dapat menggunakan telepon genggam pada saat di atas puncak.

Karena lo enggak bakalan tahu kejadian apa yang bisa menimpa lo kelak, namun dengan adanya komunikasi hal tersebut akan menemukan solusinya. Walaupun memilki tingkat kesulitan yang tinggi, mendaki gunung ini ternya juga memiliki keuntunga untuk para pendaki juga yaa.

Gunung ini juga memberikan keuntungan kepada warga sekitar loh bro. Dikarenakan dari besarnya ukuran gunung ini memungkinkan untuk membuat iklimnya sendiri. Angin basah yang bertiup dari arah Samudera Hindia melewati dataran rendah yang semi kering, menabrak Kilimanjaro dan berbelok ke atas sehingga kemudian mengalami kondensasi dan menghasilkan curah hujan,

Dari situ pula mengakibatkan tanah yang berada di sekitar wilayah Gunung Kilimanjaro ini begitu subur. Dan secara tidak langsung para warganya juga mendapatkan keuntungan yang sangat fantastis bro. Lalu salah satu hasil alam yang terkenal adalah palawija.

Keindahan Gunung Kilimanjaro Dari Kejauhan. Credit: informasi-daftar.blogspot.co.id

Bila lo pernah mendengar mengenai palawija, hasil bumi itu berasal dari Gunung Kilimanjaro yang sangat subur tersebut.

Mengenai sejarah nama dari gunung Kilimanjaro sangat panjang dan penuh dengan perdebatan, namun yang pasti pada tahun 1889 seorang pendaki pertama bernama Hans Mayer berhasil mencapai puncak tertingginya dan kemudian menamakan puncak tersebut dengan sebutan Kaiser-Wilhelm-Spitze yang terus dikenal sampai tahun 1964 saat Tanzania mulai terbentuk. Kemudian mengalami pergantian setelah KTT berlangsung menjadi Uhuru yang berarti Freedom Peak.

Beberapa rute pendakian resmi yang bisa dipilih oleh para pendaki diantaranya Machame, Marangu, Rongai, Lemosho, Umbwe, dan Shira sementara untuk rute Mweka hanya bisa dilalui untuk rute turun pendaki. Dilansir dari laman wikipedia sebenarnya ada satu rute pendakian yang bisa dipilih yaitu Western Breach namun semenjak kejadian longsor yang mengakibatkan tewasnya 4 orang pendaki di kemah Arrow Glacier pada tahun 2006 lalu menyebabkan Pemerintah Tanzania menutup pintu masuk melalui rute pendakian tersebut.

Pos-Pos Yang Ada Di Gunung Kilimanjaro. Credit: nasional.tempo.co

Jika lo ingin melihat bagaimana pendakian melalui rute Machame, lo bisa melihat video berikut ini. Petualangan tiga orang sahabat, Ignacio Garcia Sanabria, Javier Sese, dan Ignacio Manero dalam mendaki puncak gunung tertinggi Kilimanjaro yang diunggah dengan akun Ignacioml89 pada situs Youtube ini akan memberikan bayangan bagaimana keadaan disana.

Dimulai dengan pertemuan mereka untuk menuju Tanzania dan kemudian bertemu dua orang pemandu lokal bernama Joseph dan August untuk mendaki gunung Kilimanjaro. Perjalanan mereka dimulai setelah berkumpul dan melakukan acara adat bersama para pendaki lokal dan pendaki mancanegara lainnya di lereng gunung.

Setelah menunggu hingga matahari terbit, mereka memulai perjalanan dengan jalur normal penuh bebatuan hingga jalur terjal yang mengharuskan mereka untuk memanjat. Mendekati puncak gunung Kilimanjaro, para pendaki juga akan merasakan hampir semua jenis iklim yang ada di bumi.

Papan Besar Di Puncak Gunung Kilimanjaro. Credit: trekkinghero.com

Sampai akhirnya para pendaki berhasil mencapai puncak gunung yang selalu diselimuti oleh salju abadi dan di puncak ini pula para pendaki akan menemukan sebuah papan besar yang dibuat oleh pemerintah Tanzania dalam bahasa Inggris “Congratulations, You are now at Uhuru Peak, Tanzania, 5.895 m. AMSL. Africa Highest Point. WorldHighest Free-Standing Mountain. One of World Largest Volcano. Welcome.”

Jadi bagaimana bro dengan informasi di atas? Apakah membuat lo lebih memahami mengenai Gunung Kilimanjaro itu sendiri? Karena ada baiknya sebelum lo mendaki sebuah gunung untuk mengetahui segala jenis informasi yang kiranya nanti akan membantu lo dalam melancarkan aktifitas pedakian lo.

Untuk itu selalu untuk kobarkan semangat petualang lo dan teruslah bereksplorasi bro!

 


Please login to comment
3 COMMENTS
Sunaryo Widodo
March 28, 2018 at 12:38 AM

Amazing beutyfuul


yogo purwanto
April 6, 2018 at 9:20 AM

keren bgt


Endang P
April 6, 2018 at 9:24 AM

mantap keren



LOCATION