Merayapi Tebing Monolithe yang Super Ekstrim

Merayapi Tebing Monolithe yang Super Ekstrim Bagi penggiat rock climbing atau panjat tebing, merayapi tebing-tebing yang menjulang tinggi menjadi kegiatan alam bebas yang sangat menyenangkan. Mungkin, sebagian orang awam berpikir ini adalah kegiatan “gila” yang jelas-jelas beresiko tinggi.

Tapi, tidak bagi penggiat olahraga ini. Merayap bak seekor cicak, menempel di gugusan batuan yang menjulang, memiliki sensasi tersendiri yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Bagi mereka, rock climbing bukan sekedar memamerkan lekukan otot dan daya tahan fisik semata. Melainkan suatu teknik dan strategi untuk mensiasati rupa tebing yang tidak beraturan dengan memanfaatkan cacat batuan, rekahan, dan cekungan baik dengan atau tanpa alat bantu pendakian. Salah strategi sedikit bisa berakibat fatal bahkan menghilangkan nyawa.

Semakin ekstrim tebing, makan adrenalin akan semakin terpompa dan menjadi rintangan yang harus mampu ditaklukan. Seperti dua orang pada video di atas ini. Mereka memanjat menara batu Monolithe yang berada di Perancis. Menara ini memiliki tinggi 93 meter sekaligus menjadi pilar menakjubkan di pedesaan Savoie. Tebing batuan ini terbentuk karena erosi dari batuan dolomit di Taman Nasional Vanoise. Bisa memanjat hingga ke puncak akan menjadi pengalaman yang sangat sempurna. Akan ada pemandangan hutan hijau yang subur lengkap dengan batuan tebing berwarna abu-abu yang sangat indah.

Gokilnya lagi, salah satu pemanjat pada video di atas adalah wanita. Meski wanita, jangan sekali-kali ya meremehkan kemampuannya. Jika ia tidak punya keterampilan memanjat, tidak mungkin berani mencici tebing Monolithe.

Dibutuhkan waktu sehari penuh untuk bisa mencapai puncak dan kedua orang pada video yang telah memiliki total viewers 489k ini mampu menaklukannya. Setelah tangan marayap dengan lincah menelusuri rekahan dan tonjolan batuan mereka mampu berdiri di puncak tebing dan ekspresi kepuasan  tergambar sangat jelas di wajah keduanya.

Lo tertantang untuk cicipi Monolithe? Sebaiknya asah dulu kemampuan panjat tebing lo. Di Indonesia sendiri sudah banyak komunitasnya dan lo bisa ikut bergabung serta belajar dari para ahlinya. Jika merasa sudah mahir, bisa coba dinding-dinding batuan alami yang banyak tersebar di seluruh Indonesia.

Setelah merayap senti demi senti dan bisa mencapai puncak ditambah pemandangan alam yang indah, akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan untuk hidup lo.

Wilderness
SHARE
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!