JAN 16, 2016

Kendaraan-Kendaraan Umum Khas Negara Asia yang Wajib Lo Jajal!


Indonesia adalah negara di Asia yang punya beberapa jenis kendaraan umum unik dan nggak ada di tempat lain. Misalnya saja becak, bajaj, delman, dan lain sebagainya yang nggak hanya bermanfaat untuk masyarakat lokal tapi juga daya tarik wisata. Selain Indonesia, beberapa negara di Asia juga punya kendaraan umum yang unik dan bisa dipakai untuk mengantarkan penumpang dari satu tempat ke tempat yang lain. Kendaraan umum ini biasanya nggak menetapkan tariff tetap seperti layaknya transportasi masal, tapi bisa dikatakan lebih murah terutama untuk perjalanan jarak dekat. Kalau lo berencana untuk berkeliling Asia, jangan lupa untuk menjajal kendaraan-kendaraan berikut ya bro!

Tuktuk, Thailand

Bentuknya mirip dengan bajaj dan gampang banget ditemukan di jalanan terutama di kota-kota besar yang banyak turisnya. Pada bagian depan Tuktuk biasanya ada papan tulisan taxi, karena itu Tuktuk juga disebut dengan taxi-nya Thailand. Masyarakat dan turis menyukai kendaraan beroda tiga ini karena ia bisa dengan mudah bermanuver di jalanan yang penuh dengan kendaraan. Karena itu selain bisa cepat sampai ke tujuan, lo juga akan merasakan pengalaman yang seru karena seringkali pengemudi Tuktuk mengendarai kendaraannya ugal-ugalan.

Jeepney, Filipina

Kalau Jakarta punya Metromini sebagai raja jalanan, maka Filipina punya Jeepney. Bentuknya sesuai namanya yaitu dari mobil jeep yang bagian belakangnya lebih panjang untuk memuat penumpang dengan posisi duduk saling berhadapan, seperti pada angkot. Mobil jeep memang sudah menjadi transportasi umum bagi orang Filipina sejak jaman Perang Dunia II dulu. Sama seperti angkot di Indonesia, Jeepney nggak punya tempat pemberhentian khusus sehingga lo bisa naik di mana saja dan turun di mana saja. Jadi nggak heran kalau lalu lintas di Filipina sering terganggu dengan ulah Jeepney ini bro!

Autorickshaw, India

Bentuknya sama persis dengan bajaj yang kita punya di Indonesia bro. Bajaj sendiri sebenarnya adalah nama perusahaan otomotif asal India yang memproduksi mesin untuk Autorickshaw ini. Naik Autorickshaw juga sama menantangnya dengan naik bajaj di mana pengemudinya sama ugal-ugalannya dengan pengemudi Tuktuk di Thailand sehingga penumpang harus berpegangan erat karena nggak disediakan sabuk pengaman. Naik Autorickshaw di India lo harus hati-hati terhadap penentuan tarifnya. Karena nggak jarang pengemudi kendaraan ini suka mark-up tariff.

Human Rickshaw, Jepang

Human rickshaw atau becak yang ditarik dengan menggunakan tenaga manusia ini disebut dengan Jinrikisha di Jepang. Sekarang lebih banyak ditemukan di Kyoto dan memang diperuntukkan transportasi turis sebagai bagian dari wisata budaya yang diusung oleh Kyoto.

Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!