JAN 6, 2016

Backpacking ke Raja Ampat Tanpa Bikin Kantong Bolong, Mau?


Raja Ampat, salah satu destinasi impian para petualang dan traveler lokal dan mancanegara ini memang sangat mempesona, tapi sayangnya biaya ke sana terbilang mahal dan kurang cocok untuk kantong anak muda.

Tapi bukan petualang sejati kalau tidak bisa mensiasati mahalnya biaya ke destinasi yang konon sangat layak disebut sebagai lokasi diving terbaik Indonesia dan dunia. Para petualang dalam video yang ada di bagian atas artikel inilah buktinya bahwa ke Raja Ampat tidak perlu mengeluarkan dana yang banyak.

Dalam video berdurasi 2 menit 49 menit berjudul 'Backpacking Raja Ampat at Low Cost - Backpacker Indonesia' dan diunggah ke situs video YouTube oleh toekang jalan tersebut para backpaker mengklaim bisa menjelajahi pesona Raja Ampat dengan biaya yang cukup terjangkau.

Tak ada penjelasan lengkap memang tentang berapa biaya yang mereka keluarkan selama menjelajahi Raja Ampat, tapi melihat judul videonya tampaknya para backpacker cukup bisa meyakinkan penonton video tersebut bahwa mereka bisa berpetualang ke Raja Ampat tanpa kantong bolong.

Karena belum dijelaskan dalam video tersebut, berikut adalah beberapa cara yang bisa lakukan supaya petualangan ke Raja Ampat tidak biking kantongmu bolong.

  • Cari penerbangan murah ke Raja Ampat
  • Biaya penerbangan ke timur Indonesia sudah lama terkenal cukup mahal dan supaya kamu bisa mendapat penerbangan murah dari kota besar seperti Jakarta ke Sorong kamu wajib mencarinya jauh-jauh hari sebelum tanggal kamu memulai petualangan. Cari tiket promo dan jangan pilih peak season karena sudah pasti harga tiketnya tidak bersahabat.

    Selain itu, pilihlah penerbangan transit karena biasanya transit dengan maskapai yang beda bisa sdikit menghemat biaya yang harus kamu keluarkan untuk membeli tiket pesawat.

  • Pakai kapal laut
  • Naik kapal laut dari Jakarta ke Sorong sudah pasti jauh lebih murah jika dibandingkan dengan. Tapi ingat karena akan memakan waktu yang jauh lebih lama, bisa mencapai seminggu, kamu wajib menyiapkan waktu berpetualang yang juga lebih lama ketimbang naik pesawat.

  • Bermalam di penginapan murah
  • Di Raja Ampat, penginapan berharga selangit memang ada, tapi penginapan murah juga ada dan penginapan yang tak akan membuat kantongmu bolong inilah yang sebaiknya kamu pilih. Tarif penginapan murah seperti homestay di Raja Ampat berkisar Rp. 250 ribu. Masih mahal? Coba cek dulu penginapan yang punya fasilitas lebih baik, harganya bisa 2-3 kali lipat lebih mahal.

  • Island hoping dengan long boat
  • Tak lengkap rasanya kalau sudah di Raja Ampat tapi tidak mengelilingi pulau-pulau indah di sana. Nah, dari sekian pilihan transportasi, long boat adalah pilihan yang paling murah. Selai paling murah, long boat juga bisa mengangkut cukup banyak penumpang, sekitar 10 orang.

    Please login to comment
    NO COMMENT YET, BE THE FIRST!