MAR 23, 2018

Jenis-Jenis Senter Berkualitas

Dengan aktifitas lo di luar ruangan ataupun di alam bebas sekalipun, kehadiran senter merupakan hal yang penting adanya. Oleh sebab itu mengetahui jenis-jenis senter sangatlah penting bro. Untuk mengetahui informasi lebih lanjutnya bisa lihat di bawah ini yaa. Selamat membaca!


Senter sering terlihat sebagai sesuatu yang sepele. Kegunaannya lebih pada alat penerang cadangan semata. Namun dalam beberapa kondisi, senter bisa menjadi alat yang sangat dibutuhkan. Misalnya saat terjadi pemadaman listrik, ketika berjelajah, berada di daerah terpencil yang gelap dan sebagainya.

Dalam kondisi itulah biasanya orang mulai menyadari pentingnya memiliki senter. Namun, saat hendak membelinya tak sedikit yang merasa kebingungan. Banyak sekali jenis-jenis senter yang beredar di pasaran. Nah, jika kamu mengalami hal serupa artikel ini bisa jadi panduan menemukan senter yang tepat.

Panduan ini berasal dari para flashaholic. Sebutan untuk orang-orang yang memiliki hobi dan ketertarikan tersendiri pada senter. Ada sejumlah poin yang kerap jadi acuan flashaholic dalam memilih senter. Mulai dari terang cahaya, bentuk sorotan, keawetan, jenis cahaya, bentuk ukuran, baterai dan masih banyak lagi.

Namun secara umum ada 2 hal yang menjadi fokus utama dalam memilih jenis senter. Yakni berdasarkan baterai dan merek atau brand dari senter. Soal harga, jenis senter yang berkualitas umumnya ata di kisaran Rp200 ribu atau lebih.

Jenis Senter Berdasarkan Baterai

- Single AA / AAA

Ilustrasi Baterai AA. Credit: id.aliexpress.com

Baterai yang kecil biasanya selaras dengan ukuran senter yang kecil pula. Baterai ini sangat mudah dijumpai sehingga jenis senter yang memakai baterai AA / AAA banyak diminati. Bobotnya ringan dan biasanya dikantongi atau dijadikan gantungan kunci.

Jenis senter yang memakai baterai ini sangat pas untuk keperluan EDC, backup light atau keychain light. Untuk user interface lebih disarankan tanpa memory mode. Jarak efektif cahaya berkisar 10-20 meter dan cukup awet.

Senter seperti ini juga sering sekali temukan di kehidupan sehari-hari lo bro. Karena bilamana sedang mati lampu pasti senter jenis ini yang biasa digunakan. Karena dari ukuran yang kecil, sehingga mempermudah lo untuk bisa membawanya kemana-mana. Pokoknya senter ini merupakan senter yang mudah untuk digunakan serta dibawanya bro.

- CR 123

Ilustrasi Bateri CR 123. Credit: id.aliexpress.com

Baterai ini mampu memberikan cahaya lebih terang dan tahan lama. Ada dua jenis baterai yang bisa dipilih. Yakni yang sekali pakai atau bisa di charge ulang. Para flashaholic biasanya memilih baterai yang bisa di-charge ulang karena lebih hemat. Selain itu, jenis baterai ini termasuk susah ditemukan.

User interface yang recommended maksimal 3 mode tanpa memory. Khususnya untuk keperluan EDC, car light, keychain light dan back up EDC. Sedangkan untuk tactical light bisa memakai max 2 mode, hight first dan hidden strobe. Jarak cahaya bervariasi di kisaran 20-60 meter.

Dengan baterai ini tentunya lo akan memiliki senter yang memilki umur yang panjang dan awet bro. Dan dengan baterai ini pula akan mempermudah bilamana sedang melakukan keseharian lo di rumah seperti memperbaiki mobil lo yang membutuhkan cahaya lebih terang. Karena dari cahayanya yang terang serta dari daya tahan baterainya yang jauh lebih lama sehingga membuat lebih mudah untuk beraktifitas tentunya.

- Single 18650

Ilustrasi Baterai Single 18650. Credit: vaporbeast.com

Jenis senter yang memakai baterai ini memilki diameter head yang variatif. Baterai jauh lebih awet dan lebih luas pula kegunaannya. Beberapa senter didesain cukup pas dikantong. Namun, banyak juga jenis senter yang berbentuk lebar dan panjang.

Jarak efektif cahaya mulai dari 30 hingga 120 meter. Kamu bisa memakainya untuk keperluan EDC, outdoor, bike light dan general use. Lebih berhati-hati jika memilih jenis senter dengan baterai ini. Alasannya baterai mudah meledak dan terbakar jika salah perawatannya.

Oleh sebab itu perawatannya harus tetap lo jalankan yaa bro. Yaa dengan membersihkannya seminggu satu kali sudah mencukupi untuk tetap menajga kebersihan serta keawetan dari baterai ini. Karena bilamana tidak dirawat dengan benar seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa baterai ini memang mudah terbakar dan meledak. Selalu hati-hati yaa.

Selain model baterai single, beberapa jenis senter juga memakai baterai double atau multi. Penggunaan banyak baterai tentu sangat mempengaruhi kualitas jenis, ukuran dan kegunaan senter. Pilihlah jenis senter berdasarkan baterai sesuai kebutuhanmu. Jika kamu banyak beraktivitas outdoor, jenis multi baterai dan 18650 lebih disarankan.

Jenis Senter Berdasarkan Merk

Contoh Senter Ber-Merk. Credit: www.canadianoutdoorequipment.com/

Cara kedua menentukan jenis senter yang tepat ialah dari brand atau merek produk. Sejumlah nama yang banyak beredar di pasar antara lain merek police, cree dan sebagainya. Namun, brand yang terkenal dikalangan flashaholic ada Fenix, Nitecore, Surefire, 4Sevens, Sunwayman, Olight, Armytek dan lain-lain. Namun kembali lagi kepada lo, lo sedang memerlukan apa.

Untuk itu mengetahui kelebihan serta kekurangan dari merk-merk tertentu tentunya penting bro. Selalulah untuk melakukan perbandingan terlebih dahulu sebelum lo membeli senter. Karena sekedar untuk menghindari lo untuk salah beli. Dari harganya juga yang tidak tergolong murah, membuat senter-senter yang memang memiliki kualitas yang bagus.

Jadi gimana bro dengan informasi mengenai senter di atas? Karena memang sebagai manusia kita memerlukan sebuah cahaya di dalam kehidupan keseharian kita. Baik lo akan melakukan aktifitas di luar rumah maupun di dalam ruangan, tetaplah senter dapat membantu lo mempermudah segala aktifitas lo. Dengan perbandingan senter berdasarkan baterai dan merk di atas, lo lebih memilih mana?

Mungkin kalau baterai lo akan mendapatkan ketahanan yang lebih lama, namun memang harus selalu untuk merawat baterai itu sendiri. Bila tidak, ada beberapa baterai yang dapat meledak. Kalau berdasarkan merk memang lebih mahal namun lo tidak harus merawat lebih. Oleh sebab itu segala keputusan ada di tangan lo yaa bro. Yang penting jangan sampai senter lo membahayakan orang lain yaa.

 


Please login to comment
6 COMMENTS
Sunaryo Widodo
March 24, 2018 at 12:18 AM

Penerangan yang wajib di bawa saat perjalanan malam


Hengky kik
March 27, 2018 at 6:59 PM

thanks min infonya


Endang P
March 28, 2018 at 8:12 AM

keren bgt


Muhammad muhlis
March 29, 2018 at 2:12 PM

Cahaya kehidupan para petualang


Muhammad muhlis
April 3, 2018 at 2:19 PM

Wajib ada bagi para pendaki


Iksanwish
July 4, 2018 at 6:14 AM

Sangat dibutuhkan dikegiatan outdoor