MAY 24, 2018

4 Hal Penting Perbedaan Snorkling (Snorkeling) dan Diving

Bro, lo sudah mengerti dan paham perbedaan di antara snorkeling dan diving? Kalau lo belum paham, simak bahasan kali ini, ya!


Menyelam termasuk salah satu olahraga alam bebas yang kini digemari banyak orang. Menyelam tidak harus di lautan, broo bisa mencoba menyelam di sungai air tawar ataupun danau yang tenang. Oleh sebab itu, ada beberapa hal penting yang perlu lo ketahui mengenai perbedaan antara snorkeling dan diving itu sendiri. 

Dulu menyelam hanya dilakukan oleh orang tertentu yang sudah berpengalaman. Baik atlet profesional, nelayan, tukang las bawah laut, atau penambang timah. Namun, kini siapa saja bisa menyelam. Bahkan bro yang tidak bisa berenang juga bisa mencoba menyelam. Pasalnya sejumlah tempat wisata kini banyak pula yang menyediakan paket menyelam dengan didampingi instruktur ahli.

Berkaitan dengan menyelam, sebenarnya menyelam bisa dibedakan menjadi 2 yaitu snorkeling (menyelam di permukaan) dan diving (menyelam di bawah permukaan). Meski sama-sama disebut menyelam, keduanya mempunyai perbedaan sebagai berikut:

Snorkeling

Snorkeling. credit photo: keywestbustour.com

Snorkeling merupakan kegiatan menyelam di permukaan air seperti melihat biota apa saja yang ada di bawahnya. Karena dilakukan di permukaan, peserta snorkeling tidak harus menggunakan tabung udara yang berfungsi untuk alat bantu pernapasan. Adapun alat bantu pernapasan yang biasa digunakan hanya berupa snorkel.

Snorkel berupa selang berbentuk seperti huruf J yang dilengkapi pelindung mulut. Snorkel berfungsi menjadi jalan udara saat bernapas melalui mulut. Dengan menggunakan snorkel broo tidak harus mengangkat kepala ke permukaan untuk bernapas. Selain snorkel, biasanya digunakan pula alat menyelam lain berupa masker selam dan alat bantu gerak berupa sirip selam atau kaki katak. Menggunakan perlengkapan snorkeling lengkap, broo dapat melihat pemandangan seperti flora dan fauna di bawah permukaan secara bebas.

Snorkeling Dari Permukaan Laut. credit photo: marlionllc.com

Aktivitas snorkeling biasa dilakukan di lautan dangkal. Karena itu, snorkeling bisa dilakukan semua orang bahkan bagi mereka yang belum bisa berenang. Bagi yang belum bisa berenang, sebagai perlindungan tambahan biasanya juga digunakan baju pelampung. Baju pelampung akan membantu penyelam snorkeling agar tetap mengapung di permukaan dan tidak tenggelam.

Sederhananya nih, bro, snorkeling adalah aktifitas menyelam dengan kedalaman 2-5 meter saja. Karena jika melebihi batas kedalaman tersebut, jelas lo memerlukan alat-alat yang lebih dari selang pernapasan atau google.

Snorkeling Dengan Ikan Besar. credit photo: littlecornbb.com

Mengingat akan hal tersebut, jadi lo juga harus memerhatikan batas wilayah spot snorkeling lo ya. Jangan sampai karena lo terlalu menikmati pemandangan bawah laut, lo malah terjun ke spot diving, yang jelas kedalamannya berbeda.

Oleh karena itu, lo juga perhatikan tentang kekuatan arus air yang ada di spot snorkeling tersebut ya. Jangan sampai karena arus air yang tetiba bisa menjadi kencang dan kuat, lo malah terbawa ke spot yang kedalamannya sudah tidak bisa untuk snorkeling.

Diving

Diving berarti menyelam di bawah permukaan air. Secara umum diving pun dibedakan menjadi 2 yaitu free diving dan scuba diving. Pada dasarnya, diving adalah kegiatan menyelam dengan tingkat kesulitan di atas dari snorkeling.

Diving. credit photo: thesmartlocal.com

Oleh karena itu, bisa dilihat dari peralatan yang digunakan untuk diving. Tidak hanya sekedar selang pernapasan dan google atau baju menyelam yang tipis, diving memerlukan tabung oksigen yang akan membantu lo bernafas di kedalaman laut.

Mengapa memerlukan tabung oksigen? Karena jelas kedalaman spot diving bisa di atas 10 meter bro, artinya, jarak 20 – 30 meter pun bisa lo lalui dengan peralatan yang lengkap, dan itu artinya lo sudah diving.

Free Diving

Free Diving. credit photo: deeperblue.com

Free diving merupakan aktivitas menyelam dengan cara menahan napas selama beberapa waktu di bawah permukaan air. Free diving dilakukan tanpa menggunakan alat bantu pernapasan dan hanya mengandalkan udara dalam paru-paru saja. Karenanya waktu menyelam cukup terbatas tergantung berapa lama broo bisa menahan napas. Free diving biasanya kerap dilakukan nelayan pencari ikan dan cukup jarang dilakukan wisatawan.

Teknik ini cukup ekstrem bro, hal ini dikarenakan lo tidak akan ditemani oleh alat-alat pendukung pernapasan. Oleh karena itu, free diving harusnya dilakukan oleh para professional yang jam terbangnya sudah tinggi dan sudah biasa menyelam tanpa alat bantu.

Scuba Diving

Scuba Diving. credit photo: aquasportsgoa.com

Scuba diving merupakan aktivitas menyelam di bawah permukaan air lengkap dengan alat bantu pernapasan. Peralatan wajib yaitu berupa tabung udara yang dibawa sendiri oleh penyelam. Karena membawa tabung udara, maka kegiatan penyelaman bisa berlangsung lama. Penyelam pun bisa beraktivitas di dalam air tanpa perlu takut susah bernapas.

Scuba diving biasa dilakukan di lautan dalam. Sehingga broo perlu pula membekali diri dengan pakaian selam agar tubuh tetap terjaga dari goresan batu karang atau benda di dalam air lainnya. Scuba diving ini tidak boleh dilakukan oleh sembarang orang. Dibutuhkan kemampuan dan pengetahuan memadai. Bila masih newbie biasanya juga membutuhkan arahan dari pendamping profesional.

Scuba diving biasanya juga dilakukan oleh para peneliti yang ingin mengeskplorasi biota-biota laut atau keadaan laut dalam sana. Oleh karena itu, scuba diving dilengkapi peralatan yang membuat lo bernapas tanpa takut kehabisan oksigen.

Scuba Diving. credit photo: aktuality.sk

Scuba diving bisa membuat lo berlama-lama di dasar laut karena peralatannya yang lengkap.

Wah bagaimana nih, bro? Apakah lo sudah jelas bagaimana perbedaan snorkeling dan diving? Jadi kalau lo tengah berpetualang ke spot-spot yang pemandangan alam bawah lautnya indah, tinggal pastikan lo mau snorkeling atau diving bro.

Oh iya, dan tetap pastikan peralatan lo berfungsi semua dan bekerja dengan baik ya. Peralatan tersebut yang akan membantu lo untuk menikmati potongan surga yang ada di bawah laut. Oke, langsung saja nih, bro!

Kibarkan semangat petualangan lo dan langsung saja snorkeling atau diving!

 


Please login to comment
2 COMMENTS
Hengky kik
May 27, 2018 at 12:16 AM

Indahnya wisata di Bumi indonesia


Hengky kik
June 3, 2018 at 4:00 PM

kereeeeen banget pastinya