Snow And Ice Climbing? Apaan Lagi Tuh?

Snow And Ice Climbing? Apaan Lagi Tuh?

Bosan dengan kegiatan yang itu-itu saja? Kamu mesti coba hal baru agar hidupmu nggak membosanakan broo. Ada banyak aksi seru yang bisa kamu lakukan dengan mencoba batas diri sendiri. Salah satunya adalah snow and ice climbing yang akan kita bahas kali ini. Sesuai dengan namanya, snow and ice climbing ini merupakan salah satu bentuk dari pendakian yang dilakukan di jalur vertikal yang tertutup oleh salju dan es. Karena faktor pentingnya salju dan es, olahraga yang cukup ekstrim ini nggak bisa dilakukan di Indonesia ya broo. Tapi di luar negeri, olahraga ini cukup populer terutama saat musim dingin. Seperti apa sih snow and ice climbing ini?

Beda alpin ice dan water ice

Snow and ice climbing dibagi lagi secara umum jadi dua jenis yaitu alpin ice dan water ice. Keduanya memiliki perbedaan letak dan juga teknisnya. Alpin ice adalah ice climbing yang biasanya dilakukan untuk menaklukkan puncan sebuah gunung broo, makanya sebutan alpin ice hanya ditujukan untuk ice climbing yang dilakukan di gunung, kadang dicampur dengan rock climbing. Sedangkan water ice adalah ice climbing yang dilakukan di aliran air yang membeku misalnya air terjun yang membeku.

Teknis tali temali dan teknik pendakian pada water ice lebih rumit dibandingkan alpin ice karena jalur yang kestabilannya lebih rawan dibandingkan jalur gunung atau tebing. Meski begitu, tingkat kesulitan teknis saat pendakian ditentukan oleh beberapa faktor broo, misalnya kepadatan es dan juga kondisi lingkungan sekitar.

Butuh peralatan khusus

Ice climbing dan rock climbing memang mirip tapi membutuhkan peralatan yang berbeda karena medannya juga sama sekali berbeda. Baik peralatan tradisional atau modern, kamu bebas memilih peralatan ice climbing sesuai dengan skill dan medan esnya. Salah satu peralatan yang nggak boleh terlewatkan adalah ice tools. Ice tools ini semacam kapak di mana fungsinya adalah untuk mencengkram es sehingga kamu bisa maju ke atas atau ke depan.

Jika ice tools berfungsi seperti cakar tanganmu, maka crampon adalah cakar untuk kedua kakimu. Crampon adalah alas kaki khusus untuk ice climbing yang berupa paku-paku runcing yang dipasangkan pada bagian bawah sepatu boots yang kamu pakai agar pijakan kaki kamu di es kuat dan nggak mudah terpeleset. Paku-paku pada crampon nggak cuma di bagian bawah sepatu tapi ada juga yang di depan sepatu. Satu paku di depan disebut dengan mono-point sedangkan kalau ada dua disebut dengan dual-point, masing-masing punya fungsi dan kelebihannya sendiri. Selain perlengkapan ini, perlengkapan proteksi juga penting seperti sekrup es, helm, pakaian hangat, sarung tangan, dan perlengkapan keamanan lainnya ketika berhadapan dengan suhu ekstrim.

Extreme Action
SHARE
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!