Butuh Asahan Pisau? Udah Tau Batu Apa yang Diperlukan?

Butuh Asahan Pisau? Udah Tau Batu Apa yang Diperlukan? Agar pisau tetap tajam dan dapat digunakan untuk memotong, maka pisau perlu rutin diasah. Adapun benda yang paling umum digunakan untuk mengasah pisau adalah batu. Namun, sebenarnya tidak semua jenis batu bisa digunakan sebagai batu asahan. Kira-kira batu apa yang diperlukan untuk mengasah pisau? Berikut diberikan beberapa diantaranya:

Batu Asah

Jenis batu yang pertama dikenal dengan nama batu asah. Batu asah ini pun konon menjadi batu yang paling gampang digunakan dan biasanya terbuat dari batu grit kasar dan halus. Namun, sebelum menggunakannya untuk mengasah pisau broo harus merendam batu asah dalam air bersih yang dingin lebih dulu. Tidak perlu merendam batu asah terlalu lama, cukup sekitar 10 menit saja. Batu asah ini pun memiliki karakteristik unik. Semakin sering batu asah broo gunakan untuk mengasah pisau, maka pada permukaan batu tempat pisau sering digosok akan terbentuk lembah atau alur.

Batu Keramik

Siapa sangka bila batu keramik juga bisa broo gunakan untuk mengasah pisau. Namun, sebelum menggunakannya broo juga harus merendam batu dalam air. Cukup rendam antara 3-5 menit saja. Batu keramik memiliki tekstur lebih keras dibanding batu asah. Hal ini berarti batu keramik dapat mempertajam pisau yang broo miliki lebih cepat. Tidak hanya itu saja. Batu keramik umumnya juga lebih awet dibanding batu asah. Hanya saja batu keramik lebih sulit digunakan.

Batu Berlian

Saat sepintas dengar batu berlian, mungkin broo akan berpikir terlalu sayang menggunakan batu berlian sekedar untuk mengasah pisau. Tunggu dulu. Perlu broo tahu bahwa batu berlian dikategorikan dalam beberapa jenis. Sebut saja mulai dari batu berlian sangat halus, halus, hingga batu berlian yang keras. Jenis batuan berlian yang keras memang memiliki tekstur amat keras dan sangat berpori. Batuan jenis ini pun sebenarnya termasuk dalam pelat logam dengan berlian kecil yang masih menempel di bagian permukaan. Bila digunakan sebagai batu asahan termasuk yang paling efektif. Batu berlian dapat mempertajam pisau dengan mudah dan cepat. Hanya saja, bila dibandingkan dengan jenis batu asahan sebelumnya batu berlian memang dibandrol dengan harga paling mahal di pasaran.

Itulah beberapa jenis batu asahan yang bisa broo gunakan untuk mengasah pisau. Tidak hanya memilih batu asahan yang tepat, tetapi cara mengasah pisau pun harus benar. Sebelum mengasah kenali sudut kemiringan pisau yang broo miliki. Posisikan pisau pada batu asahan dengan posisi atau sudut kemiringan yang pas. Setelah itu, gesekkan pisau pada permukaan batu dengan memberi sedikit tekanan. Ulangi untuk permukaan pisau yang lainnya. Bila sudah jangan lupa menguji ketajaman pisau misal untuk memotong bahan makanan, kertas, atau lainnya.

SHARE
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!