DEC 28, 2015

Lokasi Surfing Paling Terkenal di Dunia


Untuk bisa surfing salah satu faktor yang mesti mendukung yaitu ombak pantai yang besar dan tinggi. Tanpa ombak besar sekiranya cukup sulit beratraksi di atas papan surfing. Adapun beberapa pantai oleh sejumlah peselancar profesional dinilai mantap untuk kegiatan surfing. Baik pemula ataupun profesional, dijamin akan jatuh hati. Kira-kira dimana saja lokasi surfing terkenal di dunia? Berikut diberikan daftar lengkapnya:

Pantai Bundoran, Irlandia

Irlandia mempunyai titik surfing yang ciamik dan termasuk yang terindah di dunia. Adalah pantai Bundoran, pantai dengan air laut jernih dan segar. Rata-rata tinggi gelombang di pantai Bundoran yaitu 4 meter yang sekiranya menjanjikan kenikmatan surfing bagi para peselancar. Namun, dengan ukuran tinggi ombak tersebut pantai ini hanya direkomendasikan untuk peseancar profesional.

Pulau Mentawai, Indonesia

Kepulauan Mentawai termasuk dalam deretan pulau manis di Sumatera, Indonesia. Bagi para peselancar pulau Mentawai pun menjadi salah satu surga untuk surfing. Ombak pantai di pulau Mentawai terbilang konsisten. Adapun bulan Juni sampai pertengahan September menjadi waktu terbaik bagi broo yang ingin surfing di pulau Mentawai ini. Cocok untuk peselancar pemula ataupun profesional.

Superbank, Australia

Gold Coast digadang-gadang sebagai surga surfing di Australia. Pantai sepanjang 70 km ini memiliki ombak yang keren hampir di semua titik pantainya. Salah satu titik yang paling diminati yaitu Superbank, Gold Coast yang tidak lain berupa penghalang pasir yang terbentang sepanjang Kirra, Coolangatta Beach, Greenmount Headland tua, Rainbow Beach, dan Snapper Rocks Point. Penghalang raksasa tersebut menciptakan efek gelombang pantai paling panjang bahkan di dunia. Ombak yang pernah tercipta pun bisa ditunggangi sampai 2 km jauhnya. Sehingga tidak heran bila titik ini menjadi lokasi pilihan untuk surfing.

Lima, Peru

Pantai di Peru kebanyakan mempunyai ciri khas sedikit berbatu dengan perairan warna kelabu dan cenderung terlihat kusam. Karenanya tidak sedikit peselancar yang memandang sebelah mata sejumlah pantai di Peru. Namun, siapa sangka bila pantai di Peru malah menjadi spot surfing populer bahkan di dunia. Adalah pantai Lima, menyuguhkan ombak yang bervariasi. Mulai dari ombak kecil sampai besar semua ada. Kemunculan ombak di pantai Lima pun terbilang konsisten. Tidak heran bila Lima menjadi spot pilihan untuk berselancar.

Pipeline, Hawaii

Pipeline selama ini dikenal sebagai kakek dari lokasi surfing kelas dunia. Kepopulerannya sudah menggaung sejak dulu sekaligus menjadi lokasi surfing terbaik di Amerika Serikat. Pipeline memang lokasi surfing yang bagus, tetapi tidak semua peselancar diperbolehkan bermain di sini. Pasalnya ombak Pipeline mencapai 7 meter yang dirasa amat berisiko bagi pemula. Belum lagi jajaran terumbu karang bisa mengancam keselamatan. Jadi hanya peselancar profesional yang direkomendasikan berselancar di Pipeline, Hawaii.

Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!