DEC 28, 2015

Kenali Alat-Alat Diving


Diving sekiranya menjadi salah satu hobi yang menyenangkan. Namun, menyelam sebenarnya tidak sebatas hobi saja. Bagi orang-orang tertentu seperti tim SAR selam, tentara pasukan katak, atau tukang las pipa di bawah laut menyelam menjadi profesi yang membutuhkan keahlian. Memang tidak bisa sembarang orang menyelam. Untuk menyelam pun membutuhkan peralatan lengkap, diantaranya:

Regulator

Manusia bernapas dengan paru-paru. Karena itu, agar mudah bernapas di dalam air dibutuhkan alat bantu diving berupa regulator.  Regulator itu sendiri berfungsi mengalirkan udara dari mulut ketika bernapas di dalam air. Saat menggunakan alat ini broo memang diharuskan bernapas melalui mulut dan bukan hidung.

Masker

Karena terbiasa hidup di darat, maka mesti ada penyesuaian saat menyelam di dalam air. Tidak hanya alat bantu napas regulator, untuk menyelam broo juga membutuhkan masker guna melindungi mata dari air. Pasalnya mata tidak bisa melihat secara jelas di bawah permukaan tanpa menggunakan pelindung mata berupa masker.

Drysuit atau Wetsuit

Drysuit atau wetsuit merupakan pakaian wajib untuk menyelam. Penggunaannya bergantung dengan lokasi penyelaman misal warm water atau cold water. Saat menyelam di cold water, maka drysuit adalah pilihan tepat. Pakaian diving tersebut dibuat dari bahan waterproof yang dapat melindungi tubuh dari air dingin ketika menyelam. Sementara wetsuit merupakan pakaian untuk menyelam di warm water. Bahan yang digunakan pada wetsuit biasanya berlapis neoprene rubber. Bahan tersebut tidak waterproof yang masih memungkinkan air menembus.

BCD (Bouyancy Compensation Device)

BCD sejenis jaket yang bisa diisi dan dialiri udara. BCD berfungsi untuk membantu penyelam ketika akan naik ke permukaan. Tubuh penyelam bisa dengan mudah terangkat ketika BCD terisi udara dan mengembang.

Weight Belt atau Integrated Weight

Ketika seseorang berenang dan masuk ke laut, sebenarnya berat jenis tubuh manusia lebih kecil dibanding berat jenis air laut. Itulah mengapa untuk menyelam dibutuhkan pemberat. Peralatan yang dimaksud disebut weight belt yang dapat diikat pada bagian pinggang dan dibuat dari bahan logam.

Fins (Kaki Katak)

Kaki katak diperlukan untuk mempercepat gerakan ketika berenang. Semakin panjang, lebar, dan besar ukuran kaki kata, maka akan semakin cepat pula gerakan di dalam air.

Gauges

Gauges merupakan indikator seperlu mengetahui jumlah udara oksigen yang masih ada dalam tabung. Tidak hanya itu saja. Perlengkapan diving yang satu ini juga dapat menunjukkan kedalaman, tekanan udara, suhu udara, dan kompas.

Dive Computer

Dive Computer dapat digunakan seperlu mengetahui tekanan udara, suhu udara, dan kedalaman air. Alat ini pun biasanya digunakan sebagai petunjuk kemampuan atau lamanya penyelam bertahan di dalam air.

Torch (Senter)

Semakin dalam kedalaman laut yang diselami, maka akan semakin gelap. Untuk itu, dibutuhkan tourch atau senter sebagai penerang.

Tank (Tabung Udara)

Tabung udara digunakan untuk kebutuhan bernapas dalam air. Tabung berisi campuran udara yang dibutuhkan paru-paru. Ada bermacam ukuran yang bisa dipilih sesuai lama waktu penyelaman.

Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!