JAN 20, 2018

Ternyata, Beristirahat Di Hammock memiliki Banyak Manfaat, Bro!

Tempat tidur gantung atau hammock adalah gear yang harus lo punya kalau mengaku pecinta alam. Ada banyak kelebihan yang bisa kamu dapatkan dari menggunakan hammock ketimbang menggunakan sleeping bag atau kantung tidur. Hammock nggak hanya digunakan untuk keperluan tidur saat sedang menjelajah alam bebas, tetapi lo juga bisa mendekor halaman belakang rumah lo dengan hammock yang nyaman untuk tidur-tiduran sambil menikmati matahari pagi atau sore ditemani dengan segelas es teh manis dingin dan buku favorit.


Tempat tidur gantung atau hammock adalah gear yang harus lo punya kalau mengaku pecinta alam. Ada banyak kelebihan yang bisa kamu dapatkan dari menggunakan hammock ketimbang menggunakan sleeping bag atau kantung tidur. Hammock nggak hanya digunakan untuk keperluan tidur saat sedang menjelajah alam bebas, tetapi lo juga bisa mendekor halaman belakang rumah lo dengan hammock yang nyaman untuk tidur-tiduran sambil menikmati matahari pagi atau sore ditemani dengan segelas es teh manis dingin dan buku favorit. Yang pasti, tidur dengan menggunakan hammock sangat nyaman dan bisa memberikan lo kualitas tidur yang lebih baik dan bangun tidur dengan segar. Apa saja kelebihan hammock untuk tidur?

 

Melancarkan aliran darah ke otak

Ilustrasi Seorang Petualang Bersantai Di Hammock. Source

Meski belum banyak, ada beberapa penelitian yang menyatakan bahwa tidur dengan posisi leher agak terangkat sekitar 10 sampai 30 derajat adalah posisi tidur terbaik. Posisi ini lebih banyak dipraktekkan oleh masyarakat tradisional ketimbang masyarakat modern yang tidur di tempat tidur datar. Tidur dengan menggunakan tempat tidur gantung membuat kamu mendapatkan posisi sempurna ini. Posisi ini memungkinkan aliran darah ke otak menjadi lebih lancar sehingga membuat tidur menjadi lebih berkualitas. Ketika bangun tidur pun tubuh akan terasa lebih cepat segar karena otak mendapatkan asupan oksigen yang cukup.

 

Terhindar dari beberapa jenis hewan

Ketika lo memutuskan untuk bermalam di alam yang terbuka, besar kemungkinan tidur lo akan diganggu oleh beberapa hewan yang berkeliaran. Tidur dengan menggunakan hammock bisa lebih membantu lo terhindar dari hewan-hewan tersebut terutama mereka yang bergerak di daratan. Selain terhindar dari beberapa jenis hewan, tidur di hammock juga lebih nyaman apabila habis hujan dan permukaan tanah jadi becek.

Lebih mudah dibawa

Ilustrasi Hammock. Source

Pergi berpetualang di alam bebas berarti lo harus membawa barang-barang yang benar-benar diperlukan tetapi juga mempertimbangkan beban yang harus ditanggung. Hammock hanyalah berupa selembar kain dengan ujung-ujung yang dibuat sedemikian rupa sehingga bisa digantungkan di dua pohon. Membawa hammock untuk peralatan hiking atau trekking lebih ringan dan mudah dimasukkan ke dalam tas ketimbang membawa alas tidur dan kantung tidur. Dengan demikian lo bisa mengisi tasmu dengan hal yang lebih penting lagi.

 

 

Lebih cepat tidur Tidur di atas permukaan tanah hanya dengan alas tidur yang tipis bisa membuatmu kesulitan tidur. Badan akan terasa sakit karena permukaan yang keras, belum lagi rasa dingin yang menembus dari tanah. Tidur di hammock lo bisa tidur lebih cepat dan lebih nyaman. Kamu akan digantung beberapa centimeter dari tanah dengan kain yang menopang sesuai dengan bentuk tubuhmu. Kadang kamu juga akan merasa seperti diayun yang bisa membuat tubuh lo terasa lebih rileks. Hasilnya kualitas tidur akan lebih baik dan lo bisa berkonsentrasi penuh keesokan harinya.

 

 

Menyembuhkan insomnia

Gerakan mengayun pada hammock diyakini mirip dengan cara orang dewasa membuat bayi tertidur dengan cara mengayunnya. Gerakan ayunan ini membuat gelombang otak yang serupa dengan gelombang otak bayi saat ia tidur terlelap. Oleh karena itu tidur dengan hammock dipercaya merupakan kunci untuk menyembuhkan insomnia pada orang dewasa. Gelombang otak yang dihasilkan akan membuat seseorang lebih mudah untuk masuk ke alam bawah sadar, lebih dalam, dan tidur lebih lama. Lo yang memiliki masalah dengan tidur, bisa coba mengganti kasur dengan hammock untuk memperbaiki kebiasaan tidur lo.

 

Sumber

Featured Image

 


Please login to comment
2 COMMENTS
johanes pratama
February 14, 2018 at 7:06 AM

ntapss


Muhammad muhlis
April 11, 2018 at 7:34 AM

Makasih infonya yg bermanfaat