OCT 26, 2015

Air Terjun Perpas, Untuk Yang Punya Nyali Menembus Belantara Sumbawa


Sumbawa adalah salah satu pulau di Nusa Tenggara timur yang memiliki suasana alami. Perlahan tapi pasti pantai - pantai berpasir putih, hutan yang segar, dan daya tarik alamnya mulai membuat tempat ini mulai dikenal.  Kabupaten Sumbawa Barat adalah salah satu bagian dari Pulau Sumbawa yang memiliki daya tarik alam.

DSC08212

Siapa sangka kalau di dekat area pertambangan aktif ada sumber mata air yang bening dan begitu segar. Mungkin tidak akan ada yang percaya, kecuali kalian mencobanya sendiri. Tetapi benar adanya, mata air dan air terjun ini mengalir sepanjang tahun dan bahkan ditampung untuk kebutuhan air bersih warga sekitar Maluk, dan terutama untuk masyarakat yang ada di Kecamatan Sekongkang.

DSC08200

Kalau kalian bertanya tentang keberadaan Air Terjun Perpas kepada orang lokal, mungkin mereka akan mengenalnya dengan nama Air Terjun Sekongkan. Memang, itu wajar kalau beberapa orang mengenal air terjun ini dengan nama Air Terjun Sekongkang. Karena memang lokasinya yang berada di Kecamatan Sekongkang. Tetapi apalah arti sebuah nama, kalau mata air ini akan membuat kalian menemukan petualangan yang begitu bermakna.

Trekking ringan menuju air terjun perpas

Air Terjun Perpas bisa diakses dari Maluk, salah satu kecamatan di Sumbawa Barat. Dari sana, cara paling gampang adalah naik ojek menuju pintu masuk terdekat menuju air terjun yang berada di Kecamatan Sekongkan. Tidak ada petunjuk tertulis, namun jalur trekking menembus hutan sebelum sampai air terjun dimulai dari jalanan yang ada di belakang Kantor Polsek Sekongkang. Kantor Polsek Sekongkan sendiri tepat berada di jalur utama jalanan Kecamatan Sekongkang - Maluk.

Selepas jalur utama, kalian akan dihadapkan dengan jalanan tak beraspal, yang berujung pada sebuah aliran sungai. Alirannya tidak terlalu besar, dan didalamnya penuh dengan bebatuan berukuran kecil hingga sedang. Sungai ini sumber airnya juga berasal dari Air Terjun Perpas. Untuk yang bernyali lebih, kalian bisa menyusuri sungai ini hingga menemukan si air terjun. DSC08313 Flora air terjun per pas Sementara itu, jalur lainnya adalah trekking selama 30 menit menembus belantara Sumbawa yang masih dipenuhi dengan flora dan fauna yang unik.  Satu - satunya petunjuk yang mengarahkan ke air terjun adalah tulisan kecil yang terpampang pada papan kayu. "To The Waterfall" Tertulis dengan tinta yang sudah mengering pada papan itu. Kalau kalian memasuki hutan dengan petunjuk ini, berarti arahnya sudah benar.

Satu - satunya petunjuk menuju air terjun

Selanjutnya, yang menunggu adalah belantara sumbawa yang sedikit liar. Pun untuk menuju Air Terjun Perpas sendiri ternyata sudah ada petunjuk yang jelas. Terlihat jalur ini cukup sering dilewati oleh manusia karena jalan setapak terlihat dengan jelas. Terlebih lagi ada petunjuk khusus berupa cat yang berwarna pink tercoret pada pohon atau batuan. Ikuti saja petunjuk ini, niscaya pasti akan bertemu dengan air terjun. Atau, cara paling gampang, berusahalah untuk mendekati aliran sungai.

Sepanjang perjalanan trekking menuju air terjun, mungkin kalian akan terkesima. Dikiri kanan kalian akan dihibur flora yang begitu hijau dan alami, juga fauna yang unik yang tidak bisa ditemui setiap saat. Mulai dari kaki seribu loreng bercorak kekuningan hingga seekor Cicada yang suaranya menambah merdu suasana hutan tropis Sumbawa. Dengan suasana hutan yang menjenangkan, 30 menit trekking mungkin tidak akan terasa.

Flora unik air terjun perpas

Mendekati air terjun, gemericik air mulai terdengar jelas, diantara sunyinya belantara Sumbawa. Seakan ada yang menaikkan volume, suara air jatuh secara perlahan terdengar semakin kencang. Hingga akhirnya Air Terjun Perpas mulai menampakkan diri. Air terjun ini tipenya adalah air terjun bertingkat, dimana air tidak langsung jatuh dari ketinggian. Secara bertahap air terjun melewati beberapa tingkatan hingga sampai pada bagian paling bawah. Yang menarik adalah pada bagian tengahnya, ada kolam alami yang lumayan besar berukuran sekitar 4x3 meter yang menampung aliran air terjun.

Menyeberangi sungai, menuju awal trekking masuk hutan

Lansekap Air terjun Perpas ini cukup unik nan menantang. Selain kolam air alami tadi cukup dalam, ditepinya ada beberapa batu yang menjulang tinggi. Ada yang tingginya cuma 2 meter, ada pula yang tingginya hampir 6 atau 7 meter. Siapapun yang dengan tantangan dan adrenalin yang terpacu kencang, pasti akan mencoba melompat dari atas batu tadi. Coba dulu meloncat dari batu yang pertama, baru loncat dari batu yang tingginya hampir 7 meter. Rasakan keseruannya!

DSC08221

Alternatifnya, bebatuan yang ada disekitar air terjun cukup menyenangkan untuk sekedar bersantai untuk relaksasi. Mungkin menenangkan diri sejenak setelah adrenalin terpacu, atau memang karena ingin melepas lelah. Tetapi ingat, simpan sisa tenaga kalian untuk pulang. Karena, masih ada trekking ringan setengah jam menuju arah pulang, menembus eloknya hutan Belantara Sumbawa yang tiada duanya!

DSC08233


Please login to comment
1 COMMENTS
Yayan Yuliansyah
January 19, 2018 at 8:54 AM

cakep gan !!!