DEC 15, 2017


Ini Hal Yang Harus Lo Tahu Dari Kompas

Alat navigasi yang satu ini adalah salah satu hal wajib yang lo bawa saat berpetualang di alam terbuka. Selain dituntut untuk berani, namun petualang juga harus peka terhadap bahaya yang mengincar di setiap perjalanan. Membawa kompas saat berpetualang merupakan hal yang cukup tepat karena fungsinya yang dapat membantu kita mencari arah. 


Kompas merupakan salah satu alat untuk menunjukan arah. Hal ini diketahui karena sifat magnet kompas akan selalu menunjuk ke arah utara-selatan. Walaupun memang utara yang dimaksud disini bukan arah utara sebenarnya, melainkan arah utara magnetis.

Selain GPS, kompas merupakan salah satu alat yang kerap digunakan oleh orang yang gemar berkemah ataupun melakukan aktivitas alam liar atau adventure. Karena memiliki sifat ini, sebagai orang yang selalu mencari tantangan, lo wajib tahu beberapa hal tentang kompas ini.

Kompas Bidik

Ilustrasi kompas bidik. Source

Untuk navigasi darat, umumnya kompas yang digunakan adalah kompas bidik, seperti kompas prisma dan kompas orienteering, seperti kompas silva, suunto dan lainnya. Untuk membidik suatu titik, biasanya kompas bidik akan jauh lebih akurat ketimbang kompas silva.

Kompas Orientering

Secara umum, kompas terbaik merupakan kompas yang jarumnya bisa menunjukkan arah utara secara konsisten dan tidak bergoyang-goyang dalam waktu lama. Selain itu, lo pun harus memperhatikan bahan dari badan kompas itu sendiri.

Ilustrasi kompas orienteering. Source

Selain itu lo juga harus memilih kompas dengan bahan yang tahan banting, dan selalu konsisten menunjukan arah utara dan selatan.

Fungsi dan Kegunaan Kompas

Seperti disebutkan di atas, cara kerja kompas selalu berdasarkan medan magnet. Terkait dengan cara kerjanya di atas, berikut merupakan beberapa fungsi kompas; Mencari arah utara magnetis, mengukur besarnya sudut kompas, mengukur besarnya sudut peta, menentukan letak orientasi.

Hal yang Mempengaruhi Kinerja Kompas

Ilustrasi penggunaan kompas. Source

Karena cara kerja kompas selalu berdasarkan medan magnet, sudah tentu kompas sangat rentan dengan hal-hal yang berhubungan dengan medan magnetis. Maka dari itu agar tetap maksimal, lo wajib menjauhkan kompas dari benda-benda yang mengandung logam dan bersifat magentis, seperti besi dan lainnya.

Selain itu, perlu diketahui jika lokasi magnet di Kutub Utara sendiri dikabarkan selalu bergeser dari waktu ke waktu. Berdasarkan penelitian terbaru oleh The Geological Survey of Canada, saat ini posisi magnet sudah bergerak sekitar 40 KM per tahun ke arah barat laut.

Hal inilah yang membuat Lo wajib mempelajari tentang navigasi berdasarkan arah mata angin. Hal ini penting dilakukan untuk membaca arah yang ditunjukan kompas secara akurat. Sama seperti pedang di tangan, nggak akan pernah berfungsi maksimal kalau berada di tangan pemanah atau koki masak.

Featured Image

Sumber

Please login to comment
7 COMMENTS
paulus indra
January 9, 2018 at 8:15 AM

jadi tau


yogo purwanto
January 9, 2018 at 8:16 AM

pelajaran yg bagus


Juang Pratama
January 10, 2018 at 11:02 AM

nice info


paulus indra
January 12, 2018 at 8:40 AM

jd tau kompas


Bambang S
January 12, 2018 at 8:42 AM

bagus


paulus indra
January 16, 2018 at 9:39 AM

nambha pintar


Endang P
January 18, 2018 at 9:27 AM

good