DEC 25, 2017


Ini Safety Gear Yang Harus Lo Siapkan Sebelum Parkour

Parkour, masuk ke dalam kategori urban sport yang bisa dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja. Parkour pun juga termasuk olah raga yang sangat berisiko bila tak dilengkapi dengan safety gear yang mumpuni. So, sebelum melakukan aksi parkour lebih baik lengkapi diri lo dengan perlengkapan yang memadai.


Belakangan ini pelaku olahraga Parkour terus berkembang di Indonesia. Olahraga yang ditemukan pertama kali oleh David Belle ini dikenal juga sebagai permainan ketangkasan sederhana, dengan alat sederhana sebagai penunjangnya, dan bisa dilakukan dimana saja.

 

Walaupun begitu, Parkour termasuk olahraga yang sangat berisiko, bro. Bahkan dalam setiap trik yang kalian lakukan, tersembunyi bahaya yang bisa saja menimbulkan cidera, baik ringan hingga parah. Untuk itu, melengkapi diri dengan safety gear merupakan hal yang harus kalian lakukan.

Ilustrasi gerakan parkour. Source

Sebelum kalian melompat-lompat dan mempertontonkan trik yang dimiliki, mendingan simak dulu yuk beberapa gear wajib yang harus dimiliki para pencinta olahraga Parkour.

 

Pakaian

Pakaian merupakan modal utama untuk melakukan trik yang maksimal. Parkour membutuhkan ketangkasan, dan gerakan yang lugas. Sebagai pendukung, kalian harus menggunakan baju dan celana yang memudahkan kalian untuk bebas bergerak.

 

Mengenai pakaian yang harus dikenakan, tidak ada aturan khusus untuk itu. Selama itu, bisa membuat kalian nyaman dan bebas bergerak, maka pakailah.

 

Sepatu Parkour

Mengingat gerakan yang kalian lakukan bertumpu kepada kaki dan kekuatan tangan, mau tidak mau sepatu merupakan gear wajib yang harus dimiliki. Untuk menunjang setiap lompatan yang kalian lakukan, carilah model sepatu dengan bahan yang super tingan.

Sepatu untuk parkour wajib memiliki cengkraman yang kuat. Source

Selain itu, Sepatu Parkour pun wajib memiliki grip atau cengkraman yang kuat, bisa meredam getaran dengan sangat baik, luwes dan nyaman digunakan. Sama seperti pakaian, model sepatu parkour ini tidak ditentukan secara khusus tapi kalian lah yang harus memilihnya sendiri.

 

Sarung tangan

Sebenarnya ini nggak terlalu wajib sih. Cuma nggak mungkin kan kalian bergelantungan dari satu tiang ke tiang lainnya dengan tangan telanjang. Belum lagi telapak tangan yang selama ber-Parkour, akan menjadi tumpuan utama tubuh, penjaga keseimbangan dan sejumlah fungsi vital lainnya.

Ilustrasi sarung tangan parkour. Source

Agar lebih maksimal, kalian bisa menggunakan sarung tangan kulit dengan bantalan yang terbuat dari karet. Selain memiliki daya cengkram yang baik, bahan ini pun cukup kuat untuk mendukung aktivitas kalian yang cukup berat. Tapi ingat, sesuaikan sarung tangan dengan medan yang akan dihadapi.

 

Cukup sederhana bukan? Parkour itu merupakan olahraga yang bisa dilakukan dimana saja, dan gear-nya pun bisa kalian pilih sesuai selera. So, udah siap untuk ber-Parkour ria?

 

Featured Image

Sumber

Please login to comment
9 COMMENTS
Dimas Ayah
January 3, 2018 at 9:23 AM

nice info


Juang Pratama
January 5, 2018 at 7:05 PM

good article


paulus indra
January 9, 2018 at 8:14 AM

mantap


yogo purwanto
January 9, 2018 at 8:16 AM

keren juga alat ya


Yayan Yuliansyah
January 12, 2018 at 8:23 AM

excited


Endang P
January 15, 2018 at 8:59 AM

sip


Endang P
January 16, 2018 at 9:35 AM

good


paulus indra
January 20, 2018 at 9:57 PM

Ok


Adi Chandra
January 21, 2018 at 4:30 PM

good