MAR 30, 2018

Beberapa Pilihan Safety Gear Yang Harus Lo Siapkan Sebelum Parkour Bro!

Parkour, masuk ke dalam kategori urban sport yang bisa dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja. Parkour pun juga termasuk olah raga yang sangat berisiko bila tak dilengkapi dengan safety gear yang mumpuni. So, sebelum melakukan aksi parkour lebih baik lengkapi diri lo dengan perlengkapan yang memadai.


Belakangan ini pelaku olahraga Parkour terus berkembang di Indonesia. Olahraga yang ditemukan pertama kali oleh David Belle ini dikenal juga sebagai permainan ketangkasan sederhana, dengan alat sederhana sebagai penunjangnya, dan bisa dilakukan dimana saja. Olahraga ekstrim satu ini memang memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi sebenarnya. Dikarenakan oleh perlunya tingkat ketangkasan yang tinggi pula. Oleh sebab itu pula, olahraga ini memiliki lumayan banyak penggemarnya di Indonesia. 

Walaupun begitu, Parkour termasuk olahraga yang sangat berisiko, bro. Bahkan dalam setiap trik yang kalian lakukan, tersembunyi bahaya yang bisa saja menimbulkan cidera, baik ringan hingga parah. Untuk itu, melengkapi diri dengan safety gear merupakan hal yang harus kalian lakukan. Dan yang menjadi keuntungan lo dalam bermain olahraga ekstrim ini ialah tidak dibutuhkannya sebuah peralatan yang memiliki harga yang mahal. Hanya memerlukan beberapa barang yang sederhana namun memiilki dampak yang sangat berpengaruh terhadap berlangsungnya olahraga ini. 

Ilustrasi gerakan parkour. Source

Sehingga barang-barang yang lo butuhkan tersebut harus senyaman mungkin untuk digunakan, karena memang efisiensi merupakan sebuah kunci di dalam olahraga ini. Karena lo butuh sebuah pergerakan yang leluasa, karena lo akan melompat, bergelantung dan lainnya. Itu juga menjadi salah satu alasan mengapa barang yang lo butuhkan tersebut tidak terlalu banyak bro. Mungkin bisa dihitung dengan jari. Dan yang paling terpenting ialah jangan lupa melakukan pemanasan terlebih dahulu, agar semua otot-otot  yang ada di tubuh lo tersebut tidak kaget apabila diajak untuk berlompat-lompat. 

Sebelum kalian melompat-lompat dan mempertontonkan trik yang dimiliki, mendingan simak dulu yuk beberapa gear wajib yang harus dimiliki para pencinta olahraga Parkour.

Pakaian

Ilustrasi Olahraga Parkour. Credit: ed-pk.com

Pakaian merupakan modal utama untuk melakukan trik yang maksimal. Parkour membutuhkan ketangkasan, dan gerakan yang lugas. Sebagai pendukung, kalian harus menggunakan baju dan celana yang memudahkan kalian untuk bebas bergerak. Menggunakan pakaian juga akan menambah kenyamanan lo dalam melakukan beberapa atraksi. serta dengan menggunakan pakaian alias tidak telanjang dada, juga akan mengurangi kemungkinan badan lo akan terluka atau terbeset-beset akibat bermain olahraga ini.

Mengenai pakaian yang harus dikenakan, tidak ada aturan khusus untuk itu. Selama itu, bisa membuat kalian nyaman dan bebas bergerak, maka pakailah.

Sepatu Parkour

Mengingat gerakan yang kalian lakukan bertumpu kepada kaki dan kekuatan tangan, mau tidak mau sepatu merupakan gear wajib yang harus dimiliki. Untuk menunjang setiap lompatan yang kalian lakukan, carilah model sepatu dengan bahan yang super ringan. Sepatu juga berguna sebagai sebuah penopang untuk badan lo bro. Karena apabila lo tidak menggunakan sepatu yang memang biasa digunakan untuk olahraga, bisa dibayangkan kemungkinan lo untuk tergelincir pun sangatlah besar. Dan perlu diperhatikan untuk kondisi mata kaki lo bro, menggunakan sepatu juga akan mengurangi kemungkinan lo cedera pada bagian tersebut. 

Sepatu untuk parkour wajib memiliki cengkraman yang kuat. Credit: amazon.com

Selain itu, Sepatu Parkour pun wajib memiliki grip atau cengkraman yang kuat, bisa meredam getaran dengan sangat baik, luwes dan nyaman digunakan. Sama seperti pakaian, model sepatu parkour ini tidak ditentukan secara khusus tapi kalian lah yang harus memilihnya sendiri. Mungkin untuk mudahnya pilihlah sepatu yang biasa digunakan untuk lari atau jogging. Selain ringan, sepatu jenis tersebut juga memiliki cengkraman yang cukup kuat serta yang paling penting ialah nyaman untuk digunakan.

Sarung tangan

Sebenarnya ini nggak terlalu wajib sih. Cuma nggak mungkin kan kalian bergelantungan dari satu tiang ke tiang lainnya dengan tangan telanjang. Belum lagi telapak tangan yang selama ber-Parkour, akan menjadi tumpuan utama tubuh, penjaga keseimbangan dan sejumlah fungsi vital lainnya. Selain itu menggunakan sarung tangan juga bisa menjadi salah satu hal yang dapat mengurangi lo untuk mudah lepas dari genggaman lo. Karena dari faktor keringat yang berlebihan dapat membuat tangan lo jauh lebih licin. 

Jadi menggunakan sarung tangan itu sendiri merupakan hal yang bisa menjadi topangan lo dalam melakukan atraksi parkour. Sarung tangan pun sangat mudah untuk lo dapatkan. Sehingga lo tidak akan mendapatkan kesulitan untuk mencari sarung tangan. Memang tidak adanya sebuah aturan yang mengatakan bahwa untuk melakukan olahraga parkour ini memerlukan sarung tangan khusus yang memang dirancang untuk olahraga ekstrim ini sendiri. 

Ilustrasi sarung tangan parkour. Source

Agar lebih maksimal, kalian bisa menggunakan sarung tangan kulit dengan bantalan yang terbuat dari karet. Selain memiliki daya cengkram yang baik, bahan ini pun cukup kuat untuk mendukung aktivitas kalian yang cukup berat. Tapi ingat, sesuaikan sarung tangan dengan medan yang akan dihadapi. Karena dari medan yang berbeda, tentunya bahan sarung tangan lo harus yang sesuai. Misalkan saja, jika lo ingin bermain di area perkotaan, tentunya sarung tangan kulit tersebut bisa menjadi salah satu gear yang cocok. 

Cukup sederhana bukan? Parkour itu merupakan olahraga yang bisa dilakukan dimana saja, dan gear-nya pun bisa kalian pilih sesuai selera. So, udah siap untuk ber-Parkour ria?

Jadi bagaimana bro dengan informasi mengenai beberapa alat yang lo perlukan untuk bermain parkour di atas? Semoga bisa menjadi panduan yang dapat berguna pada saat lo ingin menggeluti jenis olahraga ini. Namun perlu diingat untuk lo yang masih pemula, diharapkan untuk memulainya dari yang paling dasar bro, karena keselamatan lo merupakan hal yang sangat diutamakan. Selamat beraktifitas dan silahakn mencoba yaa bro!

 

Featured Image

Sumber


Please login to comment
21 COMMENTS
Dimas Ombai
January 3, 2018 at 9:23 AM

nice info


Juang Pratama
January 5, 2018 at 7:05 PM

good article


paulus indra
January 9, 2018 at 8:14 AM

mantap


yogo purwanto
January 9, 2018 at 8:16 AM

keren juga alat ya


Yayan Yuliansyah
January 12, 2018 at 8:23 AM

excited


Endang P
January 15, 2018 at 8:59 AM

sip


Endang P
January 16, 2018 at 9:35 AM

good


paulus indra
January 20, 2018 at 9:57 PM

Ok


Adi Chandra
January 21, 2018 at 4:30 PM

good


Bambang S
January 22, 2018 at 8:49 AM

mantap


yogo purwanto
January 22, 2018 at 8:49 AM

ok


paulus indra
January 22, 2018 at 8:58 AM

sip


yogo purwanto
January 24, 2018 at 9:10 AM

ok


yogo purwanto
January 25, 2018 at 9:29 AM

sepatu jg khusus ya


Bambang S
January 27, 2018 at 10:40 PM

Keren


Rachmat Megaputra
February 1, 2018 at 5:45 AM

Seru


Endang P
February 3, 2018 at 7:34 PM

Ok


paulus indra
February 4, 2018 at 12:07 PM

Keren


johanes pratama
February 12, 2018 at 4:12 AM

lets parkour


Hengky kik
June 15, 2018 at 3:03 AM

terima kasih sudah berbagi ilmu


hengky tri kurniawan
June 18, 2018 at 12:14 AM

info yang menarik