JAN 11, 2018


Liburan Di Bali Bukan Hanya Tentang Pantai, Terasering Sawah Bisa Menjadi Sangat Indah

Bali memang selalu menjadi destinasi utama bagi para petualang mancanegara karena keindahan pantainya. Namun, terasering sawah bisa menjadi sangat indah dan memikat para petualan mancanegara.


Bali memang memiliki keindahan alam yang sangat indahdan tidak pernah gagal untuk memberikan petualangan yang berkesan. Oleh karena hal tersebut, tidak heran apabila banyak sekali orang-orang berpetualang atau liburan di Bali. Tak bisa dipungkiri, apabila mendengar kata "Bali", pikiran langsung terarah pada pantai, olahraga air, atau sunset. Namun, ternyata keindahan terasering di Bali cukup memikat para petualang.

Pemandangan Terasering Jatiluwuh. Source

Pulau Bali sendiri memilki banyak sekali area persawahan, namun tidak semua daera di Bali memiliki sawah terasering. Lo bisa menjajak sawah terasering yang sangat indah di beberapa daerah seperti Pupuan Tabanan, Antosari (pantai Soka), Busung Biu Buleleng, Tirta Gangga Karangasem hinggaTegalalang Ubud. Namun, Jatiluwih memiliki keindahan yang berbeda.

Di Jatiluwih Penebel Tabanan lo bisa menyewa mobil jeep agar dapat leluasa berkeliling, naun spot ini akan menyuguhkan sensasi petualangan di tengah liburan lo di Bali. Jatiluwih merupakan destinasi favorit para petualang mancanengara dengan sawah terasering yang terletak di kaki gunung. Salah satu spot cantik yang ada di Bali ni memiliki nama Jati dan Luwih. Jati memiliki arti "sangat" dan luwih memiliki arti "spesial", "Bagus", atau "cantik". 

Ilustrasi Terasering Jailuwih Dari Atas. Source

Dengan hamparan sawah yang tertanam padi lokal yang relatif tinggi menjadi padi unggulan di banding padi lainnya. Di samping itu, Jatiluwih terkenal akan sistem pertanian organik karena letaknya di dataran tinggi Gunungn Watukaru yang memiliki iklim cocok untuk mengembangkan pertanian.

Selain terasering sawahnya, Jatiluwih  juga memiliki tarian upacara keagamaa yang unik. Tarian tersebut seringkali dikenal dengan nama Patirtaan di Candi Petali yangang di adakan pada setiap rabu kliwon ugu (berdasarkan kalender Bali). Penduduk setempat percaya bahwa Candi Petali merupakan pusat pemujaan The Hyang Widhi Wasa (Tuhan) sebagai kekuatan pertanian.

Selain Candi Petali, ada juga Pura Pucak Rsi yang berada di daerah ini. Sebagai objek wisata, Jatiluwih menyediakan fasilitas umum seperti tempat parkir, toilet, tempat tidur bertingkat dan Wantilan bagi petualang yang sedang menikmati panorama yang indah. Beberapa restoran telah dibangun untuk menyajikan makanan dan minuman yang akan memanjakan lidah para petualang.

Dari Jatiluwih lo juga bisa mengunjungi pemandian air panas Angsri yang langsung dari mata air panas. dengan jarak yang sangat dekat dari Jatiluwih, pemandian ini bisa menjadi salah sau tempat peristirahatan lo. Untuk perjalanan ke daerah ini juga tidak membosankan, karena menyusuri sungai yang indah sepanjang, jalan di mana hamparan sawah terbentang luas, dan pepohonan rindang yang berjejer sampai ke Jatiluwih.

Sayang banget spot yang satu ini lo lewatkan saat berkunjung ke Pulau Dewata. Jatiluwih juga bisa memberi lo sensasi berbeda dalam liburan lo ke Bali. Penasaran? Masukkan spot ini ke dalam bucketlist lo, bro!

 

Featured Image

Sumber

Please login to comment
6 COMMENTS
Bakti Satria
January 12, 2018 at 7:51 AM

informatif


Dimas Ayah
January 12, 2018 at 7:58 AM

menarik sekali


Endang P
January 12, 2018 at 8:36 AM

selalu pengen ksesini lg


Bambang S
January 12, 2018 at 8:42 AM

bali keren


Juang Pratama
January 14, 2018 at 11:54 AM

Good article


Sukma Muhammad Rizqi Salsabilla
January 15, 2018 at 6:52 PM

Wooowww