JAN 11, 2018


Ke Pulau Komodo? Perhatikan Hal-Hal Ini Apabila Tidak Ingin Celaka

Pulau Komodo merupakan salah satu habitat asli bagi hewan purba. Sebelum  ke Pulau Komodo, lo wajib memperhatikan hal-hal ini, bro!


Indonesia menyimpan banya sekali kekayaan alam, mulai dari pantian, gunung, sejarah, hingga fauna dan floranya. Namun di Labuan Bajo, Flore, Nusa Tenggara Timur, terdapat satu pulau yang menjadi habitat asli binatang purba, Pulau tersebut bernama Pulau Komodo.

Terletak di Taman Nasional Pulau Komodo, menjadi perpaduan sempurna untuk berpetualang dan mengamati komodo. Perlu diingat bahwa komodo merupakan binatang purba yang berjenis karnivora, tentunya makanan binatang ini adalah daging. Sebelum menjelajahi pulau komodo, ada baiknya mengetahui beberapa hal ini (dilansir dari detik travel).

Komodo kecil biasanya tinggal di atas pohon

Komodo adalah hewan melata sejenis kadal yang senang tinggal di atas pohon. Namun semakin besar tubuh naga purba ini, semakin sulit juga untuk memanjat pohon. Namun, komodo yang masih berukuran kecil gemar sekali untuk memanjat keatas pohon. Bukan hanya karena berbadan kecil, namun juga sebagai tindakan untuk menyelamatkan diri dari predator lainnya, yaitu komodo jantan.

Hingga tubuhnya cukup besar dan dapat bertahan hidup sendiri, mereka akan tinggal dari atas pohon. Oleh karena itu, ranger taman nasional Pulau Komodo biasanya mengetahui pohon mana yang menjadi rumah bagi komodo kecil.

Menjauh dari Komodo Yang Sedang Bertelur

Hewan biasanya akan lebh galak dan protektif apabila sedang bertelur. hal tersebut berlaku juga bagi komodo betina. Komodo memiliki sarang dan akan berjuang mati-matian untuk melindungi telur-telurnya. Karena banyak predator dan monyet yang mengincar ptelur sang naga. 

Pulau KomodoIlustrsi Komodo. Source

Oleh karena itu, para pranger pulau ini biasanya akan bersiaga apabila treknya melewati sarang komodo. Para komodo betina bisa merasakan kehadiran makhluk dari kejauhan dan siap menyerang apabila makhluk tersebut di anggap berbahaya bagi telurnya.

Tidak ada komodo yang jinak

Mungkin lo akan melihat komodo yang berada di area dapur umum pengelola taman nasional. Komodo ini biasanya akan mengambil makanan yang disajikan para koki. Mungkin terlihat seperti jinak, namun kenyataanya tidak ada komodo yang jinak. Kalaupun mereka diam bukan berarti tidak berbahaya. Mungkin lo bisa mengambil foto bersama komodo, namun jangan sampai lo lengah dan keluar dari pengawasan ranger karena lo bisa saja menjadi makanan lezarbagi komodo.

 Pemandangan berbeda di dua musim

Indonesia memiliki 2 musim yang berbeda, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Saat musim kemarau, padang rumput di pulau ini akan berwarna kuning kecoklatan, namun pada musim hujan seluruh pulau ini akan berwarna hijau. Meskipun berbeda, pemandangan in idi suguhkan untuk petualangan dan sangat indah.

Komodo bisa ada dimana saja

Komodo Sedang Berada Di Area Perumahan Warga. Source

Hati-hati menjadi kata yang tepat saat menjelajahi pulau komodo. Karena komodo bisa ada dimana-mana. Meskipun setlah trekkng, lo masih bisa bertemu dengan komodo. Atau saat lo keluar kamar mandi namun bertemu komodo di depan pintu kamar mandi, jangan panik. Pergi saja dengan tenang, Jangan sampai panik dan kabur arena mungkin komodo itu akan mengejar lo.

Semoga bermanfaat!

 

 

Featured Image

Sumber 

 

Please login to comment
6 COMMENTS
Sukma Muhammad Rizqi Salsabilla
January 12, 2018 at 9:50 PM

The dragon.


Dimas Ayah
January 13, 2018 at 9:07 AM

hhm very exciting


Agung Kristiono
January 14, 2018 at 7:37 AM

Good


paulus indra
January 14, 2018 at 9:35 AM

Nice info


Agung Kristiono
January 18, 2018 at 8:50 AM

hrs tau nih


paulus indra
January 18, 2018 at 9:28 AM

good



LOCATION