JAN 10, 2018

Menjelajahi Magisnya Danau Kelimutu

Danau yang berlokasi di puncak Gunung Kelimutu ini terdiri dari 3 buah danau dan tiap danaunya memiliki nama, warna air dan arti yang berbeda. Selain mempesona, danau-danau tersebut lekat dengan unsur mistis karena warga setempat mempercayai semua danau tersebut merupakan lokasi bersemayamnya roh-roh nenek moyang yang memiliki kekuatan sangat besar.


Satu lagi lokasi di negeri kita yang wajib dikunjungi oleh Anda yang mengaku petualang sejati, Danau Kelimutu.

Danau yang letaknya paling barat, Danau Tiwu Ata Mbupu, memiliki arti danau jiwa manusia yang sudah meninggal. Danau yang letaknya di tengah, Danau Tiwu Nuwa Muri Koo Fai, memiliki arti danau yang diperuntukkan untuk jiwa muda yang meninggal. Dan dau yang letaknya paling timur, Danau Tiwu Ata Polo, memiliki arti danau yang diperuntukkan untuk jiwa manusia yang selalu melakukan kejahatan selama hidupnya.

Ketiga danau tersebut selalu berubah-ubah warna airnya dan tidak bisa diprediksi. Terkadang bisa hijau, biru dan hitam dan terkadang juga berwarna putih, biru dan merah. Secara ilmiah, penyebab perubahan warna tersebut disebabkan oleh faktor kandungan mineral, batu-batuan dan lumut yang ada di dalam kawah dan juga terpengaruh oleh cahaya matahari. Beberapa ilmuwan meyakini bahwa Danau Kelimutu terbentuk dari erupsi gunung vulkanik yang terjadi pada zaman purba.

Potret keindahan Kelimutu dari ketinggian. Source

Gunung Kelimutu yang berdiri dengan gagah di Desa Koanara, Kecamatan Wolori ini berjarak 83 km dari kota Maumere dan 66 km dari kota Ende. Kota terdekat yang berlokasi di kaki Gunung Kelimutu adalah kota Moni. Di kota inilah para petualang yang ingin mendaki gunung dan mengunjungi Danau Kelimutu masuk. Di kota ini ada basecamp, tempat para petualang memulai petualangan mereka menuju Danau Kelimutu yang mempesona.

Perjalanan menuju Gunung Kelimutu bisa dimulai dari kota Kupang atau Denpasar. Dari kedua kota tersebut tersedia banyak penerbangan yang melayani rute menuju Maumere setiap harinya. Dari Maumere, perjalanan dilanjutkan dengan naik bus jurusan Ende yang bisa disebut penduduk setempat, oto kol atau bis kayu.

Ilustrasi pemandangan Danau Kelimutu dari dekat. Source

Setibanya di Ende, para petualang bisa menyewa ojek, mobil atau transportasi lain untuk menuju ke area parkir kawasan Gunung Kelimutu. Dari area parkir ini para petualang harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan sejauh 15 km untuk menuju ke lokasi Danau Kelimutu. Tidak perlu takut bosan selama perjalanan karena panorama alam yang indah bisa Anda saksikan sepanjang perjalanan menuju danau.

Featured Image

Sumber


Please login to comment
8 COMMENTS
Bakti Satria
January 12, 2018 at 7:51 AM

informatif


Dimas Ombai
January 12, 2018 at 7:58 AM

menarik sekali


Juang Pratama
January 12, 2018 at 8:09 AM

keren


Endang P
January 12, 2018 at 8:38 AM

good


Endang P
January 13, 2018 at 3:12 PM

Keren


paulus indra
January 13, 2018 at 3:27 PM

Cantik


Agung Kristiono
January 14, 2018 at 7:35 AM

Indah y


Endang P
January 21, 2018 at 7:54 AM

Pesona y indah