JAN 10, 2018


5 Spot Panjat Tebing Menantang di Pulau Jawa

Panjat tebing merupakan salah satu olah raga ekstrem yang membutuhkan mental dan fisik yang tangguh. Untuk menjajal ketangguhan tersebut pastinya dibutuhkan wahana untuk menyalurkan, yaitu tebing. Lima tebing yang disebutkan di bawah ini, wajib lo kunjungi supaya ketangguhan lo bisa tersalur.


 

Gunung Parang

Lokasi panjat tebing yang seru dan menantang di Pulau Jawa selanjutnya ada di Purwakarta, Jawa Barat, bernama Gunung Parang. Walaupun namanya gunung, tapi sebenarnya Gunung Parang merupakan tebing yang menjulang cukup tinggi.

Dengan tinggi yang mendapat 986 mdpl, tebing ini konon merupakan nomor 2 tertinggi di Benua Asia. Gunung Parang tidak cuma sangat tinggi, tapi juga sangat sangat menantang karena tebingnya berdiri nyaris tegak lurus sehingga cuma lo yang sudah berpengalaman saja yang sebaiknya menjajal Gunung Parang.

Panjat tebing Gunung Parang, Purwakarta-Jawa Barat. Source

Karena sulit, para pemula sebaiknya mematangkan dulu skillnya sebelum menjajal untuk menaklukkan Gunung Parang. Akan sangat berisiko jika lo yang masih pemula menjajal tebing ini. Tidak cuma berisiko, kemungkinan para pemula bisa melewati rintangan di Gunung Parang juga cukup kecil.

Kamu yang berpengalaman pasti sudah lebih tahu bagaimana cara dan tehnik yang harus mereka lakukan untuk menaklukkan tebing tinggi dengan kondisi permukaan tebing yang tegak lurus.

 

Pantai Siung

Salah satu pantai cantik di Gunung Kidul, Yogyakarta, ini juga memiliki tebing yang seru dan menantang. Karena terletak di pinggir pantai yang indah, pemanjat tebing tidak cuma bisa merasakan serunya menaklukkan tebing karang tapi juga bisa sekaligus menyaksikan pemandangan pantai yang mempesona.

Panjat Tebing di Pantai Siung. Source

Di tebing yang ada di Pantai Siung kamu bisa menyaksikan banyak sekali jalur panjat yang jumlahnya cuku fantastis, konon mencapai 250 jalur panjat. Dari jalur panjat yang jumlahnya ratusan tersebut, ada jalur yang khusus dipakai oleh mereka yang sudah berpengalaman dan ada juga jalur khusus para pemula.

Dari pusat kota Yogyakarta, Pantai Siung berjarak sekitar 70 km dan bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor, baik roda maupun roda empat.

 

Sawarna

Tidak cuma deretan pantai yang cantik dan gua alam yang dihuni oleh ratusan kelelawar, Sawarna juga punya tebing yang sangat menantang untuk dipanjat dan ditaklukkan. Tebing-tebing yang ada di tepi pantai di Sawarna ini cukup tinggi dan menggoda untuk ditaklukkan.

Di sini, para pemanjat akan menjumpai beberapa titik awal pemanjatan dan salah satunya berlokasi cukup dekat dengan Gua Langir, gua yang juga menjadi daya tarik para petualang di Sawarna. Jalur pemanjatan ini dibuat oleh para pemanjat dan sekarang menjadi salah satu jalur yang paling populer dan banyak disukai.

Sama dengan yang bisa lo rasakan di Pantai Siung, sembari memanjat tebing yang menantang, kamu juga bisa menikmati keindahan pantai-pantai cantik yang ada di Desa Sawarna. Belum banyak memang yang berminat melakukan panjat tebing tapi justru di situlah serunya karena kamu bisa merasa bangga jika sudah pernah menaklukkan tebing yang di Desa Sawarna.

 

Tebing Cikidang

Lokasi panjat tebing terakhir yang seru dan menantang di Pulau Jawa yang bisa melengkapi pengalaman panjat tebingmu adalah Tebing Cikidang yang lokasinya berada di bagian barat Bandung, Jawa Barat.

Ilustrasi panjat tebing di tebing Cikidang. Source

Bandung ternyata tidak cuma punya factory outlet dan berbagai kuliner lezat, tapi juga memiliki satu lokasi yang menantang dan wajib dijajal oleh kamu yang hobi menaklukkan tebing batu yang menjulang dengan tinggi bernama Tebing Cikidang. Tebing Cikidang yang sering disebut juga dengan Gunugn Batu ini memiliki tinggi sekitar 4 meter dengan tipe batuan andesit. Di sini ada beberapa jalur panjat yang bisa kamu pilih dengan tingkat kesulitan yang bervariasi.

Tidak cuma mereka yang berpengalaman, para pemula juga diperbolehkan memanjat tebing Cikidang, tapi ingat harus memilih jalur yang sesuai dengan kemampuan.

Featured Image

Sumber

Please login to comment
7 COMMENTS
Dina Apriana
January 12, 2018 at 8:13 AM

wah, keren banget !!!


Agung Kristiono
January 12, 2018 at 8:15 AM

patut dicoba


Bakti Satria
January 14, 2018 at 8:03 PM

Keren om


Endang P
January 15, 2018 at 8:59 AM

mantap


yogo purwanto
January 15, 2018 at 9:03 AM

hrs cb


Agung Kristiono
January 17, 2018 at 8:02 AM

patut di coba


Dina Apriana
January 20, 2018 at 8:41 PM

ih, pengen