JAN 10, 2018


Ternyata Seni Menaklukkan Rintangan Bisa Dipelajari Lewat Parkour

Belakangan ini olahraga parkour sedang ramai di perbincangkan. Kegiatan ini memiliki sensasi sendiri yang mampu membakar adrenalin. Lo dituntut untuk bergerak cepat, efektif, dan efisien untuk menaklukkan berbagai rintangan yang ada. Rintangan umumnya, seperti dinding tinggi, pagar, tangga, dan masih banyak lagi.


Parkour sendiri menggunakan beberapa gerakan seperti, berlari, memanjat, meloncat yang bertujuan untuk melatih kemampuan manusia dalam melewati segala bentuk rintangan di berbagai situasi dan kondisi yang ada di lingkungan urban.

Langsung aja intip video di bawah ini yang diambil dari situs YouTube pada channel Thunder Freerunning berjudul Parkour 2016. Pada video yang telah memiliki total viewers 1M di atas, lo akan melihat cuplikan orang-orang yang bergerak begitu lincahnya. Mereka berlari kemudian melompat, menuruni berbagai rintangan hingga bergelantungan kemudian koprol. Gokil, bro.

Terlihat sangat mudah, namun sesungguhnya untuk menjajal parkour membutuhkan teknik-teknik khusus dan keberanian yang besar. Lo harus tahu timing yang tepat untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya dengan meminimalisir kecelakaan atau cedera yang akan terjadi.

Yup, parkour adalah olahraga yang rentan resiko cidera. Karena kegiatan ini dilakukan tanpa bantuan alat pengaman dan hanya bermodal sepatu lari, kaos serta celana. Namun, banyak sekali pesan-pesan moral tentang kehidupan yang bisa lo ambil.

Dimenit ke 3 pada video yang diunggah tahun 2015 kemarin, lo bisa lihat betapa dibutuhkannya keberanian yang besar. Pria di atas melompati dingin dengan jarak yang cukup jauh, kemudian merayap tembok untuk sampai ke lantai dua, dan itu semua dilakukan dengan cepat serta gerakan yang efisien dan efektif.

Ilustrasi parkour. Source

Pakour sendiri sebenarnya sudah ada sejak dulu, tapi baru dikenalkan oleh seorang pria berkebangsaan Perancis bernama David Belle. Ia memperkenalkan olahraga ini ke benua Eropa sampai akhirnya parkour menyebar ke seluruh dunia.

David Belle pun mendifinisikan parkour sebagai sebuah keinginan, cara hidup, serta olahraga yang memiliki metode natural untuk mengembangkan semua kualitas yang bisa dilakukan oleh tubuh manusia. Langkah pertama parkour adalah menambah stamina, kegesitan, kecepatan, dan tenaga. Ide dasar dari olahraga ini merupakan sesorang yang berlari dan tak akan ada halangan apapun yang bisa memberhentikan dia.

Featured Image

Sumber

Please login to comment
6 COMMENTS
Bakti Satria
January 12, 2018 at 7:51 AM

informatif


Dimas Ayah
January 12, 2018 at 7:58 AM

menarik sekali


Endang P
January 12, 2018 at 8:36 AM

good


Juang Pratama
January 14, 2018 at 11:54 AM

Menarik


paulus indra
January 15, 2018 at 8:57 AM

good


Endang P
January 15, 2018 at 8:58 AM

keren