JAN 11, 2018


Portaledge, Khusus Buat Lo Pecandu Ketinggian

Kalo emang lo nggak parno dengan ketinggian, lo wajib coba portaledge, alias berkemah dan tergantung di atas ketinggian suatu tebing. 


Dalam video berjudul 'Timelapse of portaledge setup' itu lo bisa menyaksikan apa itu portaledge dan setelah melihatnya lo pasti jadi tahu kenapa kegiatan kemping yang satu ini cuma disarankan buat mereka yang nggak parno sama ketinggian.

Portaledge ini menurut beberapa sumber berawal dari para pemanjat tebing yang mencari tempat untuk bisa istirahat sebentar selama pemanjatan. Karena hampir mustahil menemukan tempat beristirahat itulah akhirnya banyak dari pemanjat tebing yang membuat semacam alat yang digantung di sisi tebing yang kemudian dikasih nama portaledge.

Dengan portaledge inilah para pemanjat tebing bisa istirahat sebentar sebelum melanjutkan pemanjatan tebing. Bahkan tidak sedikit juga pemanjat tebing yang sedang melakukan pemanjatan tebing tinggi bermalam (tidur) di dalam portaledge yang digantung di sisi tebing yang tinggi dan curam.

Secara umum, portaledge dibuat dengan paltform yang tertutup semacam kain yang dikelilingi oleh bingkai-bingai logam yang menggantung dari satu titik dan punya tali suspensi yang bisa diatur (adjustable).

Bahan kain untuk portaledge yang biasa disebut stormfly harus sangat kuat dan stabil supaya aman dan pemanjat tebing bisa istirahat dengan nyaman di portaledge yang menggantung di sisi tebing tersebut. Kemping macam ini sudah pasti sangat menantang dan cuma buat lo yang memang nggak parno sama ketinggian.

Ilustrasi portaledge. Source

Gimana, apa lo tertantang kemping pakai portaledge? Kalo emang tertarik, coba cari info lengkapnya dulu tentang portaledge, mulai dari cara pasang portaledge sampai gimana supaya portaledge aman dan nyaman untuk dipakai.

Kalo bisa tanya langsung sama mereka yang sudah pernah karena dari merekalah info lengkap seputar portaledge bisa lo dapatkan. Ingat, apapun kegiatan ekstrim yang lo lakuin, keamanannya wajib diprioritaskan.

Featured Image

Sumber

 

Please login to comment
9 COMMENTS
Yayan Yuliansyah
January 13, 2018 at 9:16 AM

menakjubkan


Dimas Ayah
January 14, 2018 at 8:01 PM

Luar Biasa


Bambang S
January 15, 2018 at 8:51 AM

serem amat


Bambang S
January 16, 2018 at 9:27 AM

jiwa petualang


paulus indra
January 19, 2018 at 8:25 AM

asli keren


Endang P
January 19, 2018 at 8:26 AM

mantap


Bambang S
January 19, 2018 at 8:31 AM

cb ah


Juang Pratama
January 19, 2018 at 9:45 AM

pengen nyoba bagaimana rasanya


Dina Apriana
January 20, 2018 at 8:41 PM

ih, pengen