JAN 11, 2018

Portaledge, Khusus Buat Lo Pecandu Ketinggian

Kalo emang lo nggak parno dengan ketinggian, lo wajib coba portaledge, alias berkemah dan tergantung di atas ketinggian suatu tebing. 


Dalam video berjudul 'Timelapse of portaledge setup' itu lo bisa menyaksikan apa itu portaledge dan setelah melihatnya lo pasti jadi tahu kenapa kegiatan kemping yang satu ini cuma disarankan buat mereka yang nggak parno sama ketinggian.

Portaledge ini menurut beberapa sumber berawal dari para pemanjat tebing yang mencari tempat untuk bisa istirahat sebentar selama pemanjatan. Karena hampir mustahil menemukan tempat beristirahat itulah akhirnya banyak dari pemanjat tebing yang membuat semacam alat yang digantung di sisi tebing yang kemudian dikasih nama portaledge.

Dengan portaledge inilah para pemanjat tebing bisa istirahat sebentar sebelum melanjutkan pemanjatan tebing. Bahkan tidak sedikit juga pemanjat tebing yang sedang melakukan pemanjatan tebing tinggi bermalam (tidur) di dalam portaledge yang digantung di sisi tebing yang tinggi dan curam.

Secara umum, portaledge dibuat dengan paltform yang tertutup semacam kain yang dikelilingi oleh bingkai-bingai logam yang menggantung dari satu titik dan punya tali suspensi yang bisa diatur (adjustable).

Bahan kain untuk portaledge yang biasa disebut stormfly harus sangat kuat dan stabil supaya aman dan pemanjat tebing bisa istirahat dengan nyaman di portaledge yang menggantung di sisi tebing tersebut. Kemping macam ini sudah pasti sangat menantang dan cuma buat lo yang memang nggak parno sama ketinggian.

Ilustrasi Penggunaan Portaledge. Credit: /i.pinimg.com

Perlu diketahui pula sedikit cerita mengenai portaledge itu sendiri bro. Karena memang alat bantu yang digunakan pada saat memanjat tebing ini memang memiliki sejarah yang tentunya akan sangat menarik apabila lo mengetahuinya.

Portaledge itu pertama kali digunakan pada tahun 1980, tepatnya pada saat pemanjatan di Taman Nasional Yosimite di Amerika. Hal itu dikarenakan oleh para pendaki pada saat itu ingin mendaki Tebing El Capitan yang memang membutuhkan waktu berhari-hari.

Oleh sebab itu penggunaan dari portaledge ini terjadi, karena memang agar para pemanjat tersebut bisa beristirahat di satu titik tanpa harus turun lagi kebawah. Dan dari tingkat keamanannya pula yang bisa dibilang cukup kuat untuk menahan beban untuk setiap pemanjat.

Tak hanya itu, dikarenakan dari tingkat kenyamanannya yang lebih tinggi ketimbang harus beristirahat di hammock. Dari segi pemasangannya juga tidak susah, serta tidak memakan waktu yang lama. Oleh sebab itu pula penggunaan dari portaledge ini sangat disarankan apabila melakukan pemanjatan tebing yang akan memakan waktu cukup lama.

Ilustrasi Penggunaan Portaledge Di Tebing Yang Tinggi. Credit: unleashed-unlimited.com.au

Seiring dengan berkembangnya jaman, tentunya telah terjadi sebuah inovasi terhadap bentuk serta kegunaan dari portaledge ini. Mulai dari cara pemasanganya yang tadinya sedikir ribet, semakin ke sini akan semakin simple. Serta dari tingkat keamanannya juga semakin tinggi. Seperti dari bahan yang digunakan akan lebih kuat terutama kenyamanannya.

Pada tahun 2017 tercipta sebuah model baru dari portaledgenya itu sendiri, dibuat dan dirancang oleh John Middendorf dengan nama D4 Portaledge. Dengan model terbarunya ini, terdapat sebuah kelebihan lain ketimbang model-model sebelumnya. Yaitu dengan bobot yang lebih ringan, serta bentuknya yang lebih bundar sehingga bisa menahan badan kita pada saat tidur di atas portaledge tersebut.

Selain itu model terbaru D4 Portaledge ini juga mudah untuk dibawa ke mana-mana, alias lebih praktis dikarenakan dari bentuknya yang lebih kecil. Hal ini juga dapat mempermudah para pemanjat untuk membawa portaledgenya itu sendiri. Walaupun memiliki bobot yang lebih ringan serta bentuknya yang lebih kecil namun dengan model yang baru ini tetap memiliki kekuatan yang lebih kuat ketimbang model yang lama.

Keseruan Menggunakan Portaledge Di Ketinggian. Credit: interestingfunfacts.com/

Salah satu keuntungan bilamana menggunakan portaledge pada saat pemanjatan tebing ialah lo akan terlindungi dari hujan atau cuaca alam lainnya serta tenaga yang akan lo kumpulkan akan terkumpul lebih cepat karena lo akan tidur secara pulas di dalam portaledge tersebut.

Namun tentunya lo harus memiliki keberanian terlebih dahulu apabila ingin menginap di portaledge itu sendiri. Karena memang lo akan digantung di ketinggian dan lo akan tidur di dalam portaledge yang tergantung tersebut.

Akan menjadi sebuah pengalaman yang seru apabila lo bisa merasakan sensasi menginap di dalam portaledge dengan ketinggian tersebut. Karena memang jika lo hanya berdiam di dalam zona nyaman lo tak akan menemukan sebuah kemajuan di dalam kehidupan lo. Selain itu, apabila lo memaksakan untuk keluar dari zona nyaman tersebut, secara tidak langsung akan menemukan sesuatu yang baru serta bisa belajar dari pengalaman itu.

Suasana Camping Menggunakan Portaledge. Credit: blog.parachutehome.com

Karena memang untuk aktivitas memanjat tebing ini diperlukan sebuah pemikiran yang tenang serta mental yang kuat. Tentunya lo akan mendapatkan banyak hal yang harus lo lewati serta akan banyak hal pula yang akan membuat mempelajari sesuatu yang baru.

Gimana, apa lo tertantang kemping pakai portaledge? Kalo emang tertarik, coba cari info lengkapnya dulu tentang portaledge, mulai dari cara pasang portaledge sampai gimana supaya portaledge aman dan nyaman untuk dipakai.

Kalo bisa tanya langsung sama mereka yang sudah pernah karena dari merekalah info lengkap seputar portaledge bisa lo dapatkan. Ingat, apapun kegiatan ekstrim yang lo lakuin, keamanannya wajib diprioritaskan.

Yang terpenting ialah selalu kobarkan semangat petualang lo serta jangan berhenti bereksplorasi, karena memang dunia ini tidak sesempit dengan apa yang ada didalam pemikiran lo. Selamat beraktivitas bro!

 


Please login to comment
11 COMMENTS
Yayan Yuliansyah
January 13, 2018 at 9:16 AM

menakjubkan


Dimas Ombai
January 14, 2018 at 8:01 PM

Luar Biasa


Bambang S
January 15, 2018 at 8:51 AM

serem amat


Bambang S
January 16, 2018 at 9:27 AM

jiwa petualang


paulus indra
January 19, 2018 at 8:25 AM

asli keren


Endang P
January 19, 2018 at 8:26 AM

mantap


Bambang S
January 19, 2018 at 8:31 AM

cb ah


Juang Pratama
January 19, 2018 at 9:45 AM

pengen nyoba bagaimana rasanya


Dina Apriana
January 20, 2018 at 8:41 PM

ih, pengen


Bakti Satria
January 25, 2018 at 11:10 AM

MENARIK SEKALI LOKASINYA


yogo purwanto
January 30, 2018 at 8:27 AM

nyali ya besar