APR 17, 2018

Menjelajah Mammoth Cave, Gua Terpanjang di Dunia, Berani?

Kalau lo suka berpetualang dengan menyusuri gua, maka lo wajib menyusuri Mammoth Cave. Gua yang berlokasi di Kentucky, Amerika Serikat ini konon merupakan gua alam yang paling panjang di dunia dan karena itulah nggak ada alasan untuk nggak mengunjunginya.


Gua yang terdapat di dalam kawasan Mammoth Cave National Park ini menggoda petualang dari berbagai belahan dunia untuk menjajal sensasi seru menyusuri gua yang memilki panjang kurang lebih 640 km (400 miles).

Selain dari luas wilayah yang dimiliki oleh taman nasional ini, lo akan mendapatkan sebuah pengalaman menarik setelah selesai berkunjung ke tempat ini. Keindahan tempat ini pasti akan membuat lo terpukau dan berpikir kalau ada saja tempat seperti ini di dunia ini.

Ilustrasi Mammoth Cave. Source

Dengan bebatuan yang menempel pada dinding dari gua ini sudah menggambarkan bahwa memang tempat ini merupakan salah satu tempat wisata yang mungkin tidak akan lo temukan dimana-mana selain di Mammoth Cave National Park ini.

Diselimuti dengan warna coklat muda, di dalam kawasan gua ini lo akan langsung merasakan kehadiran dari gua besar ini. Selain itu tempat ini juga memiliki banyak spot-spot unik yang bisa menjadi kanvas untuk berfoto.

Tak luput dari penglihatan kita yaitu terbentangnya banyak sekali bebatuan stalaktit dan stalagmit yang terdapat di sepanjag gua ini. Serta juga terdapat kristal gypsum yang selalu bercahaya. Pada saat lo masuk ke dalam gua ini memang mata lo akan langsung tercengang dengan keindahan yang ada.

Ternyata nih bro Mamoth Cave ini pertama kali di jadikan taman nasional oleh pemerintah Amerika pada tahun 1926. Namun baru benar-benar bisa dinikmati oleh para pengunjung dengan infrasruktur yang sempurna pada tahun 1941.

Kalau dipikir-pikir memang Mamoth Cave merupakan gua yang sangat besar yaa. Untuk negara semaju Amerika saja baru bisa menyelesaikan pembangunan dari gua ini sekitar 15 tahun bro. Kebayang dong kejayaan serta besarnya gua ini.

Papan Nama Mammoth Cave National Park. Credit: nps.gov/

Lalu selain itu, dengan keindahannya yang medah membuat gua besar ini juga masuk ke dalam situs warisan dunia oleh Unesco pada tahun 1981. Hal itu menambah kepastian dari keindahan serta layaknya tempat ini untuk dikunjungi yaa bro.

Bukan merupakan rahasia lagi apabila keindahan dari Mammoth Cave itu sudah mendunia dan diakui oleh sebuah lembaga yang terpercaya. Dan terdapat sebuah fakta yang unik dari Mammoth Cave yang perlu lo ketahui.

Bahwa 4000 tahun yang lalu, suku Aborigin sudah melakukan penelusuran ke dalam gua ini serta mengoleksi kristal dan garam. Hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa barang bukti akreolog yang menguatkan pemikiran tersebut.

Selain besar Mammoth Cave ini juga menyimpan sejarah yang cukup lama yaa, dan tentunya merupakan sejarah purba. Lalu, juga terdapat beberapa fasilitas di dalam kawasan gua ini yang memang sudah berdiri dari abad ke 19 loh bro.

Suasana Di Dalam Mammoth Cave National Park. Credit: nationalparks.org/

Seperti guest house yang ada di kawasan taman nasional ini memang sudah berdiri dari zaman dahulu dan uniknya masih dalam kondisi yang baik. Selain indah taman nasional ini memang sangat terawat yaa bro. Terlihat dari beberapa fasilitas yang masih berada dalam kondisi terbaiknya.

Setelah lo puas menelusuri gua ini, lo bisa langsung ke tempat wisata lainnya yang letaknya pun tak jauh dari taman nasional ini.

Lo bisa akan merasakan keindahan sekeliling luasnya Mammoth Cave National Park sambil mengendarai kuda. Tentunya rasa penat akan sirna dengan sendirinya. Tak hanya itu saja yang bisa lo dapatkan dari fasilitas di taman nasional ini bro.

Lo juga bisa bermain roller coaster. Permainan yang akan memacu adrenalin ini bisa menjadi pilihan lo berikutnya setelah sudah puas menelusuri gua nan indah tersebut. Lalu hari lo juga akan ditemani oleh beberapa koleksi binatang yang ada di taman nasional ini.

Suasana Di Dalam Mammoth Cave National Park. Credit: kentuckytourism.com/

Buat lo yang suka menelusuri gua dengan kapal, ada juga terdapat sebuah fasilitas bernama Lost River Cave. Yang menawarkan berkeliling gua dengan menggunakan kapal. Dengan fasilitas ini lo juga akan menemukan tempat persembunyian suku Indian yang digunakan sekitar 8000 tahun yang lalu.

Dan terdapat museum di dalam kawasan taman nasional ini yang berisikan mengenai informasi seputar sejarah dari Mammoth Cave National Park ini. Lalu juga terdapat beberapa tempat yang menjual aneka oleh-oleh mulai dari baju hingga pernak-pernik yang seakan menarik lo untuk membeli oleh-oleh tersebut.

Dari semua keindahan serta hiburan yang ada di dalam Mammoth Cave National Park ini tidak meninggalkan sisi keaslian dari gua ini sendiri. Karena memang gua ini merupakan gua alami. Jadi keindahan yang akan lo lihat di dalamnya pun terbuat tanpa adanya bantuan dari manusia.

Bisa dibilang ini merupakan sebuah keajaiban alam yang memang terdapat di Amerika. Serta di Kota Kentucky sendiri, kehadiran dari gua ini merupakan sebuah anugerah. Karena hampir setiap tahunnya kota ini ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

Dan para wisatawan tersebut memang datang untuk melihat bagaiamana keindahan dari gua ini. Pokoknya lo enggak bakalan menyesal apabila bisa datang ke tempat ini bro. Serta akan mendapatkan pengalaman yang tidak akan lo dapatkan lagi selain di gua ini.

Tangga Masuk Ke Dalalm Gua. Credit: rootsrated.com/

Jangan lupa menabung terlebih dahulu bro, karena memang untuk lo bisa datang ke tempat ini perlu mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Namun semuanya itu akan terbayarkan pada saat lo menginjakkan kaki lo di sana.

Anda tertantang menyusurinya? Datanglah ke Mammoth Cave National Park dan rasakan sendiri serunya menyusuri gua terpanjang yang ada di dunia. Dijamin petualangan lo menyusurinya akan sangat berkesan dan tidak mudah untuk dilupakan.

Menyusuri Mammoth Cave sepertinya akan menjadikan pengalaman kehidupan berpetualang lo semakin berwarna lagi. Menelusuri keindahan perut bumi beserta segala kehidupannya seolah-olah memberi kesan bahwa masih banyak yang belum terjelajahi di muka bumi ini. 

Gimana, bro? Masih mau untuk tetap menjelajah?

 


Please login to comment
12 COMMENTS
Juang Pratama
January 18, 2018 at 7:48 PM

nice article


yogo purwanto
January 19, 2018 at 8:28 AM

wow


IMAM YUSUF RESTIAWAN
January 21, 2018 at 10:12 PM

kira2 bayar berapa ya dri indo ????


Yayan Yuliansyah
January 23, 2018 at 8:38 AM

wah, bagus sekali


Agung Kristiono
January 24, 2018 at 8:52 AM

keren


Rachmat Megaputra
February 11, 2018 at 8:38 PM

Seperti goa maharani


Hengky kik
April 17, 2018 at 8:58 PM

kereeeeen banget


Muhammad muhlis
April 17, 2018 at 10:35 PM

Kereenn bangeett


Muhammad muhlis
April 18, 2018 at 2:21 AM

Kerenn banggettt


Sunaryo Widodo
April 18, 2018 at 10:18 PM

Amazing , Beautifull...


Sunaryo Widodo
April 29, 2018 at 10:27 PM

Amazing nice article


Hengky kik
May 3, 2018 at 11:00 PM

Kereeeeen banget , perlu keberanian khusus yang suka olah raga ini