MAR 25, 2018

3 Tips Penting Ini Wajib Lo Simak Sebelum Pergi Berkemah (Camping)

Lo hobi berpetualang dan berkemah? Tidur di alam terbuka memang memberi pengalaman berbeda. Bila biasanya saat terbangun lo akan melihat dinding kamar, maka panorama indah dengan udara pagi yang sejuk menjadi suguhan utama yang bisa lo dapatkan bila tidur di kemah . 


Berkemah atau camping merupakan sebuah aktifitas yang sangat seru sekali dilakukan di saat waktu luang lo bro. Oleh sebab itu, tak sedikit orang yang memiliki hobi untuk melakukan aktifitas ini. Tak hanya itu, unutk melakukan keseruan dari berkemah ini, tentunya haru memiliki beberapa alat yang akan mempermudah lo untuk melakukan aktifitas outdoor ini. Ringkasnya ada sensasi dan keseruan lain yang nggak boleh lo lewatkan. Namun, ada beberapa hal yang mesti lo perhatikan saat tidur di alam bebas. Apa saja kira-kira? Yuk simak!

Bawa Alat Tidur Lengkap

Ilustrasi Sleeping Bag. Credit: garisdunia.blogspot.co.id

Bilamana bermain atau berkemah di luar rumah memang menjadi prioritas utama dalam mendapati kualitas tidur yang enak. Oleh sebab itu, membawa alat tidur harus menjadi salah faktor penting dalam lo melaksanakan aktifitas tidur ini. Jangan sampai lupa loh bro, karena tidur itu penting agar lo bisa melakukan aktifitas keesokan harinya dengan penuh semangat dan tentunya kondisi fisik yang memumpuni. 

Kenyamanan tidur di alam bebas tentu tidak boleh diabaikan. Untuk itu, lengkapi diri dengan alat tidur seperti matras, sleeping bag, dan tenda. Matras berfungsi sebagai alas tidur dan sleeping bag dapat melindungi tubuh lo dari sapuan udara dingin. Sementara untuk tenda, usahakan membawa tenda dome agar lebih kokoh bila ada serbuan angin ataupun hujan.

Peralatan tidur ini adalah wajib untuk menjamin kenyamanan saat tidur di alam. Apalagi bila di lokasi kemah tidak terdapat shelter atau tempat berteduh. Sehingga dengan bekal lengkap lo akan tetap aman dan nyaman.

 

Pilih Lokasi Mendirikan Tenda

Pilih lokasi yang luas, aman, dan nyaman untuk mendirikan tenda. Jadi dalam hal ini lo sebaiknya mengenali kondisi medan lebih dulu. Apakah lokasi yang dipilih cukup aman dari terpaan hujan, badai, atau binatang liar. Untuk antisipasi, buat parit mini mengelilingi tenda. Taburkan garam dapur pada parit tersebut. Cara ini cukup efektif mencegah hewan melata seperti ular masuk ke dalam tenda.

Selain itu pemilihan lokasi juga merupakan hal yang bisa menjadi salah faktor penting dalam lo berkemah bro. Untuk itu bersabar serta mencari lokasi yang benar-benar tepat merupakan hal yang cukup krusial pula. Oleh sebab itu, disarankan janganlah mudah puas dengan satu tempat yang sekira sudah cukup tepat untuk lo. Karena siapa tahu masih di dalam kawasan yang sama namun lo dapat menemukan sebuah lokasi untuk berkemah yang jauh lebih baik. 

Ilustrasi camping. Source

Karena perlu diketahui juga bro, binatang melata yang biasanya aktif pada malam hari merupakan salah satu faktor yang dapat membahayakan siapapun yang melakukan aktifitas berkemah. Seperti ular contohnya, bilamana lo tidak membuat parit yang mengelilingi tenda lo serta tidak ditaburi garam, tentunya ular tersebut dengan sangat mudah akan masuk ke dalam tenda lo. Jadi jangan lupa setelah sudah menemukan tempat yang cocok, selalu untuk membuat parit yang mengeliling tenda lo serta taburi garam yaa. 

Sementara untuk menghindari binatang buas lainnya, lo bisa membuat api unggun. Ingat, pertimbangkan jarak pas antara api unggun dan tenda. Saat tidur api unggun pun baiknya dimatikan dan tidak ditinggalkan menyala. karena tentunya apabila lo lupa untuk mematikan api unggun pada saat lo tertidur, dampak bahaya akan terus menghantui lo selama lo tidur. Bayangkan saja apabila lo sedang pulas tertidur namun tenda lo tersambar oleh api tersebut. Perlu diketahui pula kalau bahan dari tenda lo itu akan sangat mudah sekali untuk terbakar. Jadi jangang sampai lupa yaa bro.

Berbicara mengenai binatang buas, memang sejatinya mereka biasanya tidak akan menyerang jika tidak diganggu atau merasa diancam lebih dulu. So, tetap ramah pada lingkungan, flora, dan fauna di alam bebas ya. Karena bila dipikir-pikir lo itu datang ke habitat atau tempat dimana mereka hidup, jadi harusnya lo sudah tahu dong apa yang harus lo lakukan di alam bebas ini. Berlakulah sopan apabila lo ingin mendapatkan sesuatu yang menyenangkan. 

 

Waspadai Tanaman Beracun dan Berduri

Selain hewan, tanaman di sekitar lokasi perkemahan juga perlu diwaspadai. Pastikan benar tumbuhan di sekitar tenda cukup aman. Maksudnya apakah di lokasi berkemah terdapat tanaman beracun ataupun berduri yang bisa menyakiti. Hal ini penting seperlu menjamin keamanan dan keselamatan lo sekalian.

Karena pada saat malam hari tiba, lo tidak akan tahu apakah di sebelah tenda lo terdapat tanaman yang berbahaya atau tidak, oeh sebab itu pada saat sinar matahari masih ada, disarankan untuk terus memastikan apakah lokasi pendirian tenda lo tersebut aman dari gangguan tanaman yang beracun ataupun yang bisa menyakiti lo. Karena itu akan sangat berdampak pada kenyamanan lo pada saat tidur. Serta juga dapar mengurangi beberapa hal yang tidak diinginkan. 

Ilustrasi camping. Source

Oleh karena itu, pilih baik-baik lokasi berkemah bro. Saat berkemah ingat pula untuk tetap ramah lingkungan. Hindari menebang pohon, tanaman, atau lainnya hanya untuk membuka lokasi membangun tenda. Cukup gunakan lokasi lapang yang sudah tersedia dengan sebagaimana mestinya.

Jadi bagaimana bro dengan informasi mengenai beberapa hal penting yang harus lo lakukan sebelum berkemah? Tentunya semoga informasi diatas dapat berguna sebagai panduan lo agar lo bisa selalu aman dan nyaman dalam berkemah di alam bebas. Serta selalu untuk kobarkan semangat petualang lo serta janganlah berhenti berksplorasi. Karena dunia ini tak sesempit apa yang ada di dalam pikiran lo. Selamat beraktifitas!

Featured Image

Sumber

 


Please login to comment
14 COMMENTS
Dimas Ombai
January 21, 2018 at 12:28 AM

bermanfaat


yogo purwanto
January 22, 2018 at 8:51 AM

sip info


Endang P
January 22, 2018 at 8:56 AM

ok


Bambang S
January 23, 2018 at 8:40 AM

mantap


yogo purwanto
January 23, 2018 at 8:49 AM

ok


yogo purwanto
January 24, 2018 at 9:10 AM

good


Agung Kristiono
January 25, 2018 at 8:12 AM

info yang bagus


paulus indra
January 25, 2018 at 9:12 AM

penting pilih lokasi


IMAM YUSUF RESTIAWAN
January 27, 2018 at 5:23 AM

Bawa alat tidur emng yg pling penting. Ane pernah ngrasain cmn bwa srung buat tdur d alam liar. Xd


Yayan Yuliansyah
January 27, 2018 at 8:40 PM

indah sob !


yogo purwanto
January 29, 2018 at 8:50 AM

tq


dwi wiji utomo
January 29, 2018 at 11:54 PM

tenda sb ama matras emang gak boleh terlewat


Endang P
February 1, 2018 at 8:41 AM

sip


johanes pratama
February 18, 2018 at 12:52 PM

camping