JAN 19, 2018

Dengan Status Baru, Trekking Di Gunung Rinjani Akan Semakin Seru!

Kini, Gunung Rinjani memiliki Status baru yang akan diresmikan oleh Unesco. Namun, keseruan pendakian akan bermanfaat bagi para pendaki dan juga masyarakat setempat.


Gunung Rinjani, yang menjadi salah satu gunung tertinggi di Indonesia dan terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat kini menjadi termasuk dalam daftar Unesco Global Geopark tahun ini, Terkenal akan bukit yang menantang dan danau yang dulunya kawah, Gunung Rinjani menjadi destinasi utama di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Tentunya Trekking Gunung Rinjani menjadi favorit bagi para petualang dalam negeri maupn petualang mancanegara.

"Kami telah menerima surat pemberitahuan dari Unesco bahwa Rinjani telah diverifikasi dan akan dimasukkan dalam daftar pada tahun 2018" Ujar Charul Mansul selaku manajer umum dari dewan Rinjani Geoprk , yang telah terlibat dalam mengajukan Gunun Rinjani sebagai global geopark ke Unesco (Dilansir dari Jakarta Post).

Namun, Salah satu gunung tertinggi di Indonesia ini akan di resmikan sebagai Unesco Global Geopark pada bulan April, dimana sertifikat resminya akan diserahkan pada bulan September di Italia saat Konfrensi Internasional ke- delapan Unesco Global Geopark.

Masuknya Gunung Rinjani dalam daftar Unesco Global Geopark menjadi salah satu dari tiga jumlah situs alami Indonesia yang terdaftar sebagai Unesco Global Geopark, yang di perjelas oleh Unesco sebagai "wilayah geografis di mana situs dan lanskap signifikansi geologi internasional dikelola dengan konsep holistik perlindungan, pendidikan dan pembangunan berkelanjutan. "

Kini Indonesia memiliki enam Geopark, dimana dua dari Geopark tersebut di resmikan sebagai Unesco Global Geopark: Batur Geopark (Bali) yang termasuk Gunung Batur, danau dan dua caldera, dan Geopark Gunung Sewu, yang menjadi salah satu lanskap karst di sebelah selatan pegunungan Jawa Timur. Hingga kini, terdapat 127 Unesco Global Geopark di 35 negara.

Pemerintah mengusulkan Rinjani sebagai global geopark kepada Unesco pada tahun 2016 sesuai yang dikatakan oleh ketua pengurus Rinjani Geopark, Mishabib Haraha. Setelah mendapatkan status baru sebagai Global Geopark, Manajemen Gunung Rinjani kini berfous pada tiga point untuk dikembangkan, yakni menamakan konservasi, edukasi, dan ekonomi masyarakat sekitar. 

"Pengelolaan geopark akan mendorong lebih banyak partisipasi masyarakat setempat sehingga manfaat dari pariwisata dapat dinikmati baik oleh investor maupun masyarakat" yang dikatakanoleh Mishabib Haraha.

Gunung Rinjani dan sekitarnya, memiliki kekayaan akan flora dan fauna dan menjadi  tempat tinggal bagi warga asli Lombok yang masih berkecimpung dengan kehidupan tradisional, kini ermasuk dan dilindungi dalam Taman Nasional Gunung Rinjani.

Kepala Taman Nasional Gunung Rinjani, Raden Agus Budi Santosa mengatakan bahwa inklusi dari Rinjani yang termasuk kedalam daftar Unesco akan berpengaruh positif bagi konservasi dan pengembanga pariwisata wilayah setempat. Dalam persiapannya untuk status baru, Aus mengatakan telah mendesain sistem pendaftaran online untuk para pengunjung atau para pendaki. Hingga tahun lalu, Rinjani memiliki banyak pengunjung asing sebesar 39.659 orang dan pengunjung dalam negeri sebesar 43.120 orang. Dibandngkan dengan tahun 2016 yang memiliki 30.847 pengunjung asing dan 62.171 pengunjung dalam negeri.

Tentunya potensi Gunung Rinjani bagi para petualang dalam negeri dan luar negeri tak perlu di ragukan lagi keindahannya. Gunung Rinjani kini juga menjadi Gunung Favorit untuk didaki karena keindahan pemandangannya di sepanjang jalur pendakian. Kaldera yang sangat luas dilengkap oleh Danau Segara Anak yang melingkar kebiruan membuat siapapun tergiur untuk mendaki Gunung tertinggi di Lombok, Nusa Tenggara Barat ini.

Trekking Gunung RinjaniKeindahan Padang Rumput Di Gunung Rinjani. Source

Gunung Rinjani erat kaitannya dengan Legenda Dewi Anjani yang dipercaya masyarakat setempat. Cantiknya pesona yang terpancar oleh nama Rinjani, sesuai dengan kecantikan alam yang terpancar pula dari alam Taman Nasional Gunung Rinjani. Tak heran apabla ribuan ara petualang hingga mancanegara datang untuk mendaki di gunung yang satu ini.

Lobisa mendaki  Gunung Rinjani denganwaktu normal selama 4- 5 hari melalui tiga jalur yang sering di lalui oleh para pendaki untuk mencapai puncak Gunung, yaitu dengan melalui Smebalun, Senaru, atau Torean. Seringnya, para pendaki  naik melalui Sembalun dan turun melalui Senaru, atau begitu pula sebaliknya. Pemandangan alam sepanjang Sembalun- Senaru sangat di sayangkan untuk di lewatkan. namun, pendakian via Torean juga masih tergolong baru, lo harus menyewa porter atau guide untuk melalui jalur baru ini. Ada beberapapos yang akan lo lewati apabila lo melintasi gunung ini melalui Sembalun.

Dari Basecamp menuju pos satu lo akan disuguhi oleh sawah dan ladang penduduk sebagai awalnya. Namun ladang rumput yang terbentang dan di warnai dengan gundukan bukit menjadi pemandangan yang akan menyejukkan mata lo. Pos 1 ini akan ditandai dengan jembatan dan sungai yang kering.

Tanjakan dan turunan menjadi tantangan lo selama perjalanan menuju pos satu ke pos dua. Sesekali melewati pepohonan yang rimbun menjadi spot yang tepat  utnuk beristirahat. Namun, yang lebih menantang ada di pos sebelum Plawangan (basecamp). Di sebut-sebut dengan panggilan 'Bukit Penyesalan', lo akan di suguhkan dengan sembilan bukit yang tidak ada habisnya. Hampir semua pendaki kewalahan saat melintasi trek ini. 

trekking RinjaniPemandangan Puncak Gunung Rinjani. Source

Pukul 00.00 menjadi waktu yang tepat untuk memulai perjalanan menuju puncak Rinjani dari Plawangan. Tanjakan yang curam dengan medan bebatuan dan pasir akan membuat kaki lo berat. Namun trek ini menjadi tantangan terberat selama perjalanan lo. Di area ini rawan akan badai malam, namun semakin ke atas lo akan menemukan batu yang semakin besar dan bisa menjadi perlindungan lo selama badai menghantam. Tapi sesampainya di puncak saat sunrise, lo pastinya akan bersyukur atas keindahan dan kemegahan pemandangan yang disuguhkan oleh para petualang. Seluruh Pulau Lombok bisa lo lihat dari atas. Apabila beruntung, lo juga bisa melihat Gunung Agung dari Puncak Rinjani.

Penasaran? Langsung saja kemas barang lo dan berangkat menuju Gunung Rinjani! Keindahan di keindahan yang ditawarkan akan membuat para petualang yang berkunjung terpana.

 

Featured Image
Sumber 


Please login to comment
21 COMMENTS
Dina Apriana
January 20, 2018 at 8:41 PM

ih, pengen


Agung Kristiono
January 22, 2018 at 8:39 AM

saat ya naik gunung lg


Endang P
January 23, 2018 at 8:47 AM

makin semangat


yogo purwanto
January 24, 2018 at 9:11 AM

ok


Endang P
January 24, 2018 at 9:13 AM

seru bgt


Bakti Satria
January 25, 2018 at 11:09 AM

NGGA BOSEN BACA ULASANNYA


yogo purwanto
January 26, 2018 at 8:25 AM

cocok buat pemula


Endang P
January 26, 2018 at 8:28 AM

seru dan menantang


Nur Colis
January 27, 2018 at 12:08 AM

baru tahu


paulus indra
January 28, 2018 at 7:34 AM

Ok


dwi wiji utomo
January 28, 2018 at 10:54 AM

belom kesampaian nanjak ke rinjani


Bambang S
February 3, 2018 at 7:30 PM

Ok


Bambang S
February 4, 2018 at 12:15 PM

Ok


Dina Apriana
February 7, 2018 at 8:28 AM

apik tenan


Nur Colis
February 9, 2018 at 12:15 AM

nice


Hengky kik
February 9, 2018 at 3:14 AM

nice info


paulus indra
February 10, 2018 at 2:01 PM

Good


Endang P
February 10, 2018 at 2:32 PM

Ok


paulus indra
February 11, 2018 at 7:39 AM

Keren


Farhan Yudhi Fatah
February 13, 2018 at 10:04 AM

My Dream


sucitra wijaya
February 18, 2018 at 8:33 PM

josss



LOCATION