JAN 25, 2018


Spot-Spot Tersembunyi Di Lombok Yang Perlu Lo Jelajahi

Tidak kalah dari Bali, Lombok memiliki segudang destinasi yang bisa lo jelajahi. Simak spot- spot ini bro bila lo ingin melihat sisi tersembunyi dari Lombok.


Sama seperti Bali, Lombok merupakan salah satu spot yang menjadi destinasi utama para petualang mancanegara. Terletak di sebelah timur Pulau Dewata, Lombok terletak di Nusa Tenggara Barat. Salah satu spot yang menjadi daya tarik Pulau Lombok adala Gunung Rinjani, namun masih ada spot lainnya yang bisa menjadi destinasi lo dalam wisata ke Lombok. berikut spot- spot yang bisa lo jelajahi di Nusa Tenggara barat.

 

-Gili Kedis

Mungkin lo pernah menonton film Cast Away yang memiliki kisah tentang pria yang terdampar di suatu pulau tak berpenghuni, lo bisa merasakannya langsung di Gili Kedis. Terletak di pesisir barat daya Pulau Lombok, Gili Kedis tidak berpenghuni! Pulau ini memang tak populer , namun ketenangan dan keunikan di Pulau ini dapat memberikan lo sesasi wisata ke Lombok yang berbeda.

wisata lombok

Ilustrasi Gili Kedis. Source

Uniknya, ukurannya tak lebih besar di bandingkan lapangan sepakbola, lo hanya membutuhkan waktu 10 menit saja untuk mengelilingi pulau ini. Tidak heran mengapa masyarakat setempat menamakannya Gili Kedis atau "Pulau Burung Pipit"

Serunya lagi dalam bentuk kecilnya ini, Pulau Gili Kedis ditumbuhi tanaman- tanaman peneduh sehingga lo tidak perlu repot apailamerasa kepanasan dan menambah keindahan pemandangan yang alami. Hamparan pasir putih yang di hiasi bentuk batu karang yang unik, membentuk kanal-kanal air yang terlihat jernih.

 

-Lingkoq Datu

Hamparan padang savana yang berwarna hijau dan birunya Samudra Hindia ysng dihiasi tebing karang yang berlapis- lapis berwarna keemasan  membuat lo seolah- olah lo berada di negara atau benua lain. Lo bisa menemukan spot ini di Kecamatan Jerowaru. 

wisata lombok

Seorang Petualang Bersantai Di Lombok. Source

Serunya, lo menuju ke spot ini melalui ladang jagung dna bebatuan terjal. Tapi semua capeknya perjalanan lo akan terbayar lunas begitu sampai dan di spot ini. Lo akan di suguhkan kemegahan dan keindahan alam. Karena sulit dicapai, spot ini masih sepi jarang pengunjung oleh para petualang. Sebaiknya lo menggunakan sepeda motor dna jangan ragu untuk bertanya kepada warga setempat.

 

-Bukit Pergasingan

Pemandangan yang akan lo dapatkan di spot ini bisa menjadi salah satu pemandangan paling spektakuler di Lombok. Sawah yang berpetak- petak dan kebun- krbun yang berwarna- warni yang di kelilingi oleh pegunungan tinggi akan menjadi pemandangan yang menyejukkan mata di Bukit Pergasingan kini menjadi taman wisata alam dan memiliki ketinggian hingga 1.670 meter diatas permukaan laut atau sekitar 650 meter dari Sembalun, Bukit Pergasingan bisa lo daki selama 2 - 2,5 jam dan sering di jadikan spot latihan sebelum mendaki Gunung Rinjani.

wisata lombokBukit Pergasingan Menjadi Tempat Camping. Source

Hingga sekarang, Bukit Pergasingan dimanfaatkan sebagai olahraga yang menantang seperti paralayang hingga sepeda gunung. Lo bisa menyempatkan diri untuk bermalam dan mendirikan tenda agar bisa menikmati panorama sunrise yang muncul dari balik Gunung Rinjani. Tentunya akan menjadi pengalaman lo saat wisata ke Lombok.

-Air Terjun Mangku Sakti

Salah satu lukisan batu yang terbuat secara alamiah. Struktur, bentuk, dan formasi bebatuan ini benar-benar mengesankanTerbentuk secara alami akibat aliran air yang terus menerus melewati bebeatuan ini. Air yang sedikit keruh ini terlihat seperti susu karena kandungan belerang yang diyakini bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

wisata lombokAir Terjun Mangku Sakti Menjadi Spot Bercengkrama Para Petulang. Source

 

-Air Terjun Benang Kelambu

Sesuai namanya, air terjun ini memang unik dan lain daripada air terjun lain umum lo jumpai. Aliran air yang jatuh dari ketinggian tebing tidak langsung terhempas ke bawah, melainkan melewati celah-celah tanaman merambat yang tumbuh lebat di tebing sehingga tampak bagai kelambu atau tirai yang menggantung di udara. Jalan menuju air terjun ini memang sudah beraspal, namun sayang kondisinya kurang bagus. Sepanjang perjalanan Anda akan melalui jalan pedesaan yang sedikit berliku dan naik turun dengan hamparan sawah di kiri kanan. 

Air di air terjun ini bersumber dari Danau Segara Anak, Gunung Rinjani. Yang menjadi hal seru lagi, sebelum tiba di lokasi, lo akan memasuki kawasan perkebunanan kopi dan coklat dengan udara pegunungan yang sejuk. Konon, apabila lo mandi di Air terjun ini, lo bisa terbebas dari segala macam penyakit dan awet muda. Lo juga bisa mengunjungi Air Terjun Stokel yang berjarak 500 meter dari spot ini.

 

-Pulau Gili

'slow' Menjadi kata yang tepat untuk pasangan tiga pulau ini. Terdiri dari Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno, pulau- pulau ini akan menawarkan lo ketenangan sambil di temani pemandangan panorama laut yang sangat indah.

wisata lombok

Ilustrasi Pantai Di Gili Trawangan. Source

Belum lagi saat lo menikmati pemandangan sunrise yang akan menghipnotis setiap petualang yang datang ke spot ini. Yang unik dari pulau- pulau ini adalah tidak ada kendaraan bermotor di daratan pulau, hanya ada sepeda dan andong saja yang menjadi kendaraan warga setempat.

 

-Tanjung Aan

Keberadaan batu ini  seperti menara mencolo, menyerupai jempol yang teracungkan. Tentunya batu ini menjadi salah satu keunikan yang mentereng terlihat di Tanjung Aan. Dinamakan Batu Payung, apabila lo melihat dari satu sisi, batu ini nampak seperti wajah manusia.

wisata lombokIlustrasi Batu Payung. Source

Lo bisa menemukan batu ini sekitar 1 kilometer di sebelah timur Tanjung Aan. Sepanjang perjalanan ke sana, lo bisa melihat pemandangan tebing- tebing tinggi yang di huni oleh burung- burung dan kelelawar.

Lombok tidak melulu tentang Gunung Rinjani, namun berbagai spot yang jarang sekali di ketahui oleh para petualang bisa menjadi petualangan lo dalam wisata ke Lombok. Penasaran? Langsung saja masukkan spot- spot ini kedalam bucketlist lo!

 

Sumber 

Featured Image

Please login to comment
9 COMMENTS
Juang Pratama
January 25, 2018 at 11:27 AM

keren


Hengky kik
January 25, 2018 at 6:15 PM

kereeen sekali pemandangannya


dwi wiji utomo
January 26, 2018 at 3:00 PM

nunggu ada duit buat jelajah NTT


Nur Colis
January 31, 2018 at 11:12 AM

nice


Bambang S
February 4, 2018 at 12:13 PM

Ok


Nur Colis
February 9, 2018 at 12:15 AM

wow


Endang P
February 10, 2018 at 2:32 PM

Ok


Farhan Yudhi Fatah
February 13, 2018 at 10:10 AM

Pesona indonesia memang indah


Endang P
February 18, 2018 at 6:02 AM

Sip