JAN 26, 2018

Kisah Porter Yang Menemani Setiap Trekking di Rinjani

Porter merupakan seseorang yang bekerja menemani para pendaki sebagai pemandu atau bekerja kasar membawa barang- barang. Tentunya ada beberapa hal yang perlu lo ketahui tentang porter.


Terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat, terdapat Gunung Rinjani yang menjadi gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia. Selain itu, Gunung Rinjani akan di resmikan dan termasuk dalam list Geopark Unicef April mendatang dengan sertifikat yang di serahkan eropa. bagi para pendaki tentunya Rinjani tidak asing lagi untuk di dengar dengan keindahanya. Namun Trekking di Gunung RInjani menjadi level yang expert untuk di daki.

Ilustrasi Para Pelawangan Sembalun. Source

Bagi lo yang ingin mendaki Gunung Rinjani, pastinya beberapapendaki membutuhkan jasa pemandu yang bisa juga membantu lo sebagai porter yang membawa barang bawaan hingga Plawangan Sembalun. Tentunya, porter gunung bisa menjadi sangat berjasa bagi lo. Di Gunung Rinjani ada porter yang biasa berperan sebagai koordinator yang biasa dikenal dengan nama Amak Piung.

"Amak" adalah bahasa Sasak yang memiliki arti "Bapak". Sebagai koordinator Amak Piung memiliki peran sebagai koordinator kawasan bawah kaki Gunung Rinjanidari Sembalun, tentunya Amak Piung bisa menyambut lo saat tiba di Senaru atau Sembalun apabila lo menggunakan jasanya.  beliau bisa juga menyiapkan bahan makanan, tenda, kantong tidur, kasur, dan segala sesuatu-nya untuk persiapan lo mendaki ke Gunung Rinjani. Lo dapat menikmati manfaat latihan, tantangan untuk pendakian gunung Rinjani, silakan mempersiapkan diri Anda dalam kondisi sehat dan fit, dimana untuk persiapan fisik lebih baik serta mentalitas yang telah mengukur jarak tempuh pendakian Lo.

Selain bekerja sebagai porter, seperti kebanyakan porter lainnya, Amak Piung  juga bekerja di ladang saat musim hujan tiba yang bertepatan dengan tutupnya jalur pendakian Gunung Rinjani pada bulan Januari, Februari dan Maret. Ladang tersebut bisa berbentuk tanaman kebun, kacang-kacangan, sayuran, buah dan beras. 

Termasuk dalam tingkat kesulitan expert, lo membutuhkan persiapan utnuk mendaki, salah satunya adalah olahraga untuk menjaga fisik lo tidak mudah capek, terserang penyakit dan cedera. Biasanya para waktu perjalanan mendaki dengan waktu tempuh 3 hari dua malam, dan memulai pendakian di pagi hari melalui 3 trek yang bisa lo lalui (Desa Sembalun, Desa Senaru, dan Torean). Jalan yang berkelok- kelok dan memasuki perkebunan warga menjadisalah satu tantangan. Namun beberapa dari lo tentunya membutuhkan porter seperti Amak Piung.

Tidak heran apabila banyak sekali pendaki yang tersesat di Gunung Rinjani. Untuk itulah fungsi dari jasa para porter. Hal ini juga untuk menanggulangi hal- hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan atau sakit. Porter juga menjadi teman baik dan memiliki tanggung jawab saat mendaki bersama.

Di balik itu menyewa porter dan guide di Gunung Rinjani merupakan pilihan tepat untuk memudahkan perjalanan lo saat mendaki gunung. Bagi seorang porter ataupun guide memerlukan keahlian dan pengalaman yang mumpuni pula agar bisa melayani tamu secara maksimal. Salah seorang porter dan juga guide Gunung Rinjani, Amanah mengisahkan pengalamannya.

Tidak hanya Amak Piung, porter lain yang berdomisili di Gunung Rinjani juga memiliki cerita yang tertulis di Detik Travel. Kelahiran 1985 dan berasal dari Lombok Tengah, ia hijrak ke Desa Senaru untuk mencari untung sebagai porter atau guide sudah lima tahun lamanya. Sebelumnya, ia sempat bekerja sebagai tukang parkir.

"Pertama nyoba-nyoba jadi lokal guide. Nganter ke air terjun. Terus 2,5 tahun kemudian nyobain naik ke Rinjani. Awalnya jadi porter trus jadi guide lagi," ucap pria yang akrab disapa Aman saat berbincang

"Di sini, kalau dia bisa Bahasa Inggris maka bisa langsung jadi porter. Kalau saya belajarnya otodidak, karena tidak ada pelatihan selama ini," 

"Kalau guide itu barang bawaannya hanya 10-12 kilogram dan porter biasanya 30 kilogram. Tapi kita saling menyokong antar porter jika ada yang tidak kuat akan dibantu,"

"Kalau yang sering naik bisa Rp 7-8 jutaan bahkan bisa lebih kalau diberi tips pelanggan. Guide itu lebih mahal karena dia menanggung risiko dan permintaan tamu. Kalau porter kan dia cuma masak dan bawa barang logistik saja,"

Meskipun belum lancar, ia mencoba menjadi guide dan pernah membawa tamu dari 2 orang hingga 12 orang. Aman mengungkapkan bahwa pendapatan guide gunung sedikit lebih banyak. Tahun 2016 ini sewa seorang guide berkisar Rp 250-200 ribu dan porter antara Rp 175-200 ribu perharinya. Namun, Aman sendiri mengaku menghasilkan penghasilan sebesar 4- 5 juta pada bulan Juli hingga Agustus.

Di balik itu, menjadi Porter tentunya memiliki suka duka. Meskipun duka yang ia lalui, Aman tidak memikirkannya terlalu dalam karena ia memiliki hobi naik gunung dan juga mendapatkan penghasilan.

"Paling pas ketemu cuaca buruk dukanya tapi tetap dinikmati. Sukanya pas ketemu tamu yang royal. Sudah seneng-seneng di atas dan pasti dapat tips yang banyak. Itu bagi tamu yang baik,"

"Harga jasa di Senaru dan Sembalun cenderung sama. Variasi harga tergantung dari agennya. Kalau agennya sudah terkenal harganya pun semakin tinggi," kata dia.

"Selain jadi porter dan guide, penduduk sekitar memiliki mata pencaharian sebagai petani atau berkebun. Kalau yang muda yang sering ke gunung dan gunungnya di tutup total mereka berpindah menjadi guide lokal dengan tujuan air terjun Tiu Kelep dan Sendang Gile," 

Meskipun menurut beberapa petualang menjelajahi Gunung Rinjani adalah 'Liburan', namun ada yang memiliki harapan besar dari perjalanan lo. Biasa di panggil dengan sebutan Guide atau porter,  bersedia melayani lo sepanjang perjalanan menuju Taman nasional Gunung Rinjani. meskipun mereka bekerja, lo harus mengingat mereka juga manusa. Selamat trekking di Rinjani, bro!


Featured Image

Sumber


Please login to comment
12 COMMENTS
Nur Colis
January 27, 2018 at 12:04 AM

keren


Bakti Satria
January 27, 2018 at 8:09 PM

mantafff, keren bgt bro !!!


Yayan Yuliansyah
January 27, 2018 at 8:40 PM

indah sob !


paulus indra
January 28, 2018 at 7:33 AM

Keren


andy riyanto
February 1, 2018 at 12:17 PM

asik kerjaannya


Sukma Muhammad Rizqi Salsabilla
February 2, 2018 at 10:03 PM

Kereeenn


paulus indra
February 5, 2018 at 8:25 AM

wow


Hengky kik
February 8, 2018 at 7:57 PM

kereeen ...nice info gan


johanes pratama
February 11, 2018 at 2:04 AM

nice


johanes pratama
February 12, 2018 at 4:02 AM

caw ranjani brad


Endang P
February 24, 2018 at 7:39 AM

Bs jd mata pencaharian


dwi wiji utomo
February 24, 2018 at 8:12 PM

hobi dapet duit