JAN 26, 2018


I DARE: Petualangan Merupakan Tahap Dalam Hidup Lo

Petualangan tidak memiliki arti sempit dalam perjalanan saja, namun petualangan sebenarnya adalah hidup lo sendiri.



Mendengar kata "adventure" dalam bahasa Indonesia adalah "petualangan" yang biasa diartikan sebagai perjalanan ke alam bebas atau perkotaan mengeksplorasi pengalaman menarik.  Namun, petualangan sebenarnya adalah hidup lo sendiri. Berbagai kisah dalam hidup lo mulai dari yang biasa saja, sedih, seru, hingga mengharukan tertuang di dalamnya. Banyak hal yang bisa lo pelajari setiap tahapnya dan memetik nilai- nilai yang bisa lo aplikasikan pada tahap petualangan lo selanjutnya.

Sama seperti melakukan perjalanan di kondisi extreme, dimana  lo berada di  tengah hutan belantara menakutkan dengan suasana kegelapan malam menyelimuti, tentunya sangan mencekam. Hal tersebut membuat lo tak mengerti arah mana yang harus di tuju. Sama seperti hidup saat lo mengalami peristiwa yang membuat lo sedih, takut hingga lo kehilangan arah harus berbuat apa.

Atau seperti perjalanan di tengah lautan lepas, ombak dahsyat menghantam kapal lo hingga menabrak terumbu karang dangkal di tengah ganansnya badai. Tentunya badai itu membuat lo cemas sehingga lo diuji untuk bertahan hidup berenang ke arah mana tanpa kepastian atau lo akan pasrah saja diam di tempat menunggu bencana- bencana lain yang memakan nyawa lo.

Lo memilih untuk berani mengambil langkah untuk mendaki gunung tertinggi dengan berbagai persiapan. Hingga di pos sebelum puncak lo mengalami kecapean yang tak bisa lo tahan hingga lo harus beristirahat. Saat beristirahat pun lo masih memiliki pilihan untuk turun gunung dan mencapai kaki gunung hingga beristirahat dengan nyaman, atau tetap pada tujuan utama lo untuk mendaki gunung hingga puncak tertinggi menikmati jerih payah keringat dan pengorbanan yang harus di lalui.

Mengendarai perahu karet kecil di tengah sungai besar dengan arus yang deras dan di ujung sungai tersebut ada tujuan yang menjadi impian lo. Lo bisa mengendarai perahu itu dengan melewati berbagai rintangan batu dengan rasa awas dan berhati- hati, atau menepi dan berbalik arah melupakan tujuan yang menjadi impian lo.

Bisa juga tercermin dari wahana Roller coaster yang membawa lo dengan kecepatan tinggi, ketinggian yang extreme, dengan perasaan yang was- was membuat jantung berdetak dengan kencang, kaki terasa lemas. Namun lo tidak bisa turun hingga wahana tersebut selesai berjalan.

Sama seperti hidup saat lo berada di kondisi extreme. Lo juga tentunya pernah mengalami peristiwa yang membuat lo ketakutan, kehilangan arah, dan tak tahu harus berbuat apa. Dalam kejadian ini lo memerlukan nilai kesabaran dan ketenangan dalam mengalisis masalah lo sendiri, merenung hingga lo bisa menemukan diri lo sendiri dalam peristiwa itu. Dengan ketenangan dan kesabaran lo bisa merencanakan kehidupan lo untuk melawan peristiwa yang menimpa lo sendiri.

Hidup itu seperti lautan lepas. Lo bisa pergi kemana saja yang lo mau, mengikuti arus angin, atau melawan arus angin. Namun badai yang di maksud adalah dimana lo menghadapi masalah yang menimpa lo membentur mental lo sehingga lo harus berenang dengan lambat menuju ke arah yang lo mau tanpa kepastian atau lo tetap diam di tempat menunggu hingga hidup ini menggerogoti nyawa lo.

Mendaki gunung tertinggi sama seperti lo mengambil langkah besar dengan segala persiapan  menghadapi segala risiko yang akan terjadi di depan. Dalam titik stres terberat lo, pastinya lo memiliki pilihan untuk mundur dan melewatkan kesempatan untuk meraih impian lo, atau tetap berjalan dengan segala risiko untuk meraih impian lo. 

Perahu karet kecil bisa  diibaratkan perkerjaan, karir, atau usaha lo dalam mengendarainya di sungai dengan arus yang kencang lo di tantang untuk tetap stabil melewati berbagai bebatuan, ranting pohon, binatang sungai yang bisa membuat lo terluka hingga merunggut nyawa. Atau lo keluar sungai meninggalkan perahu kecil lo dan berbalik arah.

Roller coaster sendiri mengibaratkan lo terjebak dalam suatu peristiwa yang membuat lo mual, jantung berdebar, hingga kaki lemas hingga peristiwa itu selesai. Sama seperti terjebak dalam gelapnya malam, lo harus bersabar dan tetap tenang dalam mengambil langakah. yang paling penting adalah belajar dalam menghadapi kesulitan sehingga lo bisa mencegah risiko tersebut terulang lagi di masa depan.

Semua tentang pilihan lo harus mundur atau maju terus kedpan dengan segala risiko dan ketidak pastian. Pastinya lo tidak ingin hidup lo datar atau menghadapi kesedihan. Tantangan dan rintangan yang ada di hadapan lo menjadi salah satu hal yang bisa membuat lo terjatuh dan terluka, namun dari luka tersebut bisa menjadi pelajaran paling berharga dan paling berpengaruh dalam hidup lo. 

Untuk menjadi petualang sejati lo tentunya lo harus menjadi berani untuk mengahdapi berbagai tantangan dengan berbagai risiko. Persiapan adalah hal yang tidak boleh lo lewatkan. Sebelum memulai petualangan lo, lo harus mencari tahu dan menguasai apa saja yang akan terjadi apabila lo memulai langkah lo. Ada nilai- nilai yang perlu lo perhatikan saat mengarungi petualangan lo. Keberanian, percaya diri, dan kesabaran menjadi nilai- nilai tersebut.

Petualangan atau biasa di kenal dengan sebutan adventure tidak hanya tentang travelling ke satu tempat mencoba pengalaman baru, atau beraksi mengisi rasa haus petualangan dengan aksi extreme. Namun, petualangan lo adalah hidup lo, petualangan lo adalah karir lo, petualangan lo adalah usaha lo, petualangan ada perjalanan hidup lo. Berbagai tantangan membuat lo jatuh, namun itu bisa membuat lo lebih kuat dan menjalani kehidupan yang lebih besar di depan. 

Selamat menjalani hidup, bro!

 

 

Featured Image

Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!