JAN 27, 2018

Petualangan Gumuk Pasir Asia Tenggara

Tidak hanya Yogyakarta atau Timur Tengah, ternyata Vietnam memiliki gumuk pasir yang menjadi salah satu daya tarik para petualang. Penasaran? 


Ingin merasakan petualangan di padang pasir seperti di timur tengah sana, di Indonesia juga terdapat wisata alam serupa yaitu gumuk pasir parangkusumo. Bagi orang yang sudah pernah datang ke gumuk pasir parangkusumo mungkin ingin merasakan petualangan baru dengan suasana yang tidak jauh berbeda.

Selain di Indonesia negara asia tenggara yang memiliki padang pasir ialah Vietnam yaitu Mui Ne Red sand dunes dan Mui Ne White Sand Dunes. Padang pasir ini terletak di daerah Mui Ne 216 KM dari kota Ho Chi Minh. Untuk mencapai Mui Ne lo dapat mencapainya dengan 2 cara yaitu menggunakan bus dari Ho Chi Mihn langsung ke Mui Ne, atau menggunakan kereta dari Ho Chi Mihn sampai ke Phan Thiet, dari Phan Thiet ke Mui Ne bisa dilanjutkan naik taksi.

Keunikan wisata ini ialah terletak pada warna pasirnya, di Mui Ne Sand Dunes terdapat 2 buah warna pasir yaitu white sand dunes dan red sand dunes. Selain adanya padang pasir di lokasi ini juga terdapat sungai kecil yang kedalamannya hanya seatas mata kaki yang dapat lo kunjungi juga sehabis bermain di padang pasir.

Red sand dunes adalah area padang pasir yg lokasinya di pinggir jalan yang lokasinya tidak jauh dari tempat parkiran jeep, pasir pada Red sand dunes ini teksturnya agak sedikit kasar dibandingkan dengan White sand dunes, karena lokasinya yang tidak jauh dari jalan raya membuat Red Sand dunes ramai dikunjungi wisatawan.

Ilustrasi Red Sand Dunes. Source

White sand dunes adalah hamparan pasir yang luas dengan pasir  yang lebih lembut namun lokasi white sand dunes lebih jauh dibandingkan dengan red sand nudes, jadi ketika lo ingin melihat keindahan hamparan pasir putih yang lembut lo harus berjalan agak ke dalam dari area parkir. Jumlah pengunjung di area White sand dunes lebih sepi dibandingkan dengan Red Sand dunes karena lokasi White sand dunes yang lebih jauh dibandingkan Red sand dunes.

Ilustrasi White Sand Dunes. Source

Terdapat berbagai macam kegiatan yang dapat dilakukan selama lo melakukan petualangan di Mui Ne ini. Di area Red sand dunes lo dapat bermain seluncuran pasir dengan fiber glass, jika ingin berjalan lebih ke dalam lagi menuju white sand dunes disana lo bisa menyewa ATV untuk puas berkeliling White sand dunes.

Area di Mui Ne sand dunes ini cocok untuk lo abadikan dengan lensa kamera, dengan latar belakang padang pasir yang luas lo bisa bergaya sepuasnya atau bergaya di ATV akan semakin terlihat seru petualangan lo nantinya.

Jika ingin memulai petualangan ke area Mui Ne sand dunes ini disarankan adalah pada saat pagi hari. Karena pada pagi hari lo dapat melihat suasana sunrise di area White sand dunes dengan berjalan menuju bukit pasir ditengah-tengah lo akan melihat pemandangan sunrise yang sangat bagus.

Setelah puas bermain di area padang pasir lo dapat beristirahat sejenak di sungai yang terdapat di area Mui Ne Sand Dunes ini. Pemandangan sekeliling sungai yang teduh dan terdapat banyak pohon dapat merileks kan tubuh yang sudah lelah bermain di padang pasir. Kalau masih penasaran lo dapat menelusuri sungai yang memiliki panjang kira-kira 2Km ini untuk melihat air terjun kecil yang terdapat di ujung sungai. Kedalaman sungai ini hanya sebatas mata kaki saja, so untuk lo yang enggak jago berenang itu gak masalah bro.

Tips melakukan petualangan di Mui Ne sand dunes:

Pilih waktu perjalanan yang sesuai

Jadwalkan semua kegiatan lo ketika berada di Mui Ne sand dunes, karena dengan begitu lo dapat lebih bisa menikmati semua kegiatan lo selama disana. Perjalanan lebih baik dilakukan pagi-pagi sekali untuk melihat keindahan sunrise, namun jika ingin bermalam di Mui Ne lo wajib untuk menikmati sunrise dan juga sunset disana.

Sesuaikan budget

Jangan sampai petualangan lo kali ini over budget ya bro, lakukan kegiatan yang sekiranya pas dengan budget lo. Jika menyewa ATV lo rasa terlalu mahal enggak masalah lo menikmati dengan berjalan kaki.

Gunakan pakaian yang nyaman

Karna disana lo akan melakukan banyak kegiatan diatas pasir, disarankan menggunakan celana pendek atau pakaian yang tidak akan merepotkan lo selama bermain nantinya. Dan jangan lupa membawa kaca mata hitam agar tidak silau atau terkena debu saat berada di padang pasir.

Setelah lelah menjelajah padang pasir dan sungai di Mui Ne, setelahnya lo dapat merasakan sensasi naik balon udara melihat keindahan alam Mui Ne vietnam dari atas. Banyak pemandangan yang bisa lo liat selama 3 jam lo mengudara dengan balon udara ini.

Mungkin dari daratan lo hanya bisa melihat hamparan pasir, laut atau pantai di Mui Ne ini namun dengan melihat dari atas menggunakan balon udara lo akan melihat sisi menakjubkan yang ada di Mui Ne. Hamparan pasir dan birunya laut vietnam terlihat sangat indah jika dilihat secara bersamaan.

Waktu yang sangat pas untuk menaiki balon udara ini adalah pada saat sore hari, karena dari atas balon udara lo dapat menikmati pemandangan sunset yang sangat berbeda dengan lo menikmati sunrise di daratan cahaya matahari terbenam yg berwarna orens ke merah-merahan sangat pas untuk menutup rangkaian petualangan lo di Vietnam, sebelum pulang kembali ke Indonesia dengan berjuta cerita dan pengalaman baru.

 

Featured Image

Sumber


Please login to comment
9 COMMENTS
dwi wiji utomo
January 27, 2018 at 3:21 PM

keren viewnya...


Bakti Satria
January 27, 2018 at 8:08 PM

mantafff, keren bgt bro !!!


Rachmat Megaputra
January 28, 2018 at 9:08 AM

Keren banget


Nur Colis
January 28, 2018 at 11:38 PM

keren


Rachmat Megaputra
January 29, 2018 at 9:51 AM

Gurun sahara emang indah banget


Endang P
January 31, 2018 at 9:32 AM

ky di luar negri


Rachmat Megaputra
February 3, 2018 at 9:30 AM

Jawa tengah nih


Endang P
February 4, 2018 at 12:23 PM

Ok


Hengky kik
February 9, 2018 at 3:25 AM

indahnya