Nggak Cuma Gunung Kerici, Jambi Juga Punya Pesona Danau Kumbang Di Gunung Masurai

Nggak Cuma Gunung Kerici, Jambi Juga Punya Pesona Danau Kumbang Di Gunung Masurai Hiking di Jambi nggak selalu harus ke Gunung Kerinci lho Bro! Lo wajib coba sensasi seru hiking di Gunung Masurai.

Bukan cuma seru, ternyata Gunung Masurai punya pesona lain yang bisa menghibur para pendaki. Ya, di gunung ini ada sebuah danau indah bernama Danau Kumbang.

Gunung Masurai memang nggak setinggi Gunung Kerinci. Gunung ini cuma punya tinggi sekitar 2.953 meter di atas permukaan laut. Meskipun begitu, pesona yang dimiliki Gunung Masurai nggak kalah keren dibandingkan dengan pesona Gunung Kerinci.

Danau Kumbang bisa lo datangi di ketinggian 2.560 mdpl. Konon, Danau Kumbang ini adalah danau tertinggi kedua di Indonesia setelah Danau Habena yang ada di Papua.

Sebenernya, selain Danau Kumbang masih ada 3 danau lainnya di Gunung Masurai, yaitu Danau Mabuk, Danau Merah, dan Danau Larangan.  Tapi sayang, tiga danau ini susah banget buat dijangkau karena jalurnya sangat sulit dilalui.

Secara keseluruhan, Gunung Masurai tergolong gunung yang jarang dikunjungi. Hutannya masih alami, jangan heran kalau jalurnya bersih dan hanya sampah dedaunan yang jatuh.

Penjelajahan lo dimulai dengan dari dusun Sungai Lalang dengan melewati jalan pedesaan dan melewati perkebunan dan ladang warga. Setelah berjalan selama 2 jam, lo akan tiba di Pintu Rimba yang artinya lo sudah mulai masuk wilayah hutan.

Kita lanjutin perjalanan menyusuri jalur menuju hutan Gunung Masurai. Setelah trekking selama 1 jam, lo akan sampai di shelter-1. Di area ini terdapat mata air yang bisa lo manfaatin ngusir rasa haus.

Makin masuk ke dalam hutan yang rapat, jalur yang harus lewatin semakin menanjak, curam dan dipenuhi pepohonan berlumut. 5 jam berjalan, lo akan sampai di persimpangan menuju Danau Mabuk dan Danau kumbang. Pilih jalur menuju Danau Kumbang.

Nggak jauh dari sana, lo akan sampai di area terbuka di ketinggian 2.725 mdpl. Di area ini lo bisa mendirikan tenda. Di bawah sana, lo bisa lihat pemandangan Danau Kumbang yang keren. Makin dramatis kalau di atas danau terdapat pelangi warna-warni yang keren banget.

Danau Kumbang punya suasana yang tenang dan hutan yang masih alami. Yang paling penting, air jernihnya bisa lo pakai untuk sumber air minum. Keren banget!

Wilderness
SHARE
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!