APR 28, 2018

Scuba Diving di Sungai Amazon? Siapa Takut!

Buat lo yang ingin merasakan scuba diving di Sungai Amazon, tentunya harus mengetahui beberapa informasi seputar sungai tersebut. Penasaran?  Lihat saja ulasannya di bawah ini bro.


Menyelam di dasar laut sudah menjadi sesuatu hal yang biasa bagi siapapun. Bila lo suka tantangan yang berbeda dan ekstrim, tak ada salahnya lo memilih melakukan scuba diving di Sungai Amazon. What? Sungai Amazon?

Mendengar namanya saja sudah sangat menakutkan apalagi menyelam di dalamnya. Tetapi, menyelam di sungai ini akan menjadi pengalaman tak terlupakan seumur hidup lo loh. Bro akan melihat fauna unik dan seram di sungai ini. Lalu apa saja fauna yang akan lo temui?

 

Inilah Jenis Fauna yang Akan Lo Temui Saat Scuba Diving di Sungai Amazon

Sungai Amazon. Credit: chimuadventures.com

Seperti yang telah diketahui oleh banyak orang kalau di dalam Sungai Amazon ini memiliki beberapa jenis fauna yang memiliki keganasannya masing-masing. Bahkan hingga binatang dengan ukuran kecil pun terdapat di dalam sungai ini.

Tak hanya itu bro, binatang yang ada di dalam Sungai Amazon ini juga bisa membahayakan nyawa lo. Jadi menjadi sebuah tantangan nih buat lo kalau ingin menyelam ke dalam sungai yang berada di Amerika Selatan.

Tentunya pula nih bro, dengan ukuran sungai yang panjang serta luas akan membuat lo menemukan berbagai jenis binatang berbahaya tersebut. Bukan hanya terdapat 1 atau 2 jenis saja, namun bisa sampai puluhan jenis bro.

Namun di dalam artikel kali ini, akan hanya mengulas beberapa pilihan fauna yang sekiranya paling sering lo temukan apabila lo menyelam di Sungai Amazon. Untuk itu langsug saja bro, berikut ulasannya.

Anaconda

Penampakan Ular Anaconda. Credit: kids.sandiegozoo.org

Mungkin lo sudah sering sekali mendengar jenis fauna satu ini. Hingga jenis fauna satu ini sudah sampai dibuatkan sebuah film. Tentu saja keganasan dari ular asli Amazon ini sudah banyak orang ketahui. Nah pada saat lo menyelam di Sungai Amazon, pasti akan sering atau sekali-sekali melihat penampakan dari ular ini.

Ular ini menjadi spesies ular terbesar di dunia. Ular ini memiliki panjang yang bisa mencapai empat kali lipat dari tubuh dewasa. Tak perlu khawatir saat bertemu ular ini saat menyelam. Lo harus berhati – hati dan tak melakukan gerakan provokatif yang membuat si ular takut.

Ular ini termasuk fauna yang memiliki tingkat responsivitas yang rendah bro. Jadi asal lo tidak mengganggu ular ini, kemungkinan besar lo akan aman. Tak hanya itu saja ular ini juga tidak termasuk ke dalam ular yang beracun. Jadi kemungkinan untuk lo di gigit itu sangat kecil.

Anaconda merupakan ular yang akan melilit mangsanya apabila ingin memakannya. Fauna ini akan terus melilit mangsanya hingga sesak nafas bahkan hingga mati. Oleh sebab itu bro, jangan sampai membuat ular ini marah yaa.

Dan yang paling terpenting ialah jangan sampai tertangkap oleh ular ini. Selalu waspada pada saat melakukan penyelaman juga merupakan hal yang penting bro. Karena ular ini bisa ada dimana-dimana, mungkin tiba-tiba bisa ada di belakang lo atau ada di bawah lo.

Kuncinya ialah selalu waspada dan jangan sampai tertangkap oleh ular ini yaa bro. Sekalinya tertangkap akan sangat susah untuk lepas dari lilitan ular ini.

 

 

Ikan Piranha

Penampakan Ikan Piranha. Credit: blitzlift.com

Selain ular Anaconda, lo juga bisa melihat gerombolan ikan Piranha di dalam sungai Amazon. Ikan ini bukanlah ikan biasa. Ikan ini adalah ikan karnivora dengan gigi yang tajam.  Dengan gigi yang tajam itu, segerombol ikan ini bisa memangsa apapun yang ada di hadapannya.

Ikan yang ukurannya tidak terlalu besar ini memang terbilang sangat ganas bro dan memiliki kelincahan serta tingkat responsivitas yang tinggi. Jadi tidak heran kalau ikan piranha ini menjadi salah satu fauna yang berbahaya di Sungai Amazon.

Tak hanya itu saja, konon katanya segerombolan ikan piranha ini bisa melumpuhkan seekor kerbau. Bisa dibayangkan dong bro kalau lo di serang oleh ikan ini. Bilamana tiba-tiba melihat segerombolan ikan ini dari kejauhan, disarankan untuk menjauh yaa bro.

Jadi, lo harus berhati – hati saat melakukan scuba diving karena ikan ini tak segan menyerang mangsanya.

 

Buaya Hitam

Penampakan Buaya HItam. Credit: vanaqua.org

Ada lagi binatang yang lebih ganas yang bisa dijumpai di dalam sungai Amazon yaitu buaya hitam. Buaya ini sangat besar dan ganas yang bisa menyerang siapapun yang ingin dimakan dan dimangsanya. Sebaiknya Bro menghindari tempat habitat buaya hitam di Sungai Amazon.

Seperti buaya pada umumnya, buaya hitam ini memiliki gigitan yang sangat kuat. Bukan hanya itu saja kelincahan yang dimiliki fauna ini juga tinggi loh bro. Apalgai jika sudah di dalam air. Oleh sebab itu , lo harus tetap waspada terhadap buaya ini yaa bro.

 

Lumba – Lumba

Penampakan Lumba-Lumba Amazon. Credit: us.whales.org

Lumba – lumba bisa ditemukan di sungai Amazon loh. Bila beruntung, maka lo bisa melihatnya di aliran sungai. Ukuran lumba – lumba sungai ini lebih kecil daripada lumba – lumba yang hidup di lautan.

Lumba-lumba di sungai amazon ini juga tidak kalah lucunya kok bro dengan lumba-lumba yang ada di laut. Yang membedakan mereka hanyalah habitatnya saja. Namun, disarankan untuk tidak mengganggu segala bentuk aktivitas mereka yaa bro. Biar aman saja

 

 Ini akan menjadi pemandangan menarik saat menyelam di sungai Amazon dan tentunya juga akan menjadi sebuah pengalaman yang tidak akan lo lupakan.

 

Tips Melakukan Scuba Diving di Sungai Amazon

Ilustrasi Scuba Diving Di Sungai Amazon. Credit: imgur.com

Saat lo ingin melakukan penyelaman atau scuba diving di dalam sungai Amazon, Bro harus memperhatikan beberapa hal dibawah ini. Walaupun ini adalah air tawar, biasanya sungai Amazon memberikan tantangan unik dan khas yaitu kepadatan air yang jauh lebih rendah. Dibandingkan dengan laut.

Sebaiknya lo jangan menyentuh dasar sungai agar lumpur di dasar sungai tak mengganggu penglihatan saat penyelaman. Bro juga harus berhati – hati saat berada di dasar sungai karena ada berbagai benda tajam dan berbahaya. Itulah tadi beberapa hal yang harus lo lakukan saat melakukan scuba diving di sungai Amazon.


Please login to comment
4 COMMENTS
Hengky kik
April 29, 2018 at 1:06 AM

nambah ilmu dah pengetahuan baru


Muhammad muhlis
April 29, 2018 at 10:13 PM

Kereeennnn


Sukma Muhammad Rizqi Salsabilla
April 30, 2018 at 7:44 PM

Mantap, inspiratif. ????


Muhammad muhlis
April 30, 2018 at 11:59 PM

Kereeennnnn