Extreme Kayak Compilation

Dilihat 523 kali

Coba bayangkan, kamu sendirian mengarungi arus deras dan melintasi beberapa bebatuan dan riam menggunakan kayak hanya ditemani sebilah dayung. Tidak cuma seru, tapi adrenalinmu pasti juga akan terpacu dengan sangat deras, tak kalah deras dengan arus sungai yang sedang kamu arungi.

Seperti yang bisa kamu saksikan dalam video yang diposting di situs video YouTube di atas ini, tidak hanya menyusuri sungai berarus sangat deras, aksi-aksi para pemberani di video ini juga tergolong sangat ekstrem karena mereka dengan nyali yang besar meluncur dengan kayaknya di sebuah air terjun yang cukup tinggi.

Kayak mengarungi arus deras merupakan kegiatan seru yang diadaptasi dari kebiasaan suku Eskimo. Dulu, mereka mengarungi danau, sungai bahkan juga sisi lautan (pantai)/teluk dengan menggunakan perahu kecil bernama kano.  Seiring dengan perkembangan zaman, kegiatan ini menjadi sebuah hobi dan juga olahraga.  Mungkin banyak dari kamu yang belum tahu bahwa ternyata, kayak di dunia internasional sudah mulai diperlombakan saat gelaran olahraga paling bergengsi dunia, Olimpade, tahun 1972.

Kayak mulai masuk ke negeri tercinta pada pertengahan tahun 90an, dimana saat itu, menurut Muhammad Ihsan, anggota Bandung Kayak Community, sudah ada beberapa orang yang hobi menikmati salah satu olahraga ekstrem ini walaupun masih dilakukan secara individual. Di tahun 1996-1997, sudah ada yang bermain kayak di sebuah ajang arung jeram di Sungai Serayu yang terletak di provinsi Jawa Tengah.

Sempat kehilangan popularitasnya selama beberapa tahun, di tahun 2004, sebuah komunitas bernama Kayak Tirtaseta berupaya mengidupkan lagi kegiatan kayak di negeri tercinta. Bertempat di kota Purbalingga, salah satu pendiri Kayak Tirtaseta,  Toto Triwindarto, membuka sekolah kayak di kota tersebut dan sampai saat ini sekolah tersebut menjadi pusat kegiatan kayak di negeri tercinta, Indonesia.

Totok sendiri memiliki pengalaman yang cukup mumpuni di dunia kayak. Ia sempat menimba ilmu kayaking di negara Kanada, tepatnya di Kumsheen Rafting Resort dan juga sempat berguru kepada salah satu legenda Kayak, Kenny Mutton, yang berasal dari negara Selandia Baru.

Sepintas, kayak memang cukup mirip dengan olahraga ekstrem menyusuri arus deras lainnya, arung jeram. Tapi beda dengan arung jeram yang bisa dicicipi oleh para pemula (di sungai dengan level untuk pemula), saat menjajal kayak kamu harus menguasai beberapa teknik dasarnya terlebih dulu. Risiko yang cukup besar, seperti perahu yang terbalik adalah penyebab kenapa mereka yang mau menjajal kayak harus belajar teknik-tekniknya terlebih dulu sebelum mulai terjun ke sungai.