Free Diving di Danau Beku Ternyata Bisa Asyik Selama Lo Tahu Caranya

Dilihat 197 kali

Lo yang suka sama olahraga air super ekstrem pasti enggak asing lagi, dong, sama free diving. Berbeda dengan diving biasa, penyelam dalam kegiatan menantang ini tidak diwajibkan untuk memakai pakaian khusus menyelam hingga tabung oksigen. Makanya mereka yang menjajal free diving biasanya sudah terbilang pro. Namun, lo yang masih newbie pun bisa melakukan free diving selama dibimbing pemandu atau instruktur tesertifikasi.

Lokasi free diving pun harus dipilih dengan cermat. Buat pemula, tempat menyelam haruslah bersahabat dengan rintangan yang tidak terlalu banyak. Sementara buat lo yang sudah profesional mungkin mampu menjajal lokasi yang jauh lebih berbahaya. Bahkan, ada segelintir penyelam yang ingin memperlihatkan atau melatih kemampuan mereka dalam free diving di tempat-tempat yang tak biasa. Salah satunya ialah danau beku!

Menyelami Keindahan di Bawah Permukaan Es

Di Indonesia, keberadaan danau beku atau frozen lake mustahil ditemukan, karena proses pembekuan pada danau hanya terjadi di musim dingin atau bersalju. Seperti yang lo tahu, hal tersebut hanya terjadi di negara-negara empat musim. Danau es selama ini sering digunakan sebagai tempat untuk main ice skating atau berseluncur. Untuk mengurangi risiko es retak, pemain pastinya akan memilih danau-danau beku dengan es yang sangat tebal.

Lantas, bagaimana dengan mereka yang melakukan free diving di danau es? Biasanya mereka bakalan memotong es dalam ukuran tertentu yang bisa di.masuki sebagai pintu masuk menuju lapisan bawah es. Free diving di temperatur di bawah nol derajat bukanlah olahraga menyenangkan, tetapi bagi sebagian orang di negara sub-tropis—termasuk Amerika Serikat—kegiatan tersebut jadi tantangan yang sayang kalau sampai dilewatkan. Bukan cuma danau, sungai pun tak jarang mereka jabani.

Tertarik pengin coba? Lo juga harus tahu risiko yang mengintai, bro. Misalnya, penyelam akan kesulitan naik ke permukaan untuk menghirup udara segar. Ada kemungkinan lubang udara yang mereka gunakan dalam free diving malah membeku akibat temperatur yang tidak bersahabat. Tanpa persiapan matang, lo bisa saja tidak menemukan lubang udara yang dipakai saat lo masuk ke bawah permukaan es.

Untuk mengatasinya, lo bisa memakai tali yang berfungsi sebagai penghubung ke lubang udara. Lakukan secara berkelompok agar kegiatan berjalan aman dan tentunya ada yang mengawasi. Jadi lo juga bisa menikmati keindahan di bawah danau es.