Mengintip Pengelolaan dan Peran Balai Taman Nasional Gunung Merbabu

Dilihat 128 kali

Buat yang suka naik gunung pasti udah nggak asing lagi dengan Gunung Merbabu. Gunung yang berada di tiga kabupaten ini (Semarang, Boyolali, Magelang) berada di bawah payung Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (TNGMb). 

Sebelumnya, kawasan ini adalah hutan wisata alam dan juga hutan lindung yang dikelola Perhutani. Kawasan ini ditetapkan sebagai 'balai' oleh MS Kaban, Menteri Kehutanan pada waktu itu, pada tahun 2007.

Kantor Balai Taman Nasional Guung Merbabu, Jawa Tengah. Source

Dengan luas wilayah sebesar 5.000 ha, Taman Nasional ini dinaungi langsung oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Seperti dilansir dari phinemo, Kepala Bidang Tata Usaha TNGMb, Johan Setiawan, menjabarkan serangkaian tugas dan strategi Balai Taman Nasional Gunung Merbabu saat diwawancarai awal bulan Agustus yang lalu.

Petugas Basecamp Adalah Pegawai Honorer

Untuk menghindari basecamp pendakian yang sifatnya ilegal, TNGMb memiliki strategi untuk mengangkat petugas di setiap basecamp sebagai anggota honorer Taman Nasional. 

Basecamp Gancik, pendakian Gunung Merbabu. Source

Hal ini dilakukan agar pendapatan yang dihasilkan oleh basecamp tersebut masuk ke kas negara. Contohnya adalah penutupan jalur pendakian Gancik karena dianggap ilegal.

Aplikasi Booking Online Pendakian Gunung Merbabu

Membuat suatu aplikasi untuk pendaki juga telah direncanakan oleh TNGMb guna memudahkan pendaftaran dan pembatasan kuota pendakian. Nantinya, dengan adanya aplikasi tersebut, pendaki dapat melakukan booking online melalui smartphone-nya masing-masing.

Ilustrasi smartphone. Source

Adapun tujuan rencana pembuatan aplikasi booking online ini juga berguna untuk memudahkan kedua belah pihak, yaitu pihak Taman Nasional dan calon pendaki yang akan melakukan pendakian ke Gunung Merbabu.

Rencana pembuatan aplikasi ini akan dirilis pada tahun 2018 mendatang. Kalau aplikasi ini segera terwujud pastinya akan sangat meningkatkan efisiensi bagi pendaki dan TNGMb sendiri.

Meningkatkan Infrastruktur Pariwisata di Kopeng

Kawasan Wisata Kopeng, Jawa Tengah. Source

Taman Nasional Gunung Merbabu juga sedang mengembangkan pembangunan infrastruktur pariwisata di sekitar Gunung Merbabu. Salah satunya adalah penataan kembali tempat wisata Kopeng yang pasti dilalui oleh pendaki yang ingin mendaki melalui jalur Kopeng Cunthel atau Kopeng Thekelan.

Pelaku Vandalisme Ditindak Tanpa Kompromi

Hasil screenshot pencarian pendaki yang memetik Edelweiss . Source : Akun Instagram resmi Balai Taman Nasional Gunung Merbabu; @tngunungmerbabu_official

Pemandangan menakjubkan dari puncak Gunung Merbabu (Puncak Kentheng Songo). Source

Pihak pengelola TNGMb sangat tegas dalam menegakkan aturan perihal vandalisme. Pendaki yang 'nakal' seperti suka corat-coret batu-batu atau mengambil tanaman yang ada di Merbabu, terlebih lagi Edelweiss yang dilindungi, dapat dihukum berupa blacklist seumur hidup untuk mendaki Gunung Merbabu, maupun denda berupa uang tunai sesuai undang-undang yang berlaku.

Featured Image

Sumber