Motor Biasa Disulap Jadi Motor Balap? Bisa Bro

Dilihat 129 kali

Suka balapan motor tapi apa daya kantong ‘kurang bersahabat’ untuk beli motor balap. Nah ternyata gak usah pusing guys, ada nih caranya untuk mengubah motor yang lo pake sehari-hari menjadi motor balap idamannya.

Berikut tips-tipsnya

Piston

Urusan tenaga udah pasti jadi prioritas utama di urusan balap. Supaya bisa cepat menggali tenaga mesin bawah dan atas, biasanya lo perlu perbesar piston. Tujuannya sih supaya pembakaran dalam dapur pacu meningkat cepat dan motor lo dapat tambahan beberapa horse power.  Tapi dalam hal mengubah motor harian jadi motor balap, lo gak perlu ngubah piston karena kalo diubah, bisa cepet bikin panas dan menghasilkan gesekan tinggi.

Kompresi

Yang penting guys adalah ukur kompresi supaya bisa nyesuaiin kapasitas mesin motor dengan perbandingan penggunaan bahan bakar: 15:1 (premium) untuk motor standard an 10:1 (avgas) untuk motor balap. Lo bisa suntikan cairan lewat besi trus hasilnya dikurangi 0,8cc.

CDI

Lo mesti ganti CDI dengan jenis yang non limiter seperti CDI atau dengan CDI racing supaya bisa nambah tenaga karena waktu pengapiannya lebih awal dari standar.

Porting Polish

Lo perlu lakuin porting polish buat memperlancar saluran masuk udara dan bahan bakar. Pembuangan juga jadi lancar. Tapi perlu diinget, porting itu yang penting adalah bentuknya, di mana porting polish silinder blok harus sesuai kebutuhan. Kalau terlalu berlebihan, bisa-bisa performa motor lo yang kena dampaknya.

 Klep dan Pir Klep (Valve Spring)

Klep ini vital buat motor 4 tak. Setting motor harian jadi motor balap tidak perlu ganti klep besar atau ngerubah sudut kemiringan klep. Atur sesuai kebutuhan aja dan sesuai kondisi lingkungan sekitar.

Kopling

Kampas kopling itu vital dalam setting motor harian jadi motor balap karena bisa mamacu tenaga motor. Trus jangan lupa juga bagian kampas ganda (otomatis kopling) juga diubah jadi manual supaya lebih responsif para putaran bawah dan ganti dengan kalter mesin sebelah kanan yang menggunakan kopling atau gampangnya nih beli bak kopling aftermath.

 Knalpot  

Ini soal pembuangan. Modelnya bisa macek-macem dengan teknologi yang canggih. Lo mesti ganti dengan knalpot racing yang tidak pakai sekat sehingga pembuangan gas buang lebih cepat dan bisa meminimalisir panas. Dengan begitu, torsi bisa naik dan tenaga motor makin mantap.

 Karburator

Ini komponen yang vital tapi dalam kasus setting motor balap dari motor harian, ini ga perlu dilakuin. Lo gak perlu ganti karburator besar apalagi karburator model PE atau karburator kotak. Sarannya bersihin pelampung, lambung karburator dari endapan bahan bakar dan debu, intake manifold dan kalau perlu diperhalus pake amplas atau di-porting.

 Featured Image : motorcycle-usa.com

Referensi Artikel : otorider.net

Sumber: http://otorider.net/tips-seting-motor-harian-ala-motor-balap/