Tioman, Pulau Kebanggaan Negeri Jiran yang Bikin Ngiler Para Divers

Dilihat 780 kali

Kawasan Asia Tenggara ternyata kaya akan tempat wisata yang menarik, bro. Enggak perlu jauh-jauh ke Maldives untuk menikmati pantai yang indah, karena salah satu negara tetangga Indonesia—Malaysia—pun menyimpan pulau-pulau elok dengan panorama memukau. Termasuk di antaranya Pulau Tioman yang berlokasi di bagian timur Pahang. Selama beberapa tahun terakhir, Tioman menjadi tempat wisata favorit di Negeri Jiran karena dikenal sebagai pulau terlengkap di negara tersebut.

Sebelum menjadi tempat berlibur para wisatawan seperti sekarang, Pulau Tioman merupakan sebuah tempat singgah kapal-kapal para nelayan. Mereka acap kali mencari ikan di sana dan melepaskan lelah di pulau tersebut. Namun, pesonanya yang sulit ditolak berhasil mengundang banyak orang berkunjung ke sana dan mengubah Tioman menjadi destinasi wisata kebanggaan Malaysia.

Untuk mencapai Pulau Tioman, lo harus menggunakan perahu motor. Deretan pohon kelapa dan pasir yang putih nan mengilap akan menyambut kedatangan lo di Tioman. Bukan cuma itu, lo juga bisa lihat aneka biota laut tanpa harus menyelam karena air di sana super jernih. Ada sebuah resor di Tioman yang disediakan buat lo yang pengin berlama-lama menikmati keindahan pulau tersebut.

Resor yang menjadi penginapan di Pulau Tioman pun sangatlah nyaman dan mewah. Ada kamar-kamar dengan dua tempat tidur beserta fasilitas penunjang yang bakal bikin siapa saja semakin betah untuk bermalam di sana. Seolah ingin memanjakan wisatawan, lo enggak akan susah kalau mau jalan-jalan ke pantai, karena aksesnya gampang dilewati. Kalau biaya lo terbatas, masih ada penginapan yang harga sewa kamarnya relatif terjangkau di Pulau Tioman.

Selain pantai yang indah dan laut yang bakal bikin penyelam ngiler, ada tiga kampung di Pulau Tioman yang wajib lo kunjungi. Antara lain Kampung Salang, Kampung Genting, dan Kampung Tekek. Kalau lo pengin mengunjungi pantai terindah di Tioman, ada Pantai Juara yang siap disusuri. Seperti namanya, lo akan dimanjakan sama pemandangan indah dari hamparan pasirnya yang sangat putih.

Akses ke Pulau Tioman juga mudah untuk dijangkau. Dermaga yang berada di Tioman merupakan tempat singgah kapal-kapal dari Pahang, Tanjung Gemok, Johorm dan Mersing. Ada pula bandara di Pulau Tioman yang menjadi tempat landas pesawat-pesawat dari kota Kuala Lumpur, Kuantan, sampai Singapura. Lo juga bakal sering menjumpai kapal pesiar singgah di Tioman.