Udah Nyoba Manjat Tebing-Tebing Citatah Bro?

Dilihat 327 kali

Buat lo yang hobi manjat tebing, belum lengkap pengalaman lo kalo belum ngerasain serunya manjat tebing-tebing yang ada di Citatah. Tebing-tebing yang punya karakteristik batuan kapur di Citatah bisa jadi alternatif kegiatan pacu adrenalin lo bro.

Tebing-tebing Citatah berjarak sekitar 5 km dari gerbang tol Padalarang. Di sana ada 3 tebing utama yang biasa dijajal para pendaki, yaitu Citatah 48, Citatah 90 dan Citatah 125. Nama-nama tebung itu sesuai dengan ketinggiannya bro.

Tebing Citatah 48 yang sering disebut warga setempat sebagai Gunung Tebing punya kurang lebih 25 jalur pemanjatan. Tebing ini sering disebut sebagai Tebing Komando karena memang tebing ini berada di bawah pengawasan Kopassus. Tugu pisau yang jadi ciri khas dari Kopassus juga ada di puncak tebing ini. Mau manjat tebing ini? Lo wajin urus izin pemanjatan ke Pusat Pendidikan Latihan Khusus (Pusdipassus).

Tebing Citatah 48, yang biasa disebut warga sekitar sebagai Gunung Tebing Manik, memiliki 25 jalur pemanjatan. Tebing ini juga kerap disebut Tebing Komando karena berada di bawah pengawasan Kopassus. Di puncak tebing ini terdapat tugu pisau yang menjadi ciri khas dari tebing ini. Jika ingin memanjat tebing ini, anda harus mengurus izin pemanjatan ke Pusat Pendidikan Latihan Khusus (Pusdipassus) yang berlokasi di Batujajar, Bandung.

Selanjutnya tebing Citatah 90 yang lokasinya nggak jauh dari Tebing Citatah 48. Tebing ini kurang disukai oleh para pemanjat karena punya medan tebing yang ditumbuhi oleh pepohonan dan cuma ada dua gantungan pengaman di tebing tersebut. Selain itu aktivitas penambangan kapur dan batuan marmer membuat kegiatan pendakian terasa kurang kondusif.

Tebing terakhir yang paling tinggi, tebing Citatah 125. Tebing ini lokasinya sekitar 500 meter dari tebing Citatah 90. Tebing inilah yang paling terkenal di kalangan para pemanjat karena punya ketinggian yang cukup ideal dengan jalur pemanjatan yang variatif.

Tebing ini juga unik karena pada ketinggian 30 meter ada sebuah goa alami yang biasa dipakai untuk para pemanjat beristirahat sebentar sebelum melanjutkan kegiatan pemanjatan.

Pengen naklukkin tebing ini bro? Cukup izin ke ketua RT atau pengurus Karang Taruna Pabeasan karena tebing ini berada dalam pengawasan warga Pabeasan yang juga mengurus fasilitas umum di kawasan Tebing Citatah 125 seperti toilet dan saung-saung di sana.