Bongkar Mitos Hutan Adat Ulin

Dilihat 200 kali

Berpetualangan ke suatu tempat bukan cuma mesti ngecek fasilitas atau keunggulannya aja, tapi baiknya nih lo harus ngecek budaya dan larangan-larangannya juga bro. Paling enggak biar acara petualangan lo nggak bermasalah.

Termasuk salah satunya nih kalo lo mau ke hutan ulin yang ada di rimba Dayak. Hutan ini menyimpan kutukan yang bikin merinding. Hutan adat ulin masyarakat Mungku Baru berlokasi di seberang Kabupaten Gunung Mas dengan luas 500 ha. 

Penduduk sekitar percaya bahwa kalau ada orang yang mau nebang pohon ulin tersebut dan tanpa permisi dulu nih sama yang jaga hutan, keluarga orang itu bakal tertimpa kemalangan dan musibah yang luar biasa.

Suku Dayak Ngaju, via pinterest.com

Mitos ini dipercaya banget dan udah dipegang dari turun-temurun oleh keturunan suku Dayak Ngaju di Mungku Baru, Rakumpit, Kalimantan Tengah.

Bahkan nggak ada satu orang pun yang berani ngambil kayu ulin dari hutan itu secara sembarangan karena takut kena karmanya. Karena itu juga, hutan ini terlihat sangat liar dan lebat karena nggak ada yang berani ngambil kayu dari pohon yang ditebang.

Nah bro, bagaimanapun juga sebagai pencinta alam, terlepas itu ada mitos atau enggak, lo tetap harus menghormati kekayaan alam Indonesia ini biar tetap lestari. Setuju kan?

Featured Image : eia-international.org

Referensi Artikel : news.detik.com