Cara Antisipasi Keracunan Makanan Saat Berpetualang

Dilihat 119 kali

Wah pasti nggak asik banget kan, kalau acara petualangan lo harus terhambat cuma gara-gara salah makan atau yang paling parah nih sampai keracunan makanan.

Apalagi kalo lo berada jauh dari rumah dan sakit lo itu ternyata butuh pertolongan dokter, wah pasti agenda acara bisa berubah semua nih.

Via safeandhealthylife.com

Biasanya kejadian keracunan ini terjadi karena kekurangtahuan lo aja sih apa makanan yang lo konsumsi itu aman dan juga telah melewati proses masak yang bersih. Keracunan makanan itu umumnya disebabkan ama parasit, bakteri dan virus dan kerap terjadi di tempat-tempat yang umumnya gak terlalu merhatiin soal kebersihan.

Dalam kondisi badan yang lelah karena abis berjalan jauh misalnya, lo pasti gak perhatiin lagi hal-hal seperti itu. Jadilah prinsip yang dipake ‘asal kenyang’.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS menyarankan agar bagaimanapun juga lo harus makan di restoran yang cukup memperhatikan kebersihan.

Kalo tetap saja terjadi, penangangannya adalah mengenali gejalanya lalu mengganti cairan yang hilang akibat diare dan sebagainya dengan sesegera mungkin. Dehidrasi yang muncul bisa sangat berbahaya kalo dibiarkan.

Beberapa gejalanya seperti muntah-muntah, diare, demam tinggi, tekanan darah gak lancar, dehidrasi dan sakit perut yang sangat parah.

Antibiotik bakal diperluin kalo keracunan makanan lo makin parah dan diakibatkan oleh bakteri.

Jadi persiapkan beberapa makanan yang aman dan mudah untuk dikonsumsi di jalan untuk menghindari hal-hal seperti di atas. Kalaupun harus beli makanan di pinggir jalan, lo harus pastikan makanan itu sudah dimasak dengan benar.

Featured Image : asiabyfrida.wordpress.com

Referensi Artikel : traveltips.usatoday.com