Kalau Punya Nyali, Lo Mesti Cobain Tur Malam Kota Tua Bro!

Dilihat 641 kali

Berwisata di kota Jakarta jelas akan terasa kurang lengkap jika kita tidak berkunjung ke Kota Tua. Kawasan ini memang menjadi salah satu destinasi yang wajib lo kunjungi saat berlibur di Jakarta. Di kawasan Kota Tua sendiri terdapat banyak museum yang bisa lo jelajahi, seperti museum keramik, museum wayang dan museum Fatahilah.

Namun jika bro ingin merasakan sensasi yang berbeda, maka cobalah ikuti tur malam hari.  Saat malam tiba, kawasan ini akan menjadi kawasan yang benar-benar berbeda. Para pedagang asongan akan memenuhi kawasan tersebut. Selain itu, Kota Tua pun akan diterangi oleh cahaya lampu yang membuatnya tampak eksotis.

Tentu saja, menjelajahi Kota Tua di malam hari juga akan terasa lebih mendebarkan. Ini karena di kawasan tersebut, terdapat banyak bangunan peninggalan Belanda yang dianggap  angker.

Jika bro tertarik untuk mengikuti tur Kota Tua, bro bisa mengikuti tur yang digagas oleh Komunitas Historia. Tur bernama Wisata Malam Kota Tua Jakarta ini akan dimulai dari pukul 19.00 WIB. Dimulai dari Alun-alun Fatahillah, bro akan diajak untuk berjalan kaki menyusuri Taman Fatahillah dan sejumlah tempat lain seperti Groote Kanaal, Terminal Kota Tua, Jembatan Kota Intan dan Gedung Cipta Niaga.

Jika bro ingin merasakan sensasi yang lebih seru, maka bro bisa ikuti tur sepeda. Biaya rental sepedanya sekitar Rp 125.000 untuk 4 jam pemakaian. Selama tur, bro akan dibawa menyusuri Pelabuhan Sunda Kelapa, Pasar Ikan, Museum Maritim, Menara Syahbandar dan gudang kayu peninggalan VOC.

Tur pun akan berakhir pada pukul 23.00 WIB dengan titik akhir di Taman Fatahillah. Selama menjalani tur tersebut, lo akan ditemani pemandu yang akan menjelaskan satu persatu informasi mengenai bangunan dan tempat bersejarah yang ada di Kota Tua. Selain itu, pemandu pun akan menjelaskan mengenai keunikan yang dimiliki tempat-tempat tersebut beserta kejadian-kejadian menarik yang pernah terjadi di sana.

Untuk mengikuti tur ini, maka bro perlu mengeluarkan dana sebesar Rp 225.000. Biaya tersebut sudah termasuk handout, pin, kaus dan tiket masuk untuk beberapa tempat wisata.