Mengenal Lalat Mematikan Di Afrika

Dilihat 43 kali

Di kenal dengan nama "Tsetse" yang berarti lalat dalam bahasa Botswana, lalat ini mampu menyebarkan penyakit mematikan melalui gigitannya. Berbeda dengan lalat yang lain, lalat ini menggigit manusia. Melalui penampilan dan kebiasaan, lalat ini menyerupai lalat normal.

Lalat Tsetse. Source

Lalat ini memiliki dampak yang sangat buruk pada peternakan, khususnya hewan ternak. Hewan yang terinfeksi lalat ini dapat menjadikan para hewan tidak bisa membajak atau menghasilkan susu. Bagi para betina yang sedang hamil, seringkali menggugurkan kandungannya hingga binatang tersebut meninggal. Setiap tahunnya, setidaknya 3.000.000 ekor sapi meninggal. 

Gejalanya pun tidak jauh berbeda dengan manusia. Sakit kepala, nyeri otot dan demam tinggi menjadi dampaknya. Seiring berjalannya waktu, penyakit ini mempengaruhi sistem saraf pusat dan mengakibatkan gangguan tidur, kejiwaan, kejang, koma, dan berujung pada kematian. Menurut WHO (World Health Organization), terjadi 15.000 kasus pada tahun 2014. Lalat ini banyak di dapatkan di Benua Afrika.

Lalat Tsetse. Source

Belum ada vaksin bro buat mengobati gigitan Lalat Tsetse. Bila lo mau jalan-jalan ke Afrika, sangat di sarankan untuk memakai baju dan celana lengan panjang dengan kain yang agak tebal. Hal ini dapat mencegah infeksi Lalat Tsetse meskipun apabila tergigit kemungkinan terinfeksi masih kecil. Semoga bermanfaat!

Featured Image

Sumber